7 Emulator PS3 Terbaik untuk PC yang Hingga Kini Masih Dinanti Perkembangannya

in , ,
Emulator Ps3 terbaik

Langkanya kehadiran konsol Playstation 5 di pasaran telah memaksa penggemar untuk harus menghela nafas. Sambil menunggu deretan stok yang berangsur normal, memainkan game dari konsol-konsol sebelumnya pun menjadi opsi yang seyogyanya dipraktekkan.

Para fans playstation yang mungkin sudah terlanjur menjual konsol playstation lama mereka mungkin bisa kehabisan opsi dalam melakukan hal tersebut. Namun atas nama nostalgia, masih tetap ada jalan yang dapat dilakukan. Contohnya, melalui peran dari perkembangan emulator.

Mulai dari PS1 dengan ePXSe, PCSX2 untuk PlayStation 2, hingga PPSSPP emulator khusus untuk game-game PSP, seiring berjalannya waktu, PS3 pun akhirnya mendapat emulatornya sendiri. Banyak yang menilai bila emulator PS3 untuk PC itu terlalu rumit untuk dikembangkan. Hal itu pun tidaklah salah. Berkat arsitektur mesinnya yang tidak mudah untuk diterjemahkan, penyempurnaan Emulator PS3 sedniri memang selalu mengalami pengembangan yang begitu lambat.

Namun, tahun 2021 bukanlah tahun yang tak menghasilkan apa-apa. Kami punya deretan list emulator PS3 di PC yang hingga kini masih coba terus berkembang hingga diharapkan bisa dioperasikan secara sempurna sempurna. Mari simak listnya di bawah.


7. Ps3emu

Ps3emu merupakan satu Emulator PS3 yang memiliki fungsi untuk menghadirkan framework untuk porting game-game PS3 menuju x86_64 Linux dan berusaha untuk recompile sebanyak mungkin coding PS3 ke sistem x86.

Namun, dalam beberapa waktu belakangan Ps3emu seringkal dikeluhkan sebagai emulator mengandung virus. Sehingga ada baiknya bila kamu hanya perlu tahu saja terhadap emulator ini

.

6. ESX PS3

Walau diinformasikan masih dalam tahap pengembangan, emulator PS3 ESX punya misi yang cukup serius untuk meriset kembali perkembangan teknologi emulasi di suatu konsol. Dan hingga kini, sudah ada ratusan game PS3 yang cukup kompatibel untuk dimainkan. Sebagian besar pun berasal dari game-game eksklusif yang populer.

Namun yang perlu diingat, emulator ini perlu sekali dijalankan dengan spek PC yang tergolong cukup mumpuni. Minimumnya adalah sebagai berikut:

  • Windows 7 ke atas
  • Minimal 1GB RAM
  • CPU with 2.5 GHz Intel Processor dan di atasnya
  • GPU AMD/NVIDIA/Intel Direct X 10 GPU

 

5. RetroArch

RetroArch memiliki kelebihan sebagai emulator lintas platform. Jadi, ketika menggunakan RetroArch, kamu tak hanya bisa memainkan game-game PS3 saja, tapi juga game konsol sepantaran PS3 lainnya seperti Wii U dan Xbox. Bahkan sampai dari yang di bawah itu juga bisa.

Emulator PS3 yang bersifat open-source ini dapat digunakan pada platform seperti Windows (nantinya muncul di Steam), MACo, dan Linux, termasuk dalam perangkat umum lainnya yang digunakan untuk bermain game. Retroarch sendiri menghadirkan sejumlah fitur khusus, seperti pemberian shaders, rewinding, netplay, menerjemahkan bahasa dan masih banyak lagi.

 

4. Mednafen

Mednafen, yang dulu dikenal sebagai Nintencer adalah perangkat lunak gratis dengan multi-sistem SDL dan Open GL.

Mednafen hadir sebagai salah satu emulator PS3 yang perkembangannya patut diperhatikan karena keunggulannya untuk menyesuaikan tombol di konsol PS3 lalu memetakan kembali ke keyboard atau joystick.

 

3. Nucleus

Nucleus merupakan emulator PS3 open-source dan dikembangkan seorang diri oleh pria bernama Alexandro Sanchez atau lebih dikenal sebagai AlexAltea. Di tengah kemunculan Nucleus sebagai emulator PS3, AlexAltea juga sedang membangun emulator PS4 bernama Orbital.

Sayangnya hinga kini, AlexAlta tak lagi terus mengembangkan Nucleus dan lebih fokus untuk menggarap emulator Orbital.

 

2. Short Waves

Short Waves merupakan emulator PS3 yang dikembangkan oleh InoriRus sejak tahun 2012. Emulator ini termasuk freeware dan masih sedang aktif dikembangkan. Ia dikenal mampu cuma bisa menjalankan beberapa homebrew apps serta program tes yang cukup rumit hingga sulit dilakukan oleh RPCS3 sekalipun.

 

1. RPCS3

Ini dia emulator yang tidak bisa diganggu-gugat merupakan yang terbaik saat ini. RPCS3 bisa dibilang adalah yang terdepan bagi orang-orang yang membutuhkan emulator PS3 tanpa lag di PC Windows atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni.

Cara download dan setting RPCS3 pun cukup sederhana.

  • Pertama, download software emulator bernama “RPCS3”.
  • Kemudian download “LLE Modules” untuk kelengkapan emulator PS3 RPCS3.
  • Buka emulator RPCS3. Klik config lalu setting. Di situ, enable 4 file berikut yaitu libresc.prx, librtc.prx, libsre.prx dan libspurs_jq.prx
  • Lalu klik tab graphic dan pilih kartu VGA yang akan dipakai pada kolom “D3D Adapter“. Pilih VGA yang kamu miliki. Sementara untuk render, bisa disesuaikan dengan Spesifikasi PC.
  • Terakhir, Download “Firmware PS3”, kemudian Install melalui Menu-Tools-Install Firmware.

Setelah itu, kamu bisa menikmati beragam game-game PS3 di Windows. Sejauh ini, baru ada ratusan game PS3 yang dapat kamu mainkan dengan lancar walau beberapa masih terkendala adanya bug dan Glitch.

Artikel ini diterbitkan pertama kali di Dunia Games dengan judul “Inilah Rekomendasi 7 Emulator PS3 Terbaik Untuk PC Windows. RPCS3 Paling Terdepan!” yang ditulis oleh Doni Jaelani.

Nah itulah deretan emulator PS3 yang di tahun 2021 ini masih tetap eksis serta dikembangkan. Untuk saat ini, kami tentu lebih menyarankan emulator RPCS3 sebagai emulator terdepan yang bisa menawarkan pengalaman terbaik bermain game-game PS3 di. Dari list di atas, adakah Emulator lain di luar jangkauan yang kalian rasa juga merasa perlu untuk dibahas ?


Baca pula informasi lain terkait Emulator PS3, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.