7 Fakta Tentang SOLDIER Final Fantasy VII yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

in
Soldier Ffvii Remake
Soldier Ffvii Remake

Menjadi salah satu game JRPG paling ikonik di masanya, Final Fantasy VII bisa dibilang cukup sukses menghadirkan rangkaian cerita yang kompleks namun epic dan emosional di saat yang bersamaan. Dan kehadiran Final Fantasy VII Remake yang rilis pada bulan Apri lalu bisa dipastikan akan menghidupkan kenangan dan nostalgia para fans yang merindukan petualangan Cloud dan kawan-kawan.

Namun pada kesempatan kali ini, saya ingin berbicara tentang organisasi militer elite yang kamu temui bahkan kamu lawan dalam sepanjang permainan Final Fantasy VII, klasik ataupun Remake. Ya, saya berbicara tentang SOLDIER yang miliki peran cukup penting dalam dunia yang dibangun dalam semesta Final Fantasy VII.

Tentu kita tahu akan sang protagonis, Cloud Strife yang mengklaim dirinya sebagai mantan SOLDIER. Bahkan sang antagonis utama, Sephiroth sendiri juga merupakan SOLDIER sebelum menjadi antagonis utama Final Fantasy VII. Tentu menarik ketika dua karakter oposisi ini sempat memiliki afiliasi yang sama, dan secara tidak lansgung menunjukkan bahwa SOLDIER tidak hanya sekadar pasukan militer elite biasa.

Maka dari itu, agaknya menarik jika kita mengulik sekilas tentang hal-hal yang melingkupi SOLDIER dalam semesta Final Fantasy VII. Berikut 7 fakta tentang SOLDIER yang mungkin belum kamu ketahui.


1. SOLDIER adalah organisasi militer swasta

Walau memang banyak SOLDIER yang tersebar Midgar untuk menjaga keamanan, mereka bukanlah tentara milik pemerintah, namun semacam organisasi tentara swasta atau pribadi yang dimiliki oleh Shinra. Dalam hal ini, SOLDIER lebih menjawab dan mengikuti kepentingan dan agenda Shinra daripada kepentingan publik.

Kita memang tidak melihat bentuk pemerintahan seperti apa yang dimiliki Midgar, kecuali sang Mayor, Domino yang terpaksa tunduk dibawah Shinra. Sehingga bisa diasumsikan bahwa Shinra secara tidak langsung mengambil alih komando pemerintahan demi keberlangsungan perusahaan dan ambisinya.

2. Hanya ada 3 kelas SOLDIER

Anggota SOLDIER hanya memiliki 3 kelas atau jabatan, mulai dari yang tertinggi yakni 1st Class, 2nd Class dan yang terendah 3rd Class. Karakter seperti Sephiroth, Genesis dan Angeal merupakan 1st Class SOLDIER, kemudian Zack dalam awal permainan Crisis Core sudah menjadi 2nd Class SOLDIER, tidak ketinggalan Roche atau sang Speed Demon yang berada dalam 3rd Class SOLDIER.

Ketiga jabatan tersebut secara umum bisa dibedakan melalui warna seragamnya; 1st Class mengenakan seragam warna hitam, 2nd Class mengenakan seragam berwarna merah dan 3rd Class mengenakan seragam warna ungu. Terlepas dari itu, 1st Class nampaknya diberikan kebebasan untuk memodifikasi seragamnya, seperti Sephiroth dan Genesis yang mengenakan jubah.

Tiap kelas tentu memiliki signifikansi tugas atau misi yang berbeda-beda. 1st Class SOLDIER biasanya hanya akan diturunkan untuk menjalankan misi yang benar-benar berbahaya atau vital bagi Shinra. 2nd Class dan 3rd Class SOLDIER biasanya memiliki misi yang cenderung tidak berbeda; diturunkan secara bersamaan, membantu misi 1st Class SOLDIER dan Shinra Peacekeeping Troops.

Sebagai catatan, tidak jelas apakah kandidat SOLDIER harus menjadi bagian dari Shinra Peacekeeping Troops terlebih dahulu. Pada Final Fantasy VII klasik, diperlihatkan flashback dimana Cloud menyatakan bahwa ia tidak berhasil menjadi SOLDIER dan hanya menjadi prajurit rendahan biasa bagi Shinra.

3. Anggota SOLDIER bukan manusia biasa

Walau memang kelihatan biasa saja dalam permainannya, semua anggota SOLDIER sesungguhnya bukanlah manusia biasa. Selain menjalani pelatihan ala militer pada umumnya, semuga anggota SOLDIER ‘diwajibkan’ terpapar energi Mako yang membuat mereka lebih kuat dan mampu bergerak lebih cepat daripada manusia biasa.

