7 Chipset Terbaik Untuk Smartphone 2021

Chipset Terbaik Untuk Smartphone 2021

Seperti yang kita tahu Chipset dalam sebuah smartphone merupakan sebuah komponen penting yang dapat menentukan kinerja atau performa perangkat itu.

Sehingga, keberadaan komponen ini dan jenis komponen ini juga dapat mempengaruhi harga dari sebuah smartphone di pasaran. Oleh karena itu, disini kami akan mencoba untuk sedikit mengulas dan memberikan daftar chipset terbaik untuk smartphone di tahun 2021 ini.

Langsung saja, berikut daftar chipset smartphone Android terbaik 2021:

1. Qualcomm Snapdragon 888 5G

7 Chipset Terbaik Untuk Smartphone 2021 8

Qualcomm Snapdragon 888 5G merupakan chipset terbaik dan tertinggi milik Qualcomm saat ini. Chipset ini merupakan salah satu chipset yang digunakan oleh berbagai vendor smartphone untuk seri flagship.

Oleh karena itu, semua smartphone yang dirilis dengan Snapdragon 888 sudah pasti adalah lini smartphone flagship. Dibangun dengan fabrikasi 5nm dan dibekali tiga kluster prosesor.

Tiga kluster procecor itu antara lain, kluster Kryo 680 berjumlah empat core dengan kecepatan 1.8 GHz untuk performa hemat daya, Kluster Kryo 680 tiga core dengan kecepatan 2.42 GHz untuk performa kencang, serta  kluster prime Kryo 680 dengan satu core berkecepatan 2,84 GHz untuk performa yang lebih ngebut.

2. Mediatek Dimensity 1200

Mediatek Dimesity 1200 merupakan chipset besutan dari Mediatek yang diluncurkan pada 2020 lalu. Chipset ini diperkenalkan di pasar bersamaan dengan Dimensity 1100 yang mana diklaim memiliki kinerja dan performa yang 22 persen lebih baik ketimbang Dimensity 1000.

Dimensity 1200 dibangun diatas fabrikasi 6nm yang ditopang dengan inti delapan core yang terbagi menjadi tiga kluster.

Tiga kluster ini, menggunakan desain dari ARM generasi baru, yaitu Cortex-A78 dengan rincian. Kluster pertama adalah tiga core ARM Cortex-A78 2,6 GHz untuk performa kencang, kluster kedua satu core ARM Cortex-A78 3 GHz untuk performa lebih kencang, dan kluster ketiga yaitu empat core ARM Cortex-A55 2 GHz untuk hemat daya. Untuk prosesor grafis yang ada di chipset ini adalah ARM Mali-G77 MC9.

3. Qualcomm Snapdragon 870 5G

Qualcomm Snapdragon 870 5G merupakan chipset flagship besutan Qualcomm yang dirilis tahun ini sebagai alternatif dari snapdragon 888 yang dinilai terlalu kencang sehingga membuat body ponsel menjadi panas.

Snapdragon 870 5G merupakan chipset kelas flagship dari Qualcomm yang memilki performa lebih stabil dibanding Snapdragon 888. Dikatakan, chipset ini memiliki banyak kesamaan dengan Snapdragon 865+.

Sama seperti chipset flagship lainya, snapdragon 870 juga dibagi atas tiga kluster. Kluster tersebut antara lain: kluster pertama Kryo 585 empat core dengan kecepatan 1,8 GHz untuk performa dengan daya yang hemat. Kluster kedua dengan tiga core Kryo 585 dengan kecepatan 2,42 GHz untuk performa kencang. Dan  kluster prime Kryo 585 dengan satu core dengan kecepatan 3,2 GHz untuk performa lebih kencang.

4. Apple Bionic A14

Apple Bionic 14, sama seperti namanya, chipset ini dirilis oleh Apple Silicon dengan teknologi fabrikasi 5 nanometer yang super ngebut dan performa stabil. Apple menanankam 11,4 milar transistor kedalam chipset ini, sehingga menjadikanya salah satu chipset terbaik hingga saaat ini.

Chipset ini memiliki dibangun dengan enam core prosesor berbasis intruksi set ARMv8.5-A. Dimana dari keenam prosesor di dalam chipset ini, 2 core diantaranya berkinerja tinggi, dan 4 core untuk menghemat daya. Untuk urusan grafis, Apple A14 Bionic mempercayakan pada GPU dengan empat inti. Apple bahkan mengklaim bahwa GPU di chipset ini memiliki keunggulan 50 persen lebih kencang dibandingkan GPU pada chip kelas atas buatan kompetitornya.

5. Kirin 9000

Kirin 9000 merupakan chipset flagship buatan Huawei sekaligus chipset terakhir dari perusahaan tersebut(sementara). hal ini disebabkan embargo Amerika terhadap perusahaan itu yang menyebabkan raksasa pengecoran seperti TSMC dan Samsung tidak bisa bekerjasama lagi dengan Huawei.

Chipset ini dikatakan sebagai salah satu yang terbaik pada saat dirilis dan dibangun diatas fabrikasi 5 NM yang dibekali delapan core.

Sama seperti yang lainya, chipset ini terbagi menjadi tiga kluster, yang pertama adalah tiga core ARM Cortex-A77 2,54 GHz untuk performa kencang, kluster kedua satu core Cortex-A77 3,13GHz untuk performa lebih kencang, dan kluster ketiga empat core Cortex-A55 2,04 GHz untuk hemat daya. Sektor grafis dari Kirin 9000 menggunakan GPU Mali-G78 MP24.

6. Exynos 2100

Exynos 2100 merupakan sebuah chipset flagship buatan Samsung yang digunakan sebagai otak dari flagship miliknya, yakni Samsung S21 Series. Sebagai chipset flagship, Exynos 2100 dibangun diatas teknologi fabrikasi EUV 5nm dari Samsung.

Untuk diketahui, Samsung juga merupakan salah satu perusahaan yang membuat chipset miliknya sendiri dan salah satu perusahaan foundry terbesar setelah TSMC.

Chipset ini memiliki inti delapan core yang terbagi menjadi tiga kluster yang terbagi sebagai, dua prosesor Cortex-A78 dengan kecepatan 2,8 GHz untuk kebutuhan performa sangat kencang, satu prosesor Cortex-X1 6 2,9 GHz untuk performa lebih kencang, serta 4 proesor Cortex-A55 2,2 GHz untuk hemat daya. Sektor grafis chipset ini menggunakan ARM Mali-G78 MP14.

7. Apple Bionic A15

Apple Bionic A15 merupakan salah satu chipset terbaru dari Apple yang diluncurkan beberapa bulan lalu. Chipset ini terbagi atas dua jenis yang berbeda, dimana pada bagian GPU A15 Bionic pada iPhone 13 dan mini hanya mempunyai empat inti sementara pada iPhone 13 Pro, Pro Max, dan iPad mini berjumlah lima inti.

Apple mengklaim bahwa A15 Bionic memiliki kinerja 50% lebih tinggi ketimbang kompetitor dan 40% lebih baik dibanding generasi sebelumnya di iPad Gen 6. Chipset ini dibangun diatas arsitek arm dengan enam inti core, yang dibagi dengan dua core dengan kecang dan empat core berkecepatan baik.

Jadi, itulah 7 chipset smartphone terbaik saat ini yang bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk membeli sebuah ponsel android ataupun iPhone.


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version