7 Daftar Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Memasuki Dunia eSports


Follow Us

E-Sport semakin berkembang dari tahun-ketahun. Kompetisi game menjadi semakin marak. Mulai dari kompetisi kelas teri yang muncul karena komunitas pecinta E-Sport, hingga kompetisi kelas kakap seperti The International dibawah naungan Perusahaan ternama. Istilah E-Sport bukanlah hal yang baru, di-Indonesia sendiri telah memunculkan berbagai macam turnamen game yang cukup sukses. Terakhir Indonesia telah berhasil menyukseskan Turnamen Dota 2 GESC maret lalu. Meski hanya turnamen minor , ada beberapa tim besar yang ikut seperti Evil Geniuses dan NaVi.

Nulis artikel dibayar

Untuk menyukseskan sebuah kompetisi besar, tentu saja melibatkan begitu banyak orang. Mereka adalah orang-orang yang ikut andil dalam perkembangan E-Sport. Mulai dari shoutcaster , production crew, jurnalis dan lain-lain. Hal ini tentu saja menarik perhatian para milenial yang ingin memasuki dunia E-Sport tetapi bukan sebagai player. Berikut adalah 7 daftar jurusan kuliah yang cocok untuk memasuki dunia E-Sport.


1. Jurusan Komunikasi

Jurusan ini mengajarkanmu tentang  pemikiran-pemikiran kreatif, serta menjadi seorang yang komunikatif dan menarik. Jurusan ini juga mengajarkan hal-hal lain yang sangat berhubungan dengan E-Sport. Banyak profesi yang ditawarkan untuk studi ini dalam E-Sport. Salah satunya menjadi Shoutcaster, host dan masih banyak lagi. Jurusan ini memang terkenal untuk mereka yang ingin memasuki industri kreatif, E-Sport adalah salah satunya. Segala ilmu yang kamu terima di jurusan ini bisa digunakan di dunia ini.


2. Jurusan Sistem Informasi , Teknik Informasi atau sejenisnya

Nah.. ini adalah jurusan yang paling dekat dengan E-Sport. Jurusan ini tak lepas dari hal yang bernama komputer. Keahlian yang kamu dapat dari jurusan ini jelas sangat berguna. Kamu bisa menjadi technical crew, orang yang bertanggung jawab dari setup PC hingga jaringan yang telah dimaksimalkan. orang yang paling sigap ketika ada player yang mengalami masalah teknis. Tentu saja ilmu yang kamu terima tak lepas dari hal-hal seperti ini.

Di sisi lain banyak juga orang pada jurusan ini yang terlibat dalam pembuatan game untuk E-Sport itu sendiri. atau menjadi wasit untuk mengawasi jalannya pertandingan agar terhindar dari berbagai bentuk kecurangan. Dan masih ada banyak lagi Ilmu yang diterapkan dari jurusan ini.


3. Jurusan Broadcast atau penyiaran

Jurusan ini mengajakmu untuk memproduksi sebuah program berita dan non-berita di Media massa elektronik. Televisi dan pastinya konten digital. Tentu saja eSports sudah menggunakan media massa semacam itu, sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang ini. Ilmu tentang tata cahaya dan cara pengambilan gambar dari jurusan ini akan sangat berguna. Kalian juga bisa menjadi kameraman, atau reporter di dunia eSports jika kalian memilih jurusan ini. Banyak hal-hal dasar, yang sangat berdekatan dengan eSports pada jurusan ini.


4. Jurusan Jurnalistik

Seperti yang kalian ketahui bahwa jurusan jurnalistik berhubungan dengan berita. Jurusan ini meberi ilmu tentang  meliput sebuah kejadian dan menyajikannya. Entah itu berbentuk tulisan ataupun video. Kalian mampu menjadi seorang jurnalis yang fokus pada eSports. Dalam bidang eSports sendiri, tentu saja kalian akan mendalami dan meliput hal-hal seperti, turnamen, player atau roster, tim dan berita tentang game itu sendiri. Atau hanya mencari gosip-gosip terhangat yang terjadi. Kalian juga bisa meliput Rivalitas antar tim dan lain-lain.


5. Jurusan Manajemen

Kok manajemen? Seperti yang dijelaskan di atas bahwa perkembangan eSports cukup pesat. Hal ini tentu juga mempengaruhi kesibukan Team. Mereka memerlukan manajer untuk mengatur pola dan jadwal mereka mulai dari pertandingan, wawancara sampai segala urusan sponsor yang membutuhkan kehadiran player. Mencari lawan tanding untuk berlatih. Menjaga kesehatan jasmani serta mental player. Tentu saja semua tugas itu dekat dengan Jurusan Manajemen. Dan di dalam Studi manajemen kamu akan dilatih agar mampu melaksankan hal-hal di atas.

BACA JUGA  PUBG Mobile Umumkan Kolaborasi Dengan Resident Evil 2 Remake!

6. Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual)

Sebuah jurusan yang mengajak kalian untuk menggambarkan sebuah imajinasi. Di jurusan ini kalian juga akan diajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan visual. Seperti fotografi, Tipografi, animasi dan lain-lain. Hal yang sangat jelas dibutuhkan oleh eSports. Begitu banyak karya anak DKV yang membantu kemeriahan suatu ajang. Mungkin setiap hal furniture, poster, spanduk dan gambar-gambar yang terpampang pada sebuah acara eSports adalah hasil karya para sarjana DKV.


7. Jurusan Multimedia

Ini adalah jurusan yang cukup netral di dunia eSports. Para lulusan multimedia juga memiliki ilmu broadcasting  seperti penataan cahaya dan videografi. Meski demikian, mereka yang belajar Multimedia mungkin lebih condong terhadap editing video. Seperti replay, recap, dan lain-lain. Jurusan ini juga mampu memberikan visual effect yang sangat dibutuhkan di dunia eSports. Karena Visual efek selalu mempercantik segalanya.


Itulah daftar 7 jurusan kuliah yang cocok buat kalian yang ingin berkerja di dunia eSports. Meski begitu dunia eSports sangatlah luas. Apa jurusan yang menarik minatmu?. Selain yang di atas ,masih banyak jurusan-jurusan lain yang ikut terlibat. Ikutilah passion anda dan lakukan yang terbaik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

BACA JUGA  Tanggal Perilisan Hero Baru Mobile Legend Akhirnya keluar, Setelah Hanzo Siapa lagi ya?

Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+