Dalam permainannya, terdapat dialog-dialog yang menyebutkan bahwa Cloud memiliki warna mata yang ‘indah’ berkilau. Warna tersebut merupakan efek dari paparan energi Mako dan bisa dibilang hal yang sangat normal terjadi bagi SOLDIER.

4. Semua anggota SOLDIER bisa melakukan Limit Break

Masih sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, akibat paparan energi Mako, penguatan genetik dan perawatan-perawatan khusus, semua SOLDIER pada umumnya bisa melakukan Limit Break, dimana para SOLDIER bisa mengeluarkan kekuatan yang lebih hebat lagi, biasanya ketika berada dibawah tekanan namun tidak menyerah dalam pertempuran.

Konsep Limit Break sendiri secara teknis baru dikenalkan pada Final Fantasy VI. Dalam Final Fantasy VII klasik, kita bisa melihat Cloud yang melakukan serangan Omnislash, atau pada Crisis Core dimana Zack mampu meniru kemampuan yang dimiliki oleh musuh-musuh yang pernah dilawannya.

5. Anggota SOLDIER dijadikan percobaan eksperimen rahasia

Selain sebagai tukang pukul bagi Shinra, anggota SOLDIER juga kerap dijadikan percobaan untuk berbagai eksperimen. Kamu mungkin mengetahui professor Hojo sebagai salah satu antagonis Final Fantasy VII, dimana ia merupakan ujung tombak eksperimen-eksperimen yang terjadi di Shinra, terutama soal SOLDIER dan Jenova..

Sebagai contoh, Sephiroth dan Genesis yang menjadi SOLDIER terkuat saat itu merupakan hasil eksperimen yang melibatkan sel-sel Jenova. Begitu juga dengan Cloud dan Zack di Crisos Core, dimana pasca insiden Nibelheim, professor Hojo menjadikan mereka berdua eksperimen berikutnya terkait Jenova selama 4 tahun. Akibat eksperimen tersebut, Cloud mengalami kelumpuhan ketika Zack mencoba menyelamatkannya keluar dari laboratorium tempat mereka dijadikan eksperimen.

Pada mode online Dirge of Cerberus, terdapat juga SOLDIER hasil eksperimen tidak manusiawi dengan nama The Restrictor. Dipersenjatai dengan Gunblade, The Restrictor sempat menjadi pemimpin divisi Deepground milik Shinra sebelum diambil alih oleh Weiss dan Tsiviets.

6. Turks bukan bagian dari SOLDIER

Diperlihatkan sebagai sekelompok orang berbaju rapih sambil memimpin pasukan SOLDIER ataupun Shinra Peacekeeping Troops, Turks sesungguhnya bukanlah bagian dari organisasi SOLDIER.. Turks bisa dibilang divisi intel milik Shinra, dimana tugas-tugasnya sendiri meliputi pengawasan, pengintaian, espionase, menculik bahkan membunuh. Walau demikian, Turks juga bertugas mencari kandidat yang berpotensial menjadi SOLDIER.

Secara umum anggota Turks tidak lebih kuat daripada anggota SOLDIER, karena anggota Turks  sendiri tidak menjalani proses terkena paparan Mako ataupun penguatan genetik. Walau demikian, tentu kita bisa melihat anggota Turks seperti Reno dan Rude memiliki kemampuan-kemampuan tidak biasa yang mungkin membuatmu kewalahan saat melawan mereka.

7. SOLDIER pada event Final Fantasy VII berada dalam kondisi lemah

Pada cerita Crisis Core, terjadi banyak pemberontakan akibat Genesis yang membelot karena ia mengetahui betapa busuknya Shinra yang melakukan eksperimen kepadanya. Anggota SOLDIER yang merasa bahwa mereka juga bisa dijadikan eksperimen akhirnya membelot dan bergabung dengan Genesis untuk berperang dengan Shinra.

Pada Final Fantasy VII, kamu mungkin menyadari bahwa lebih banyak Shinra Peacekeeping Troops daripada anggota SOLDIER yang kita lawan. Hal ini tentunya juga terlihat tidak adanya anggota SOLDIER yang terlihat unik selain Roche, bahkan tidak disebutkan apakah Shinra masih memiliki 1st Class SOLDIER setelah Sephiroth dan Genesis membelot, serta Angeal dan Zack yang tewas.

Itulah 7 fakta yang mungkin tidak kamu ketahui tentang SOLDIER dari game Final Fantasy VII. Kalo kamu tahu fakta-fakta unik lainnya soal SOLDIER atau Final Fantasy VII secara umum, langsung aja kasih tahu kita ya!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Final Fantasy VII atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]