7 Cerita Game Fighting yang Sangat Seru & Bikin Betah Main

cerita game fighting

Inilah 7 cerita game fighting yang sangat seru sehingga membuat kita betah memainkan game-nya.

Tak dipungkiri dari semua genre game yang ada, genre fighting adalah genre yang sangat asyik dan seru. Tidak perlu lelah-lelah berpikir untuk memecahkan puzzle, yang penting kita tinggal tendang, pukul, dan banting.

Keseruan dalam bermain pun kian bertambah apabila game-nya, memiliki cerita yang sangat asyik seperti menyaksikan film action Hollywood. Dan dari sekian banyak game fighting yang memiliki cerita seru, berikut adalah 7 cerita game fighting yang sangat seru tersebut.

1. Street Fighter III: New Generation (1997)

Cerita game fighting yang sangat seru yang pertama adalah Street Fighter III. Sebenarnya, semenjak game Street Fighter pertama rilis pada tahun 1987, franchise tarung milik Capcom ini ada plot kisahnya.

Sayangnya, plot kisah di kedua game pertamanya terasa “asal ada saja”. Terlebih pada era kedua game pertamanya tersebut, rata-rata gamer-nya memang lebih mempedulikan aspek gameplay daripada plot ceritanya.

Barulah ketika Street Fighter III rilis 1 dekade kemudian, aspek cerita game-nya lebih tersorot. Plot utama dari game ketiganya ini berfokus pada dua karakter baru, Alex dan Gill. Alex ingin melakukan aksi balas dendam ke Gill.

Hal ini dikarenakan Gill sebelumnya telah mengalahkan sahabat karib Alex, Tom. Di dalam perjalanannya untuk berhadapan dengan Gill, Alex mendapatkan informasi kalau si musuh bebuyutan adalah pemimpin organisasi bernama The Illuminati.

Bersama organisasinya tersebut, Gill memiliki niatan untuk merubah bumi menjadi dunia Utopia baru. Dan untuk meluluskan niatannya tersebut, iapun berinisiatif untuk menciptakan “kiamat” (Armageddon).

Alhasil, motivasi Alex kini bertambah. Tidak hanya untuk membalas kekalahan Tom, namun ia juga harus menyelamatkan seluruh dunia. Kalau kita lihat, plot kisahnya memang sangat pasaran. Tapi setidaknya, plot pasaran ini bisa membuat kita terus betah dalam memainkan nomor Street Fighter ini hingga usai.

2. Virtua Fighter 5 (2006)

Cerita game fighting yang sangat seru selanjutnya adalah Virtua Fighter 5. Walau semenjak game pertamanya seri franchise tarung klasik Sega ini sudah ada plot ceritanya, namun barulah di seri kelimanya ini kisahnya terasa lebih asyik.

Virtua Fighter 5, berfokus pada turnamen tarung kelimanya, World Fighting Tournament. Turnamennya ini diikuti oleh 17 petarung terbaik di seluruh dunia. Nah, untuk turnamen kali ini mereka diharuskan untuk benar-benar siap kondisi fisik dan mentalnya daripada di 4 turnamen sebelumnya.

Namun di kala mereka sedang fokus-fokusnya bersiap, mereka semua tidaklah menyadari kalau organisasi yang mendanai turnamennya, J6, memiliki motif yang sangat jahat dari turnamennya ini.

Spesifiknya, J6 melalui turnamen ini ingin menguasai seluruh dunia. Salah satu caranya adalah dengan menciptakan robot mesin dengan kemampuan tarung manusia, V-Dural. Dengan menggunakan V-Dural, J6 ingin menghabisi semua petarung di turnamen yang berpotensi besar untuk menggaglkan niatan mereka tersebut.

3. Rival Schools: United by Fate (1997)

Bisa dikatakan game ini merupakan salah satu game tarung favorit saya pada saat bocah dulu. Selain karena mekanisme tarungnya yang ala-ala Street Fighter, faktor lainnya juga dikarenakan plot kisahnya yang seperti menyaksikan anime.

Game keluaran Capcom ini berlatar di kota fiktif Jepang, Aoharu City. Pada suatu hari seluruh sekolah di kota itu digegerkan dengan aksi penyerangan dan penculikan terhadap murid dan staf dari masing-masing sekolahnya.

