7 Boss Rahasia dalam Video Game yang Harus Dikalahkan Sebelum Mati

boss rahasia

Jika tantangan dan semua konten dalam game mobile akan bisa diskip dengan membayarnya. Maka tidak untuk game console maupun PC. Meskipun pada akhirnya ia bisa dicheat, namun tantangan yang diberikan benar-benar otentik dan mengasah otakmu. Salah satunya adalah boss rahasia yang benar-benar bisa bikin kamu frustasi, namun berikan rasa puas dan bahagia saat bisa mengalahkannya. Sebuah ajian khusus yang wajib dimiliki developer game di luar sana demi menyenangkan para gamernya.

Meski sangat sulit bahkan lebih sulit dari boss utama terakhir sekalipun. Namun beberapa boss rahasia terkadang memiliki banyak sekali item rahasia yang bakal kamu butuhkan saat melawan boss utama. Tak jarang mereka juga menyimpan ending rahasia yang sifatnya opsional.

Tidak, mereka tidak akan menghalangi jalanmu untuk menyelesaikan gamenya, namun hanya sebagai tambahan untuk menguji kemampuanmu. Seseorang yang sombong dan menganggap seolah telah berhasil menguasai segalanya setelah mendapatkan semuanya dalam game. Kamu pikir kamu adalah player terbaik dan master dari gamenya? Tunggu sampai kamu bisa mengalahkan para boss rahasia yang harus dikalahkan sebelum mati berikut.

7. Ozma (Final Fantasy IX)


Cara melawan: Pergi ke Chocobo’s Air Garden yang ditandai dengan titik hitam di map menggunakan golden chocobo. Lalu beri makan chocobomu dengan dead pepper yang bisa didapatkan dengan menjalankan minigame Chocobo Hot and Cold. Setelah sampai ke Air Garden, cek batu aneh yang ada di sana.

Final Fantasy IX miliki banyak sekali boss rahasia yang tersebar dalam gamenya. Ozma adalah salah satu boss terkuat dalam gamenya. Kamu perlu persiapan dan terus jaga HP karaktermu agar tak menurun drastis, karena Ozma miliki banyak sekali serangan yang bisa melumat semua anggota partymu. Mengalahkannya akan beri Garnet/Dagger eidolon baru bernama Ark, salah satu eidolon terkuat yang ada dalam gamenya.

6. Nameless King (Dark Souls III)


Cara Melawan: Kamu harus pergi ke Archdragon Peak dan membunyikan lonceng besar yang ada di sana. Cara pergi ke Archdragon Peak bisa dibaca lebih lanjut melalui link berikut.

Salah satu best boss fight yang ada dalam sejarah Dark Souls yang sangat memorable. Nameless King disebut sebagai salah satu raja dan ksatria pemburu naga. Ia mengorbankan segalanya untuk berteman dengan naga kuno. Oleh karenanya pertempuran melawannya terbagi atas dua fase: King of Storm dan Nameless King. Jika King of Storm bakal bikin kamu cukup frustasi karena selalu terbang ke sana ke mari, maka Nameless King bakal buatmu kerepotan berkat serangannya yang cukup sulit diprediksi.

5. Karstaag (The Elder Scrolls V: Skyrim)

https://www.youtube.com/watch?v=ROu2WyHX4xg


Cara Melawan: Wajib miliki DLC Dragonborn (versi lawas) atau kini langsung membeli Special Edition gamenya. Ia akan menjadi bagian dari quest bernama “Summoning Karstaag”. Di mana kamu harus pergi ke Glacial Cave untuk mencari tengkoraknya. Setelah mendapatkannya, kamu harus pergi ke Castle Karstaag Ruins yang hanya bisa dibuka di level Master atau pergi melewati Karstaag Caverns. Letakkan di atas singgasananya.

Kebebasan The Elder Scrolls V: Skyrim takkan lengkap jika kamu belum mengalahkan salah satu boss rahasianya, Karstaag. Meski bukan berwujud seperti boss pada umumnya karena pada dasarnya kamu hanya akan melawan hantunya. Namun Karstaag bisa dibilang sangat amat kuat. Ia merupakan salah satu frost giant yang muncul di The Elder Scrolls III: Bloodmoon dan dikalahkan oleh Nerevarine. Mengalahkannya akan berimu kekuatan Summon Karstaag yang akan mampu memanggilnya lagi hingga tiga kali.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

4. Moon Presence (Bloodborne)


Cara Melawan: Dapatkan dan konsumsi One Third Umbilical Cord sebelum menolak permintaan Gehrman, dan mengalahkannya. Mengkonsumsinya sebelum sabetan terakhir juga bisa.

