7 Easter Egg Nakal yang Tanpa Disadari Nongol di Video Game

Judy Alvarez Cyberpunk 2077

Rahasia baik detil maupun referensi atas sesuatu dalam video game atau yang lebih kita kenal dengan istilah Easter Egg tak jarang memotivasi kita para gamer untuk mencarinya. Bahwa developer terkadang emang iseng memasukkan barang pribadi maupun binatang yang mereka suka di dalam desain video game buatannya.

Beberapa Easter Egg tersebut memang terkadang mengundang gelak tawa, namun tak jarang juga justru bersifat nakal. Entah untuk memberikan fanservice bagi para penemunya, atau sekedar membuat agar gamenya “semakin imersif”. Bahwa apa yang kamu lakukan akan direspon NPC di sana.

Melalui daftar berikut, kami telah rangkumkan ragam easter egg nakal yang bisa kamu temukan atau secara tak sadar ada dalam gamenya.

Sebelumnya kami mengingatkan bahwa daftar berikut cukup tidak aman untuk dibaca di tempat ramai.

7. Destroy All Humans (Remake) – Mobil “Supranatural”

https://youtu.be/UgVYCz1b_ZM

Hadir dengan konsep invasi alien, Destroy All Humans (Remake) miliki detil easter egg nakal yang siapa sangka bakal mereka tambahkan yakni mobil supranatural. Kenapa “supranatural”? Karena mobil ini bergoyang di satu tempat tanpa adanya sesuatu yang menyentuhnya.

Jika kamu pergi di malam hari, maka akan ada orang yang mengintip ke dalam mobil untuk mencari tahu apa yang membuatnya bergoyang. Memastikan bahwa tidak ada makhluk gaib yang sedang iseng gangguin manusia.

6. Dead Rising – Mimisan

Dead Rising mungkin lebih cocok dikatakan sebagai game zombie dengan banyak kekonyolan. Kekonyolan tersebut hadir tak hanya dari segi gameplay, namun juga easter egg. Salah satunya adalah Frank yang bisa mimisan.

Sama seperti yang digambarkan di komik Jepang, Frank, tokoh utamanya bisa mimisan jika ia memotret cewek tepat di bagian tertentu. Rating “erot**” akan muncul saat ia memotret. Semakin lama Frank melakukannya, maka darah segar akan keluar dari hidungnya.

5. Grand Theft Auto V – Istri Michael

Grand Theft Auto V sebenarnya miliki banyak joke dan adegan yang tidak untuk dilihat anak kecil meskipun pada kenyataannya justru banyak anak kecil memainkan gamenya. Karena memang dibuat untuk dewasa, maka wajar apabila ia miliki ragam easter egg khusus dewasa yang termasuk nakal.

Salah satunya adalah adegan istri Michael, Amanda de Santa tengah menikmati hobi barunya. Easter egg ini cukup langka dan tak sering terjadi, oleh karenanya hanya pada momen tertentu saja ia akan bisa dilihat. Jika kamu datang dengan karakter selain Michael dan anaknya, maka Amanda akan santai saja, namun jika Michael yang datang, maka ia akan marah dan melemparnya dengan sesuatu.

4. Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty – Raiden Nakal

Misi penyusupan Raiden di Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty memang berbahaya, namun jika kamu teliti, maka kamu akan menemukan beberapa easter egg nakal. Salah satunya mengintip rok salah satu tawanan wanita. Ya, Raiden bisa melakukannya dengan menyusup ke bawah meja dan melihatnya.

Jika kamu terlalu lama melihatnya dan justru memotretnya, maka kamu akan dihubungi Rosemary dan dimarahinya. Raiden kemudian menanyakannya pada Colonel, namun alih-alih mengingatkan untuk menghapus fotonya, sepertinya ia juga ingin melihatnya. Mesum juga Anda.

3. Red Dead Redemption 2 – Ngintip Ya?

Ceritakan penjahat tak langsung membuat Red Dead Redemption 2 menjadi game tanpa moral. Namun kamu bisa melakukannya jika mau, ya semua telah dipersiapkan Rockstar.

Jika kamu pergi ke Valentine pada jam 3 pagi, maka kamu akan menemukan orang-orang tengah mengintip jendela, datangi, maka mereka akan pergi dan kamu bisa menikmatinya sendiri.

Sementara, pergi ke Strawberry di waktu yang sama akan berimu sebuah event serupa. Namun kali ini yang diintip bukan tanpa perlawanan, ia akan pergi mengambil shotgun dan bersiap menembakmu.

2. Watch Dogs – Bersihkan “Pipa”

Ubisoft sepertinya tahu apa yang ada di dalam pikiran para fans saat membuat Watch Dogs. Gamenya miliki ragam aktivitas yang bisa dilakukan player. Beberapa di antaranya tentu saja lakukan hacking dan melihat privasi para NPC-nya. Ubisoft menyebutnya dengan side-activity “Privacy Invasion” yang di map masuk dalam kategori “collectibles”.

Terdapat kurang lebih 30 “Privacy Invasion”. Namun bagi kamu yang ngga peduli, mungkin saatnya untuk peduli. Side activity simpan beberapa hal nakal di dalamnya. Aiden bisa pergi ke bagian kanan bawah map dan hacking sebuah router, dimana di sana terdapat sepasang suami istri yang tengah memulai sesuatu dengan pembersihan pipa.

1. Cyberpunk 2077 – Bokong Judy

Meski dari awal sudah sangat eksplisit, Cyberpunk 2077 miliki easter egg yang hanya akan muncul bila kamu melihat bokong Judy Alvarez, karakter cewek paling cantik di sepanjang gamenya. Pada sebuah misi penyelaman bersamanya, kamu yang telah dibriefing Judy bisa langsung menjalankan misimu atau berhenti berputar dan melihat bokong Judy.

Respon Judy akan beragam tergantung V pria atau wanita, mengingat ia sendiri adalah seorang lesb**n. Jika kamu V pria, ia akan tetap tenang dan bercanda denganmu, namun jika kamu V wanita, maka Judy akan menggodamu.


Easter Egg nakal di atas memang belum semuanya, namun setidaknya bisa memberikanmu gambaran bahwa tiap developer memang se-iseng itu. Kamu bisa dengan sengaja atau tak sengaja menemukannya, namun kadang kamu sendiri ngga sadar sebenarnya ia ada tapi tak menarik perhatianmu.

Jika dari daftar tersebut ada yang terlewat, tentu saja kamu bisa menambahkannya lewat kolom komentar di bawah. Tak ada salahnya untuk “berbagi” sesama gamer.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version