7 Cara Mudah Atasi Kartu SD Tidak Terbaca

Kartu Sd Tidak Terbaca

Kartu SD, atau yang lebih kita kenal dengan SD Card dan memori eksternal merupakan salah satu komponen penting pada smartphone. Keberadaan memori tambahan ini tentu akan sangat membantu, terutama bagi smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan internal (ROM) yang terbilang kecil.

Tentu, dengan adanya memori eksternal tersebut dapat membantu penggunanya dalam menyimpan lebih banyak data tanpa membebani penyimpanan internal. Tidak tanggung-tanggung, beberapa produsen kartu SD bahkan tawarkan ukuran hardisk yang kita temui pada perangkat komputer dan laptop, hingga 2TB. Info detil di sini.

Namun, terkadang ada beberapa permasalahan yang dialami oleh pengguna terkait kartu SD ini, terlebih bila menggunakan kapasitas besar. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa cara mudah atas kartu SD tidak terbaca.

1. Bersihkan Kuningan Kartu SD

Meski terdengar simpel, namun cara ini terbukti efektif loh, brott. Kotoran atau debu akan sangat mungkin untuk menempel pada kuningan memori eksternal yang kita gunakan ini. Karenanya, ini merupakan langkah pertama yang memang harus kita ambil untuk atasi kartu SD tidak terbaca.

Cara membersihkannya pun cukup mudah, karena kamu bisa menggunakan penghapus, tisu, kain, maupun kapas. Bersihkan secara perlahan dan lakukan secara searah agar proses pembersihan lebih efektif.

2. Coba Di Smartphone Lain

Langkah kedua ini pun sebenarnya cukup simpel, karena kita hanya perlu untuk mencobanya di perangkat lain terlebih dahulu. Tapi jangan salah brott, karena beberapa smartphone memang tidak kompatibel dengan beberapa kartu SD, atau hanya mendukung hingga ukuran tertentu.

Tidak ada salahnya untuk mencobanya di perangkat lain, karena tentu akan terdapat kemungkinan bahwa kartu SD yang kamu gunakan berfungsi.

3. Periksa Kartu SD Melalui Laptop

Selain mencobanya di smartphone lain, kamu juga bisa memeriksa kartu SD melalui laptop dengan memasukkannya ke card reader loh brott. Cara ini pun terbilang mudah, namun buat kamu yang tidak memiliki slot card reader, akan membutuhkan bantuan alat.

Setelah memasukkan kartu SD ke card reader, buka My Computer, klik kanan pada SD Card, klik Properties, Pilih Tools, lalu tekan Check. Tunggu beberapa saat, karena laptopmu akan memeriksa apakah ada kesalahan pada kartu SD yang kamu miliki.

4. Gunakan Aplikasi File Manager Yang Berbeda

Cara mudah lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi file manager yang berbeda. Percaya atau tidak, tapi kami pernah mengalami error ketika menggunakan file manager bawaan dari smartphone loh brott.

Hal ini patut kalian coba, mengingat begitu banyaknya aplikasi file manager yang tersedia untuk kalian gunakan.

5. Posisi Kartu SD Yang Salah

Selain beberapa cara di atas, memastikan posisi kartu SD terpasang dengan benar juga mempengaruhi loh brott. Meski terdengar sepele, namun dengan bergesernya posisi kartu SD walau sedikit, tentu akan mempengaruhi kartu SD bisa terbaca atau tidak. Mudahnya, kamu harus mengeluarkan kartu tersebut, dan memasangnya kembali dengan benar.

6. Coba Perbaiki Dengan Bantuan Aplikasi

Jika cara sebelumnya juga belum berhasil, mungkin kamu bisa mencoba memperbaiki kartu SD tidak terbaca dengan bantuan aplikasi. Berdasarkan informasi dari situsnya sendiri, DiskInternals Uneraser ini merupakan aplikasi untuk memperbaiki kartu SD tidak terbaca, atau error.

Penggunaannya pun terbilang mudah, karena kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu pada komputer atau laptop. Setelahnya, kamu dapat memasukkan kartu SD yang tidak terbaca tersebut dengan bantuan card reader. Jalankan aplikasi tersebut, dan akan terdapat beberapa pilihan untuk memperbaikinya.

7. Format Kartu SD

Bila semua cara di atas tidak berhasil, cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan format pada kartu SD. Melakukan format atau menghapus seluruh data pada kartu SD ini merupakan cara terakhir yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Pastikan kerusakan kartu SD terlebih dahulu sebelum melakukan langkah ini, karena data yang dihapus tidak dapat kembali.

Kesimpulan

Kehadiran kartu SD tentu sangat membantu smartphone dengan penyimpanan internal yang kecil. Dengan adanya memori tambahan ini, menyimpan data berupa foto, musik, video, dan dokumen akan menjadi jauh lebih mudah. Selain itu, kartu memori ini dapat digunakan pada perangkat yang berbeda, menjadikannya lebih fleksibel untuk digunakan.

Faktor seperti kartu SD memang sudah berumur, pernah terkena cipratan air, atau faktor lainnya dapat mempengaruhi juga sih brott. Jadi, sebisa mungkin jaga dan gunakan kartu memori kalian dengan baik agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Sekiranya itu adalah beberapa cara mudah dari kami untuk mengatasi kartu SD tidak terbaca. Cara di atas patut kalian coba sebelum memvonis kartu memori yang kamu gunakan sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version