7 Franchise Game RPG Terbaik Sepasang Masa, Wajib Dimainkan!

Rpg

Role Playing Game (RPG) adalah sebuah genre game dimana pemain memainkan karakter dan berpetualang dalam dunia tersebut. Banyak sekali game RPG yang telah rilis dan genre ini juga memiliki banyak Sub-genre seperti Action RPG, JRPG, Tactical RPG, dan sub genre RPG lainnya.

Banyak dari game RPG yang ada memiliki sequel ataupun prequel sehingga menjadikan game tersebut sebuah Franchise. Pada artikel kali ini, kami akan membahas 7 Franchise Game RPG terbaik sepanjang masa versi penulis. Urutan dalam artikel ini tidak menjadi patokan bahwa nomor satu merupakan yang terbaik, namun hanya sebagai pengurutan saja.

1. Suikoden Series

7 Franchise Game RPG Terbaik Sepasang Masa, Wajib Dimainkan! 8

Franchise ini merupakan salah satu franchise andalan Konami. Suikoden merupakan game JRPG yang berkisah tentang seorang Tenkai Star yang berbeda di setiap serinya. Namun setiap seri memiliki hal yang sama, yaitu karakter utama yang merupakan Tenkai Star dalam Star of Destiny dan melawan kerajaan jahat serta mengumpulkan 108 Star of Destiny.

Dan yang menariknya, pada setiap seri kalian akan menemukan karakter yang juga hadir di seri sebelum ataupun sesudahnya. Timeline setiap seri juga berbeda, ada seri yang berkisah di masa lalu dan juga di masa depan sehingga pengembangan dunianya juga sangat besar.

Game ini merupakan game yang sangat seru dimainkan karena setiap seri memiliki hubungan satu sama lain. Game ini juga memiliki Spinoff lainnya seperti Genso Suikoden, Suikoden Tierkries dan Suikoden Tactics. Namun sayangnya, seri ini sudah tidak dilanjutkan lagi karena pengembang seri ini sudah tidak di Konami lagi.

Akan tetapi, para pengembang tersebut sekarang sedang mengembangkan game baru yang akan menjadi Spiritual Successor dari Franchise ini dengan judul Eiyuden Chronicle. Bagi kalian yang sangat senang memainkan game RPG dengan world building yang bagus, game ini wajib kalian mainkan! Benar – benar salah satu game RPG Terbaik yang pernah ada!

2. Final Fantasy

7 Franchise Game RPG Terbaik Sepasang Masa, Wajib Dimainkan! 9

Siapa yang tidak tau dengan game RPG yang satu ini. Franchise ini sangat terkenal bahkan menjadi Wajah untuk Genre JRPG hingga sekarang. Final Fantasy memiliki 15 seri game utama, dan banyak sekali Spinoff game. Bahkan salah satu Spinoff game ini juga menjadi Franchise sendiri karena cukup populer.

Pada awalnya game ini dikembangkan sebagai usaha terakhir oleh Hironobu Sakaguchi, sang Creator Franchise ini. Jika game ini tidak populer, maka beliau akan berhenti dari industri video game dan kembali ke universitas untuk melanjutkan pendidikan.

Ternyata game ini sangat populer ketika rilis dan melahirkan seri – seri lainnya. Dan pada tahun ini, Final Fantasy XIV merupakan game MMORPG terpopuler dan bahkan sempat sold out. Seri game lainnya juga memiliki kepopuleran yang sangat tinggi, seperti Final Fantasy VII yang dapat dikatakan sebagai kebanggaan Franchise ini dan memiliki banyak Spinoff mulai dari Anime, Film, bahkan game Battle Royale yang baru saja rilis beberapa waktu lalu.

Prestasi – prestasi tersebut tentunya membuat Franchise ini benar – benar menjadi salah satu Franchise terbaik yang pernah ada. Hingga tahun ini, Franchise ini memiliki lebih dari 20 Game dan kalian dapat memulai dari seri mana saja karena setiap seri berlokasi di dunia yang berbeda.

