7 Downgrade Grafis Terparah dalam Sejarah Video Game


Tidakkah kamu hype ketika melihat game baru ataupun sekuel dari franchise favoritmu ditampilkan di E3 dengan kualitas grafis yang bikin matamu ingin menangis? Yup akui saja kita semua pernah merasakan kemudian setidaknya sekali, dan pada akhirnya kita menangis karena apa yang diperlihatkan 1-2 tahun sebelumnya hanya janji palsu semata di produk akhir.

Sebelum E3 tahun ini datang, mari kita mengingat kembali 7 downgrade game paling mengecewakan sepanjang sejarah gaming ini. Spoiler: Ubi lembut akan kuasai list ini


1. The Witcher 3: Wild Hunt

The Witcher 3 masih tetap menjadi game terbaik generasi sekarang atau bahkan salah satu game terbaik yang pernah dibuat, tapi gamer takkan pernah lupa dengan downgrade yang dialami oleh game ini. Dipertunjukkan pada E3 2013 dan E3 2014, The Witcher 3 seharusnya miliki visual dengan tone yang lebih gelap, lebih atmosferik dan lebih detil. Produk akhir yang didapatkan gamer terlihat lebih cerah dan jauh dari apa yang mereka perlihatkan di gameplay trailer.

Jangan lewatkan •
Trailer Terbaru Ni No Kuni II: Revenant Kingdom Tunjukkan Kota Goldpaw

Meskipun menjadi kontroversi sebelum dirilis, gamer tetap puas karena kualitas The Witcher 3 yang memang harus dijempol hingga mereka lupa akan kontroversi downgrade yang mereka ributkan beberapa minggu sebelumnya. Kini juga game dapatkan banyak mod grafis yang mencoba untuk dapatkan kembali kualitas grafis dari E3. Meskipun belum ada yang 100% sama, setidaknya mendekati.


2. Watch Dogs

Watch Dogs adalah game pertama yang populerkan istilah “downgrade”. Semenjak kontroversi visual dari game ini, istilah downgrade menjadi trend dan tak asing lagi di telinga gamer.

Pertama kali diperlihatkan pada E3 2012, Watch Dogs terlihat seperti game yang memang layak dipanggil next-gen, membuat banyak orang hype pada saat itu dan tak sabar memainkan langsung game ini. 2 tahun kemudian, semua hype tersebut berubah menjadi kekecewaan besar setelah visual yang mereka dapatkan jauh lebih buruk dari apa yang Ubisoft janjikan. Game ini begitu memberikan Ubisoft reputasi yang buruk sebagai publisher game sampai-sampai Watch Dogs 2 tak terjual sesukses game pertama meskipun game tersebut tak ada downgrade dan jauh lebih baik dari game pertama.