Melihat hal ini dan tidak ingin kejadiannya terus terjadi, akhirnya karakter-karakter petarung di game ini mulai mencari pelakunya. Dan dalam pencariannya, mereka tidak segan untuk bertarung dengan rekan murid satu sekolahnya atau yang berasal dari sekolah lain.

Dan setelah melalui semuanya, terungkap kalau dalang dari seluruh peristiwa ini adalah SMA Justice High yang dikepalai oleh boss final game-nya, Raizo Imawano dan  true boss-nya, Hyo Imawano.

4. Bloody Roar 2 (1999)

Mungkin franchise tarung buatan developer Eighting ini, adalah franchise yang memiliki konsep cerita yang sangat unik dan beda dari yang lainnya. Keunikan utamanya tentu adalah para petarungnya yang bisa bertransformasi menjadi hewan.

Tapi selain faktor tersebut, adalah faktor ceritanya yang juga menjadi daya tarik serinya ini. Dan dari kelima serinya, adalah plot di seri keduanya ini yang jauh lebh dalam lagi menarik.

Di sekuelnya yang berlatar 5 tahun setelah Bloody Roar (1997) ini, dikisahkan kalau seluruh petarungnya atau yang disebut juga dengan Zoanthropes, kini telah hidup tenang dan damai setelah di game pertamanya sukses mengalahkan musuh mereka, Tylon Corporation.

Sayangnya ketenangan kembali terusik. Pasalnya setelah apa yang terjadi di game pertamanya, kini keberadaan seluruh Zoanthropes menjadi terekspos habis-habisan ke seluruh manusia normal di dunia ini.

Alhasil, konflik antara kedua ras inipun menjadi tak terelakkan. Nah untuk meredakan konflik ini, dibentuklah Zoanthrope Liberation Front (ZLF). Ironisnya, ZLF malah justru mengancam baik keeksistensian Zoanthrope maupun manusia biasa.

Dengan plot layaknya anime futuristik tersebut, siapa yang tidak makin cinta dan betah untuk terus memainkan game-nya ini bukan?

5. Mortal Kombat 11 (2019)

Sekeren-kerennya plot seri Mortal Kombat pra-reboot, tetaplah plot reboot-nya yang terlihat jauh lebih rapih dalam melakukan seluruh retconning ceritanya.

Dari ketiga game reboot-nya, adalah plot Mortal Kombat 11 yang menurut saya sangat fantastis. Plot rilisan terakhir seri reboot-nya sejauh ini, mengisahkan Dark Raiden yang lagi-lagi berhasil melindungi Earthrealm dengan membantai musuh bebuytannya, Shinnok.

Melihat hal ini, ibunda Shinnok, Kronika, bertekad untuk mengulang timeline sejarah MK. Ia ingin agar dalam timeline barunya, Raiden tidak ada sama sekali. Namun bisa kita tebak rencana Kronika ini gagal ketika ia berhasil dikalahkan oleh Fire God Liu Kang.

Yang menarik dari plot MK 11, bukan hanya kita melihat fusion antara Raiden dan Liu Kang tersebut saja. Namun kita juga melihat pertemuan antara karakter MK di game ini dengan karakter di game Mortal Kombat (2011).

Oh ya satu lagi, melalui game ini untuk pertama kalinya, kita juga melihat Raiden resmi menjadi manusia biasa (mortal) setelah seluruh kekuatannya kini dimiliki oleh Liu Kang.

6. Tekken 7 (2017)

Rasanya kita tidak usah meragukan lagi kalau franchise game tarung milik Namco ini, adalah franchise dengan evolusi plot kisah yang sangat keren.

Berawal dari konflik antara ayah dan anak, Heihaci Mishima dan Kazuya Mishima di Tekken (1995) dan Tekken 2 (1996), seiring berjalannya seri, konflik keduanya malah memiliki konsekuensi yang jauh lebih global.

Dan dari semua perkembangan storyline-nya tersebut, adalah plot game ketujuhnya ini yang paling keren. Pasalnya, melalui Tekken 7 inilah akhirnya kita mengetahui mana yang sebenarnya pihak yang baik, dan mana yang sebenarnya pihak yang jahat.