Moon Presence merupakan boss yang cukup unik. Jika boss terakhir Bloodborne membuatmu kesulitan melawannya, Moon Presence secara mengejutkan justru sedikit lebih mudah dibanding boss terakhirnya. Meskipun kalau dilihat dari tampangnya sih memang sangat menyeramkan. Mengalahkannya akan memberimu Blood Echoes sebesar 230,000 dan sebuah ending unik yang akan mempermudahmu untuk memahami cerita gamenya.

3. Ruby Weapon (Final Fantasy VII)


Cara Melawan: Kalahkan salah satu Weapon, baik Ultima maupun Diamond. Pergi ke area sekitar Gold Saucer lalu lawan random battle sekali. Maka ia akan muncul di sekitar padang pasir Gold Saucer dengan tentakel merahnya. Ia hanya akan bisa dilawan saat kamu mengendarai Highwind atau Chocobo.

Salah satu superboss terkuat di dunia Final Fantasy VII. Ruby Weapon merupakan boss paling menantang yang sangat sulit untuk dikalahkan. Dia miliki defense yang sangat tinggi dan serangan yang cukup gila. Terlebih HPnya yang jika menurut wiki miliki 800,000 HP. Tujuannya ada? Ia benar-benar ada hanya karena untuk menguji kemampuanmu saja. Mengalahkannya akan memberimu Desert Rose yang bisa ditukar di Gold Saucer dan achievement untuk versi PC dan PS4nya.

2. Morgan Freeman (South Park: The Fractured But Whole)


Cara Melawan: Pukul dia tiga kali di tokonya.

Seri South Park memang banyak sekali menyindir tokoh, isu rasisme, hingga drama selebrita maupun kemanusiaan di kehidupan nyata. Film kartun ofensif yang jelas bukan untuk anak-anak ini sukses diadaptasi ke video game melalui The Stick of Truth. Sekuelnya The Fractured But Whole berikan sorotan lebih pada aktor Morgan Freeman. Siapa sangka bahwa karakter pemilik usaha Taco yang selalu memberikan saran padamu tersebut menjadi salah satu boss rahasia di dalamnya. Tak hanya menjadi boss rahasia, dia juga merupakan boss terkuat yang sangat sulit untuk dikalahkan. Cara mengalahkannya terbilang cukup kontroversial. Yakni mengubah ras karaktermu menjadi kulit putih (difficulty Easy), memiliki might 800, summon lengkap, hingga item revival maksimal. Selebihnya? Berdoa.

1. Emerald Weapon (Final Fantasy VII)


Cara Melawan: Pergi ke Bottom of the Sea menggunakan submarine dan cari dia. Bentuknya cukup besar, jadi tak mungkin terlewatkan.

Emerald Weapon adalah boss terkuat kedua setelah Ruby Weapon. Dengan level 99 dan HP yang menurut wiki berjumlah sekitar 1,000,000. Ia tentu menjadi ancaman yang sangat menantang untuk dikalahkan. Terlebih setiap melawannya kamu diberikan waktu 20 menit untuk mengalahkannya. Frustasi mungkin menjadi kata yang bisa merepresentasikan kegalauanmu karena tak kunjung mengalahkannya. Namun mengingat ini game RPG, maka kamu bisa menemukan berbagai cara untuk mengalahkannya jika kamu masih berpegang teguh pada prinsip utama gamenya: eksplorasi. Mengalahkannya akan berimu Earth Harp yang bisa ditukar dengan tiga master materia. Versi PC dan PS4-nya akan berimu achievement/trophy tambahan.


Itulah 7 boss rahasia yang wajib kamu kalahkan sebelum mati. Mengalahkannya tentu berikan sebuah “perfection” dalam skill memainkan game RPG atau video game favoritmu. Tapi ingat, jangan gunain cheat infinite HP atau damage modifier 99999 lho. Dari daftar di atas, yang mana yang sudah kamu kalahkan? Atau mungkin ada boss lain yang tak masuk daftar?

Exit mobile version