7 Cara Melaporkan Penipuan Online yang Bisa Kamu Coba

Cara Melaporkan Penipuan Online

Tak hanya berikan manfaat, perkembangan teknologi ternyata membawa beberapa efek samping yang cukup serius, di antaranya penipuan online. Kemudahan melakukan transaksi jual beli secara online melalui e-commerce maupun marketplace lain, ternyata masih miliki celah. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, membuat sebagian besar orang lebih senang belanja secara online.

Salah satunya adalah aksi penipuan yang dilakukan secara online, yang umumnya manfaatkan ketidaktahuan seseorang. Biasanya, aksi penipuan ini sangat umum ditemukan pada salah satu platform media sosial yang umum dipakai masyarakat Indonesia. Hebatnya, trik yang dipakai penipu pun makin lama terlihat makin canggih dan berani saja.

Apalagi bila hal tersebut terjadi pada diri kita. Sedih, marah, kesal, panik, bercampur menjadi satu, dan tidak menutup kemungkinan akan buatmu bingung harus lapor ke mana.

Inilah cara melaporkan penipuan online yang bisa kamu coba.

1. Hubungi Pihak Bank

Menghubungi pihak bank terkait melalui telepon atau mendatangi bank-nya langsung adalah cara yang paling efektif untuk melaporkan aksi penipuan online. Bila tidak miliki waktu atau sudah larut malam, kamu bisa coba untuk hubungi call center bank terkait.

Selain itu, pastinya kamu akan dimintai bukti-bukti yang menunjukkan bahwa benar adanya rekening tersebut melakukan penipuan. Bila kamu miliki bukti yang kuat, mudah bagi pihak bank untuk langsung memblokir rekening bank tersebut.

2. Lapor ke Polisi

Selain menghubungi pihak bank, kita juga bisa melaporkan penipuan online dengan melapor ke polisi. Berikut adalah step-by-step yang bisa kamu ikuti untuk melapor aksi yang tidak pantas ini.

3. Gunakan Situs LAPOR

Bila kedua cara di atas terlihat ketinggalan zaman, mungkin melapor aksi penipuan secara online bisa menjadi pilihan. Situs tersebut adalah LAPOR.GO.ID, adalah sebuah situs yang dikembangkan sedemikian rupa oleh pemerintah yang bertujuan permudah rakyat melapor secara online.

Bila kamu ingin melakukan pelaporan dengan gunakan LAPOR, setidaknya kamu harus tahu bahwa ada beberapa tahapan. Di antaranya adalah penulisan laporan, proses verifikasi, proses tindak lanjut, dan diakhiri dengan pemberian tanggapan. Di bawah ini adalah cara melaporkan penipuan online melalui situs LAPOR:

4. Manfaatkan BRTI

Selain manfaatkan situs online seperti LAPOR, kita memiliki Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia untuk melaporkan penipuan online yang bisa kamu coba. Situs ini menawarkan layanan pengaduan yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia secara langsung.

Berikut adalah tata cara melaporkan penipuan online yang bisa kamu coba melalui BRTI:

5. Mengeceknya di CEKREKENING

Selain manfaatkan beberapa cara di atas, terdapat cara lain untuk memudahkanmu mengidentifikasi apakah rekening tersebut pernah melakukan penipuan atau tidak. Di antaranya adalah dengan manfaatkan CEKREKENING, yang merupakan salah satu cara preventif yang paling efektif, setidaknya menurut kami.

Sekilas tampilan situs ini terlihat sederhana. Namun, jangan salah, karena situs ini ternyata dikelola secara langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatikan Republik Indonesia loh, brott.

Cara mengecek sebuah rekening dengan situs ini pun cukup mudah, berikut adalah cara melaporkan penipuan online dengan CEKREKENING:

6. Bisa Melalui KREDIBEL

Kemudian, cara lain yang mirip dengan CEKREKENING adalah melalui KREDIBEL. Situs ini menawarkan fitur yang kurang lebih sama dengan CEKREKENING untuk permudahmu lakukan pengecekan akun bank maupun e-wallet.

7. Laporkan Akun Tersebut Melalui Platform Masing-Masing

Bila melaporkan penipuan online di e-commerce cukup mudah, lantas bagaimana dengan platform media sosial seperti Facebook dan Instagram? Sebenarnya, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menekan beberapa tombol untuk melakukan pelaporan atas indikasi penipuan online yang setidaknya bisa kamu coba.

Melaporkan sebuah akun tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena akan ada serangkaian proses yang masih harus dilewati. Semoga cara melaporkan penipuan online yang bisa kamu coba di atas ini dapat bermanfaat buatmu ya, brott.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version