Dan terungkap kalau Heihachi yang selama ini kita kira sebagai sosok antagonisnya, justru malah ialah karakter protagonisnya. Adalah Kazuya yang memang sosok antagonis dari franchise-nya selama ini.

Terungkap, kalau sifat jahat Kazuya ini berasal dari devil gene yang otomatis diturunkan dari ibu kandungnya yang juga istri dari Heihachi, Kazumi Mishima. Heihachi ketika mengetahui hal ini, langsung membunuh sang istri tercintanya tersebut.

Namun ia memutuskan untuk tidak membunuh Kazuya kala itu. Bukan masalah Kazuya yang masih terlalu ciliki untuk dibunuh, namun Heihachi ingin benar-benar memastikan apakah Kazuya memang mewarisi gen iblis ibunya tersebut.

Dan untuk mengujinya, ketika Kazuya sudah dianggap cukup usianya, Heihachi berinisiatif untuk membuang sang buah hati ke jurang. Menurut Heihachi, apabila Kazuya selamat, maka benarlah dugaannya selama ini kalau devil gene Kazumi mengalir di dalam dirinya. Dan dugaannya tersebut, memanglah benar adanya.

Nah dari peristiwa inilah, akhirnya kitapun melihat balas-membalas membuang antara keduanya. Balas-balasan inipun secara perlahan merambah ke persaingan bisnis antara Mishima Zaibatsu dengan G-Corporation.

Walau pada ending-nya Heihachi akhirnya tewas ditangan Kazuya, namun perseteruan antara G-Corporation dan Mishima Zaibatsu masih jauh dari kata usai. Apabila Tekken 8 nantinya memang dirilis, bisa kita pastkan cerita game-nya akan menyelesaikan perseteruan kedua perusahaan tersebut. Mari kita tunggu dan lihat saja lagi nanti oke?

7. Injustice: Gods Among Us (2013)

Nah inilah cerita game fighting yang yang paling seru dan oke dari semua game yang ada di daftar ini. Bagaimana tidak? Injustice: Gods Among Us merupakan game yang menampilkan pertarungan antara superhero dan villain ikonik DC.

Tentunya seperti kita ketahui, apabila sebuah game mengadaptasi karakter serta cerita yang berasal dari komik superhero, ya sudah pasti akan seru sekali. Dan faktanya, memanglah demikian adanya.

Injustice: Gods Among Us mengisahkan Joker yang membunuh istri Clark Kent alias Superman, Lois Lane. Dan parahnya Lois tewas dalam keadaan mengandung buah hati keduanya. Merasa sangat kesal, Superman menjadi gelap mata dan membunuh Joker. Bahkan Batman saja sangat kaget melihat hal ini.

Setelah melakukan aksi yang melawan kode etiknya selama ini tersebut, Superman pun lantas membentuk ulang buminya menjadi One Earth Regime. Di bumi Superman baru ini, Superman memiliki visi bahwa untuk menegakkan kedamaian, harus ditegakkan melalui keditaktoran.

Batman menentang keras visi ini. Alhasil iapun mengumpulkan superhero dan villains dari earth lain untuk membentuk tim baru agar bisa menghentikan aksi gelap mata Superman tersebut.

Keseluruhan cerita dalam game ini disusun dengan sangat rapih dan asyik. Sehingga, membuat kita serasa seperti membaca komik atau menonton film animasi DC. Konsep multiverse-nya pun juga mudah dicerna bagi mereka yang bukan fanboy DC.

Kerennya lagi, cerita game-nya ini tidaklah mengurangi experience main game-nya sama sekali. Kedua unsur ini terasa sangat berimbang. Apabila kamu belum pernah memainkan game ini, tunggu apalagi kawan?

Itulah tadi 7 cerita game fighting yang sangat seru. Dari 7 game ini, cerita game fighting manakah yang merupakan favorit kalian?

7 Cerita Game Fighting yang Sangat Seru & Bikin Betah Main 10

Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Fighting atau artikel lainnya dari Marvin Emir Ciputra. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version