7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah 100% Ampuh!

in ,
cara mengatasi laptop lemot

Di era serba digital saat ini, laptop adalah sebuah perangkat penting yang digunakan oleh seseorang untuk melakukan pekerjaaan mereka. Sehingga kinerja laptop yang handal dibutuhkan agar dapat menunjang semua pekerjaan yang bisa dilakukan menggunakan laptop menjadi lebih nyaman dan efisien,

Namun, hal itu tidak akan terjadi apabila laptop milikmu tiba-tiba memiliki performa yang buruk, sehingga menyebabkan semua pekerjaan menjadi terganggu. Sehingga, disini kami akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi laptop lemot dengan mudah.

Tips yang kami berikan adalah sesuatu yang telah kami lakukan ujicoba terlebih dahulu dan menurut kami bekerja dengan baik. Tips ini bagi kamu yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows ya, karena untuk Mac akan sedikit berbeda.

1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Di Perlukan

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Secara Permanen

Cara mengatasi laptop lemot yang pertama adalah kamu harus menguninstall aplikasi yang tidak diperlukan pada laptop milikmu. Terlelebih jika laptop milikmu telah berumur dimana biasanya kinerjanya cenderung menurun. Dengan menguninstall aplikasi yang tidak diperlukan, kamu dapat mengurangi beban RAM(Random Acces Memorry) milikmu.

Penggunaan aplikasi yang terlampau berat juga dapat berpengaruh terhadap kinerja laptop, sehingga kami menyarankan agar kamu memasang/menginstall aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptopmu saja.

2. Gunakan Sistem Operasi dan Aplikasi Original

Harga Windows 10 Pro Original dan Windows 10 Home 32/64 Bit Terbaru

Perlu kalian ketahui, cara mengatasi laptop lemot yang kedua adalah kamu harus menggunakan aplikasi dan sistem operasi yang original alias asli berlinsensi dari pengembangnya. Karena dengan menggunakan sistem operasi dan aplikasi yang asli, kamu akan mendapatkan jaminan dari celah-celah keamanan yang ada pada sistem melalui update yang mereka berikan.

Selain itu, perlu kamu ketahui jika jika aplikasi crack atau bajakan biasanya tertanam sebuah virus yang disematkan oleh para peretas yang dapat mengancam data milikmu. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

3. Scan Laptop Menggunakan Antivirus

Windows Defender Tidak Bisa Dibuka ? Begini 3 Cara Mengatasinya - Foriset

Antivirus adalah sebuah aplikasi yang dicipatkan oleh para pengembang untuk memberikan perlindungan kepada laptop milikmu. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan perlindungan untuk laptop milikmu dari virus atau malware yang banyak sekali beredar.

Kami menyarankan kamu untuk rutin melakukan scan laptop milikmu menggunakan antivirus ini, bagi pengguna Windows, menurut kami Windows Defender yang merupakan antivirus bawaan dari Microsoft sudah cukup. Dengan scan laptop, kamu bisa mengetahui apabila ada virus yang mungkin menginfeksi sistem dan merusaknya sehingga membuat laptop kamu menjadi lemot.

4. Tambah Kapasitas RAM

Bedanya Apa Sih DDR3L Sama DDR3 atau DDR4L VS DDR4 Standar? Begini  Penjelasannya | Murdockcruz

RAM(Random Acces Memory) adalah sebuah perangkat keras komputer yang berpengaruh kepada kinerja laptop milikmu. Apabila kamu memiliki laptop dengan RAM yang seadanya kamu pasti akan merasakan performa laptop milikmu menurun, terlebih jika itu adalah laptop yang telah berumur.

Hal ini terjadi karena dengan adanya pembaharuan sistem dan aplikasi, semakin lama akan menjadi beban bagi RAM. Selain itu, hal ini juga akan berpengaruh terlebih jika kamu masih menggunakan memori penyimpanan berjenis Hardisk. Sehingga, kami menyarankan agar kamu menambah kapasitas RAM untuk mengatasi laptop yang lemot.

5. Ganti HDD ke SSD

Mengulik Perbedaan SSD dan HDD, Jangan Cuma Tahu Soal Kapasitasnya Saja |  Priceprice.com

Apabila laptop milikmu masih menggunakan memori penyimpanan, tidak ada salahnya jika kamu memiliki opsi untuk menggunakan SSD. Mengganti memori penyimpanan dari HDD ke SSD akan memberikan kamu peningkatan kecepatan proses dalam loading suatu aplikasi, sehingga kamu akan merasakan peningkatan yang cukup signifikan, bahkan bisa 3x lebih cepat dibandingkan dengan hardisk.

Namun, sebelum membeli SSD, kamu harus memastikan beberapa hal seperti garansi, merk dan jenis barang yang dijual. Saat ini banyak beredar SSD non ori alias KW dimana para pedagang nakal bisa saja menjual barang tidak asli. SSD tidak asli sangatlah bahaya, sebab bisa saja ketika digunakan SSD akan berhenti bekerja dan rusak dalam usia yang tidak lama.

6. Install Ulang Sistem Operasi

Cara Install Windows 10 Step by Step dengan Screenshot | Satrion Community

Cara ke-enam adalah kamu bisa melakukan instalasi ulang sistem operasi pada laptop kamu jika memungkinkan dan kamu bisa melakukanya secara mandiri. Dengan menginstalasi ulang sistem operasi, ini akan membuat sistem menjadi fresh kembali dan sistem yang sempat rusak menjadi baru kembali.

Namun, mungkin tidak semua orang bisa melakukan instalasi ulang sistem operasi secara mandiri. Oleh karena itu, kamu bisa meminta tolong kepada teman atau jasa instalasi ulang yang kamu ketahui dan terpercaya.

7. Gunakan software Disk Deframent Tools

Disk Defragmenter or Optimize Drives Tool in Windows 10 explained

Mungkin, tidak semua orang tahu cara mengatasi laptop yang lemot yang satu ini. Dan tidak semua orang mau melakukan cara ini karena memakan waktu yang terbilang cukup lama. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi laptop atau pc yang lemot.

Dengan memanfaatkan tool Disk Defragment yang ada pada control panel. Kamu dapat mengatasi laptop lemot melalui tahapan analyze dan juga optimize file milikmu sehingga tertata sedemikian rupa. Selain itu kamu juga bisa mengetahui berapa banyak file junk atau file sampah yang membuat lemot laptop milikmu.

Jadi, itulah 7 cara mengatasi laptop lemot dengab mudah dan 100% ampuh yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kinerja laptop milikmu.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.