7 Cara Mudah Memindahkan Data dari Android ke Komputer

Memindahkan Data Android Ke Komputer

Smartphone adalah sesuatu yang tidak dapat kita pisahkan dari keseharian kita, terutama bila kita menggunakannya sebagai alat untuk menunjang produktivitas. Bila smartphone sering kita gunakan untuk bekerja, tidak butuh waktu lama kapasitas smartphone akan penuh dan melambat. Untuk mengatasi hal in, solusinya yaitu menghapus beberapa file tersebut, atau memindahkan file tersebut ke perangkat lain seperti komputer.

Sebenarnya, memindahkan data dari smartphone berbasis Android ke perangkat komputer tidaklah sulit. Dengan menggunakan beberapa cara mudah di bawah, dapat dipastikan kamu akan dapat memindahkan data pentingmu dengan cepat.

Menggunakan Bluetooth

Bila komputermu memiliki Bluetooth, kita bisa langsung memindahkan data dari Android ke Komputer. Untuk memulainya, kamu harus mengaktifkan Bluetooth di Windows, dan diikuti oleh Android. Proses pemindaian biasanya memakan waktu yang sebentar, dan setelah kedua perangkat berhasil dipasangkan, maka kamu sudah bisa memulai memindahkan data.

Menggunakan Shared Windows Folder

Cara yang satu ini cukup mudah dilakukan kalau kamu memiliki akses Shared Windows Folder di jaringan yang kamu gunakan. Cara yang satu ini juga dikenal sebagai FTP Sharing yang memungkinan penggunanya memindahkan data melalui jaringan yang sama.

Untuk memindahkan data dari Android, kamu harus menggunakan ES File Explorer atau aplikasi serupa. Setelahnya, jalankan aplikasi dan nyalakan fungsi View On PC, dan pemindahan data sudah bisa dilakukan.

Menggunakan Aplikasi SHAREit

Cara ini merupakan salah satu cara yang populer digunakan kebanyakan orang karena memang aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Kamu tinggal mendownload aplikasi ini di Android dan komputer untuk dapat segera memindahkan data.

Untuk SHAREit komputer, kamu dapat mendownloadnya di sini.

Menggunakan Aplikasi AirDroid

7 Cara Mudah Memindahkan Data dari Android ke Komputer 8

Meskipun tidak sepopuler SHAREit, aplikasi yang satu ini juga bisa menjadi pilihan untuk memindahkan data dari Android ke komputer. Cara kerja aplikasi ini juga mirip dengan SHAREit, dimana kita bisa mengakses file di Android melalui komputer maupun laptop.

Untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan klik ini.

Menggunakan Aplikasi PushBullet

Sama seperti AirDroid, aplikasi serupa ini juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk memindahkan data. Meskipun serupa, namun PushBullet lebih mudah untuk digunakan karena tampilannya yang lebih simpel. Untuk memindahkan data, kamu hanya perlu menekan tombol Pushing, dan menekan tombol Next.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui link berikut ini.

Menggunakan Kabel USB

7 Cara Mudah Memindahkan Data dari Android ke Komputer 9

Komputer atau laptop tidak memiliki Bluetooth? Tidak masalah, karena cara yang satu ini merupakan salah satu alternatif paling mudah untuk memindahkan datar dari Android ke komputer. Kamu tinggal mencolok kabel USB ke Android dan ke komputer, dan setelah itu kamu akan langsung bisa memulai memindahkan data.

Menggunakan Card Reader

7 Cara Mudah Memindahkan Data dari Android ke Komputer 10

Cara di atas tidak berhasil, dan kamu lupa membawa kabel? Mungkin cara yang satu ini bisa membantu, karena kita bisa menggunakan Card Reader sebagai media untuk memindahkan data Android kita ke komputer. Pastikan data yang ingin kamu pindah sudah berada pada Memory Card, lalu masukkan Card Reader tersebut ke komputer. Dengan cara ini, kamu bisa memindahkan data dari Android ke komputer.

Nah itulah beberapa cara mudah untuk memindahkan data dari Android ke komputer. Kalau ada cara yang kurang, atau pingin nambahin, kasih komentar di bawah ya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version