7 Bos Tersulit Dalam Game Fighting

Featured

Hal apa yang pertama kalian pikirkan saat mendengar kata ‘game fighting’? Kontrol yang sulit? Command list tebal dengan beratus-ratus jurus berbeda? Bagi teman-teman yang pernah memainkan game fighting jadul, kemungkinan salah satu hal yang paling kalian ingat adalah bos-bos yang sulitnya minta ampun.

Sejak rilisnya Street Fighter II, bos terakhir yang sulit dalam mode Arcade adalah tradisi yang sangat umum dalam game fighting. Namun, di antara bos-bos ini pun, ada beberapa karakter bos yang melampaui standar ‘bos sulit’ biasa. Siapakah mereka? Yuk, kita baca!

1. Rugal Bernstein (The King of Fighters ’98)

Tentu saja, namanya bukan daftar bos tersulit dalam game fighting kalau tidak ada game buatan SNK. Studio game satu ini memang paling hobi membuat bos yang curang dan overpowered di setiap game-nya. Tentu saja, salah satunya yang paling terkenal adalah Rugal Bernstein dari King of Fighters, yang saking OP-nya, sampai dia sangat sulit dikalahkan, meskipun dia hanya sendiri dan kalian bisa pakai tiga karakter.

Rugal sudah menjadi karakter bos sejak King of Fighters ’94, tapi untuk artikel ini, saya pilih versi ’98, karena menurut saya versi ’98 adalah versi tersulit dari Rugal.

2. Geese Howard (Fatal Fury)

“PREDICTABO!”

Ya, lagi-lagi saya mengambil karakter bos dari seri game SNK yang berbeda, yaitu bos terakhir dari Fatal Fury: Geese Howard. Mungkin karakter ini pertama kalian ketahui sebagai DLC dari Tekken 7. Tapi sebelumnya, Geese adalah salah satu bos paling brutal yang pernah ada di game fighting.

Alasan munculnya Geese dalam artikel ini adalah “Nightmare Geese”, yaitu bonus boss dari Real Bout Fatal Fury yang hanya bisa dilawan jika kalian berhasil melalui seluruh Arcade Mode tanpa kalah satu ronde pun.

3. Gill (Street Fighter III)

Kebanyakan bos game fighting memang sulit, tapi paling tidak, jika mereka sudah kehabisan HP, maka kalian dihitung menang. Gill dari Street Fighter III, bos tersulit dari seri Street Fighter, tidak terikat oleh aturan tersebut.

Salah satu super move Gill adalah “Resurrection”. Sesuai namanya, fungsi dari jurus tersebut adalah untuk membangkitkan diri, dan bisa dipakai selama Gill memiliki meter penuh. Akibat jurus ini, tiap pertarungan melawan Gill seringkali memakan waktu dan kesabaran yang banyak.

4. Azazel (Tekken 6)

Sekarang, kita masuk ke ranah game fighting 3D dengan salah satu bos game fighting paling terkenal di kalangan anak 90an, yaitu Azazel dari Tekken 6.

Kebanyakan bos dalam game Tekken tergolong sulit, namun tetap terikat oleh peraturan Tekken sendiri. Namun, hal yang sama tidak bisa dikatakan mengenai Azazel. Sebagai seekor naga raksasa yang melebihi ukuran True Ogre dari Tekken 3, Azazel tidak bisa jatuh atau dikombo layaknya karakter Tekken pada umumnya. Oleh karena itu, meskipun kalian pandai bermain Tekken, kepandaian tersebut belum tentu membantu kalian mengalahkan Azazel.

5. Colossus (Soul Calibur III)

Ternyata Tekken bukan satu-satunya game fighting 3D yang memiliki bos raksasa. Di Soul Calibur III, salah satu bos yang kalian bisa kalian lawan dalam mode Soul Arena adalah Colossus, yaitu patung gladiator raksasa yang biasa kalian temukan dalam stage Sophitia. Seberapa sulitkah Colossus untuk dikalahkan? Sebagai permulaan, Colossus mirip dengan Azazel — sebagai bos raksasa, Colossus tidak terpengaruh oleh aturan game yang semestinya.

Namun, ada satu hal lagi yang membuat Colossus unik dan menyebalkan — saat kalian mengalahkan Colossus, dia akan jatuh, dan pemain bisa kalah akibat tertimpa!

6. Tabuu (Super Smash Bros. Brawl)

Super Smash Bros. adalah seri game fighting yang didesain agar tetap seru dimainkan meskipun oleh pemain kasual, atau pemain yang masih muda. Namun, Nintendo tetap tidak sungkan untuk menambahkan bos yang sulitnya bukan main.

Di Super Smash Bros. pertama dan Melee, bos-bos yang muncul bisa dibilang menantang, tapi tidak begitu brutal. Hal ini berubah dengan kedatangan mode “Subspace Emissary” di Brawl dan bos terakhirnya, Tabuu. Sesuai dengan gameplay Smash, Tabuu didesain menyerupai bos dalam game platformer seperti Kirby dan Mega Man. Salah satu alasan Tabuu menjadi bos pilihan saya dalam daftar ini adalah salah satu serangannya yang bisa langsung menghabiskan pemain, memiliki hitbox full screen, dan harus ditangkis tiga kali dengan timing yang tepat.

7. Parace L’Sia (Arcana Heart 3)

Untuk bos terakhir dalam artikel ini, saya memilih bos fighting game nomor 1 tersulit yang pernah saya lihat: Parace L’Sia dari Arcana Heart 3. Singkat cerita, tidak ada kata yang bisa mendeskripsikan seberapa brutalnya bos fighting game satu ini.

Teleport? Ada. Serangan dengan frame data yang cepat bukan main? Ada. Serangan full screen? Ada. Dan itu hanya sebagian kecil dari moveset-nya. Sisanya, kalian bisa lihat sendiri dalam video di atas.

Selain tujuh bos di atas, apakah kalian tahu bos game fighting yang sangat sulit lainnya? Silakan komentar di bawah!


Untuk membaca artikel tentang bos dalam video game dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version