7 Developer yang Konsisten Membuat Game Dengan Genre dan Tema Sama

thumb 1920 271571

Jika tidak rusak maka jangan diperbaiki, kalimat ini bisa menjadi pisau bermata dua apabila disalah artikan, di sisi lain filosofi ini mencegah timbulnya masalah baru yang membutuhkan waktu lebih banyak untuk diselesaikan, namun di sisi lain filosofi semacam ini juga menghambat inovasi. Bagi sebagian developer berbudget masif, eksplorasi genre dan tema tidak akan menjadi masalah, namun bagi beberapa developer indie atau subsidiary, mereka harus memikirkan dengan matang tema dan genre yang akan dieksplor sehingga tidak jarang mereka membuat game dengan tema dan genre yang identik demi menjaga kualitas. Berikut adalah 7 developer yang konsisten membuat game dengan tema dan genre yang identik.

#NB: developer first-party seperti 343 Industries dan Polyphony Digital tidak termasuk.


1. Netherrealm Studios – Game Fighting

Pada awalnya, Netherrealm Studios dibuat untuk menggantikan posisi WB games, kini Netherrealm mampu berdiri sendiri dan memiliki sumber daya yang cukup masif. Studio ini dipimpin oleh Ed Boon, salah satu pencipta game kontroversial Mortal Kombat, oleh karena itu fokus utama (dan sepertinya satu-satunya) dari studio ini adalah game fighting dengan pendekatan sinematik. Produk dari studio ini adalah seri Injustice dan Mortal Kombat yang telah direboot.


2. Kairosoft – Game ‘Tycoon’ Dengan Grafis 8-bit

Kairosoft merupakan developer ‘veteran’ di sektor mobile game dan berlokasi di sekitar Tokyo, Jepang. Meskipun jumlah karyawan yang sedikit (kurang lebih 20 karyawan), game yang dihasilkan tidak sedikit meskipun dengan tema yang sama. Tak tanggung-tanggung, Kairosoft mencoba memberikan simulasi bisnis dari berbagai sektor seperti football manager, manga studio, hingga bisnis tentang mobil balap.


3. Bohemia Interactive – Game military simulation-survival

Bohemia Interactive merupakan developer indie yang berlokasi di Ceko, meskipun dengan notaben indie, Bohemia memiliki sumber daya yang cukup masif sehingga mampu membuat berbagai game dengan kualitas AAA. Developer ini identik dengan game militer dengan pendekatan realistik seperti Arma dan Operation Flaspoint, selain itu game ini juga membuat game dengan pendekatan survival seperti DayZ dan Yland. Game-game buatan Bohemia Interactive sebagian besar dibuat untuk dimainkan lebih optimal di PC, namun bukan berarti mereka meninggalkan console dan mobile.


4. Thatgamecompany – Game adventure artistik

Thatgamecompany adalah developer indie yang berlokasi di sekitar California, Amerika Serikat, developer ini aktif merilis game adventure dengan pendekatan yang artistik. Developer ini mulai dilirik oleh berbagai media dan perusahaan setelah merilis game ‘Journey’ yang memenangkan Game of The Year pada 2012. Salah satu proyek baru dari developer ini adalah seri ‘Sky’ yang dirilis untuk mobile.


5. Frictional Games – Game horror-exploration

Terkenal lewat seri Penumbra dan Amnesia-nya, developer asal Swedia ini tidak pernah gagal membuat gamer di seluruh dunia merasa ketakutan. Frictional Games aktif merilis game horror, namun bukan horror biasa, game horror yang diracik oleh developer ini memiliki lore yang keren dan physics-based gameplay seperti game Portal 2 dan Half-Life 2 yang membuat dunianya semakin hidup. Monster yang ditampilkan juga memiliki elemen cosmic horror yang kental sehingga cocok bagi anda yang suka karya-karya H.P Lovecraft.


6. Supergiant Games – Game RPG isometrik (dan artistik)

Jika berbicara mengenai salah satu dev indie terbaik dengan karya yang konsisten dari segi kualitas, maka developer asal California ini akan masuk salah satunya. Game-game racikan Supergiant Games memiliki kesamaan: RPG dengan sudut pandang isometrik dengan sentuhan artistik, tentu saja ini menjadi ciri positif dari Supergiant Games. Selain itu, setiap game racikan dev ini memiliki soundtrack indah dan memorableseperti soundtrack dari Transistor yang memenangkan kategori ‘best score’ di SXSW Game Awards.


7. Arkane Studios – Game action-adventure first person

Bagi anda yang gemar memainkan game yang dirilis oleh Bethesda, maka amda pasti pernah mendengar tentang developer asal Prancis ini. Terkenal dan naik daun berkat seri Dishonored, Arkane Studios memang ahli dalam meracik game action dengan sudut pandang first person baik berupa game shooter maupun hack n slash. Produk dari developer ini antara lain Dark Messiah of Might and Magic, Prey (2017), Wolfenstein Youngblood, dan Deathloop yang akan dirilis untuk konsol PS5, Xbox series X, dan PC.

Exit mobile version