7 Cara Screenshot di PC dan Laptop

Cara Screenshot di PC dan Laptop

Cara Screenshot di PC dan laptop saat ini menjadi sangat sering digunakan. Terlebih oleh para pekerja yang setiap hari menggunakan laptop atau komputer pc untuk bekerja.

Seperti yang kita tahu jika saat ini hampir seluruh pekerjaan akan berhubungan dengan komputer baik itu untuk membuat laporan atau tugas lainya yang membutuhkan perangkat komputer sebagai media utamanya.

Dalam penggunaan komputer, pasti secara tidak langsung akan menemui waktu untuk mengambil gambar tangkapan layar pada komputer. Oleh karena itu, melakukan Screenshoot menjadi pilihan wajib ketimbang menggunakan kamera untuk mengambil gambar karena kualitas gambar yang dihasilkan tidak sebagus dari hasil screenshot.

Nah, disini kami akan memberikan tutorial bagaimana cara screenshoot di laptop atau pc lengkap dan mudah untuk diikuti, bahkan ada yang menggunakan satu tombol saja untuk melakukanya.

Inilah 7 cara screenshot di PC dan laptop dengan mudah dan cepat!

1. Cara Screenshot di PC dan Laptop Melalui Tombol “PrtSc”

Kamu bisa melakukan screenshoot di laptop melalui tombol print screen yang biasanya terletak pada bagian atas sisi kanan dari keyboard laptop.

Dengan menggunakan tombol ini, kamu secara langsung dapat melakukan screenshot, setelah itu langkah untuk menyimpan hasil gambarnya adalah kamu harus membuka aplikasi paint dan kemudian melakukan paste dengan menekan tombol keyboard “crtl+v” dan menyimpanya pada direktori penyimpanan yang kamu inginkan.

2. Cara Screenshot di Laptop dan PC Melalui Tombol Windows+PrtSc

Ada cara screenshoot di laptop lain selain menggunakan tombl PrtSc, yaitu melakukan kombinasi tombol Windows+PrtSc.

Cara ini juga telah lama muncul sejak versi windows XP dan sangat populer dikalangan pengguna, sebab kamu tidak perlu lagi membuka aplikasi paint untuk membuka hasil tangkapan layarmu karena secara otomatis akan tersimpan pada direktori folder pictures milikmu. Untuk lebih tepatnya, C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots.

3. Menggunakan Aplikasi bawaan Sniping Tools

Tidak seperti Windows versi lama, mulai versi Windows 7 Microsoft mengenalkan sebuah tools bawaan yang berfungsi untuk melakukan sceenshoot di laptop. Dengan aplikasi bawaan ini semakin memudahkan para pengguna untuk melakukan screenshoot.

Untuk menggunakanya juga cukup mudah, pengguna hanya perlu mencari aplikasi tersebut pada menu search dan tuliskan sniping tools. Setelah aplikasi tersebut terbuka, pengguna hanya perlu klik new dan secara otomatis layar laptop akan menjadi lebih gelap dan pengguna hanya perlu menandai bagian yang ingin diambil gambarnya.

Kelebihan sniping tools adalah pengguna bisa mengatur daerah mana saja yang ingin diambil screenshoot sehingga tidak perlu lagi mengeditnya pada aplikasi editor gambar.

4. Menggunakan Tombol Alt+Prt Sc

Terdapat cara lain yang bisa kamu gunakan untuk screenshots di laptop yaitu menggunakan kombinasi tombol Alt + Prt Sc. Cara ini bisa digunakan pada hampir semua versi Windows mulai dari Microsoft Windows Xp, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan 8.1 dan tentu saja Windows 10.

Dengan menggunakan cara ini, pengguna dapat melakukan sceenshot dengan mudah. Untuk memyimpan gambar hasil screenshot tadi, perlu membuka aplikasi paint dan tekan tombol ctrl+v untuk mempaste hasilnya.

Terdapat perbedaan hasil apabila kamu menggunakan cara ini. Yang membedakan adalah kamu tidak akan menscreenshot bagian menu taskbar sehingga lebih nyaman dipandang.

5. Menggunakan Tombol Windows + G

Cara ScreenShot di laptop atau pc juga bisa dilakukan dengan game bar. Cara ini bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol Windows+G setelah itu kamu dapat membuka game bar dan pada pilihan itu, terdapat pilihan untuk melakukan capture gambar.

Game bar sendiri memiliki fungsi lain, yaitu dapat melakukan perekaman layar dan live streaming ketika kamu tengah bermain gim.

6. Menggunakan tombol Windows + Volume down

Cara ini hanya bisa digunakan bagi anda yang menggunakan Windows surface, sehingga tidak semua pengguna bisa melakukan cara ini.

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa menangkap seluruh gambar layar laptop sama seperti cara-cara lain diatas. Untuk melakukanya juga sangat mudah, kamu hanya perlu tekan tombol Windows dan tombol volume down.

7. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Lightshot

Tidak seperti cara-cara diatas, disini anda perlu menginstall aplikasi pihak ketiga yaitu Screenshot by Lightshot. Dengan menggunakan aplikasi ini membuat cara screenshot di laptop menjadi lebih mudah karena tidak perlu banyak step sama seperti cara diatas.

Kamu hanya perlu tekan tombol screenshot dan kemudian kamu dapat 3 pilihan seperti upload, copy, save, dan edit. Sehingga, kamu tidak perlu lagi membuka aplikasi paint dan lain-lain.

Jadi, itulah 7 cara screenshot di PC dan laptop yang bisa kamu lakukan dan sangat mudah dilakukan jika kamu belum mengerti.


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya dari Gamebrott tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version