3. The Elder Scrolls

7 Franchise Game RPG Terbaik Sepasang Masa, Wajib Dimainkan! 10

Serial Game ini tentunya wajib masuk list RPG terbaik. Hal ini karena The Elder Scrolls memiliki world building yang sangat bagus dan juga kebebasan dalam berpetualang. Seri pertama game ini memberikan map yang sangat luas sehingga pemain tidak dapat melakukan perjalanan secara manual dari kota A menuju kota B.

Setiap seri memiliki waktu yang berbeda, namun berlokasi di satu benua yang sama yaitu Tamriel. Seri pertama merupakan gabungan dari berbagai daerah yang ada pada Tamriel. Tamriel terbagi dari berbagai daerah dan setiap seri selanjutnya berlokasi di masing – masing daerah tersebut.

Seri kedua game ini yaitu Daggerfall berlokasi di Selat antara Hammerfell dan High Rock. Seri ketiga yaitu Morrowind berlokasi sesuai dengan nama gamenya yaitu Morrowind. Oblivion yang merupakan seri selanjutnya berlokasi di Cyrodiil yang merupakan provinsi paling tengah di Tamriel. dan seri ke-5 yaitu Skyrim berlokasi di daerah Skyrim sesuai dengan judul gamenya.

Tidak hanya itu saja, Elder Scrolls juga memiliki beberapa spin-off seperti Redguards dan Battlespire. Spin-off ini tidak begitu disukai para fans sehingga sering terlupakan.

Dan tentunya sama seperti Final Fantasy, The Elder Scrolls juga memiliki Game MMORPG dengan judul The Elder Scrolls Online yang berlokasi di berbagai daerah yang ada di Tamriel. Game ini cukup populer dan hingga sekarang masih ramai dimainkan oleh para fans seri ini.

4. Tales Series

7 Franchise Game RPG Terbaik Sepasang Masa, Wajib Dimainkan! 11

Tales series merupakan serial JRPG yang dirilis oleh Bandai Namco. Seri ini awalnya rilis pada tahun 1995 dan terus merilis game baru hingga sekarang. Pada tahun 2021 ini, Bamco merilis game Tales terbaru dengan judul Tales of Arise.

Setiap seri tidak begitu memiliki hubungan satu sama lain sehingga pemain dapat memainkan game ini dari seri manapun. Kesamaan antar seri yang terlihat adalah gameplay dan tema fantasy yang sangat melekat kuat.

Game ini masuk dalam list ini karena memiliki Story yang bagus dan juga memiliki gameplay yang sangat khas. Bahkan serial ini memberikan nama sistem pertarungan dalam serial Tales dengan nama Linear Motion Battle System dan digunakan di setiap seri.

Game ini pada awalnya hanya populer di Jepang saja. Banyak pemain yang tidak begitu mengikuti serial ini, namun seiring berjalannya seri ini, Tales series menjadi sangat populer dikalangan pemain game RPG di seluruh dunia.

5. Fallout Series

7 Franchise Game RPG Terbaik Sepasang Masa, Wajib Dimainkan! 12

Fallout adalah RPG yang dikembangkan oleh Bethesda Studio. Game ini bertemakan Post-apocalype dengan sentuhan Retro-future, dan berada pada pertengahan abat ke-22 setelah peperangan nuklir skala global.

Game ini sangat seru dimainkan karena memiliki kebebasan untuk bermain. Pemain dapat menciptakan karakter dengan spesialis tertentu serta seluruh stats yang ada pada game ini memiliki kegunaan masing – masing.

Tidak hanya itu saja, setiap game dalam seri ini memliki lore yang berhubungan serta pemain dapat memilih untuk bergabung dengan faksi manapun yang ada didalam game. Ending game juga akan berubah tergantung dari pilihan pemain selama permainan.

Seri ini memiliki MMORPG yaitu Fallout 76. Meskipun MMORPG game ini mengalami beberapa permasalahan, tidak ada salahnya untuk mencicipi game ini jika kalian sudah tertarik untuk memainkan Serial Fallout.

6. Souls Series

7 Franchise Game RPG Terbaik Sepasang Masa, Wajib Dimainkan! 13

Tentu saja game yang terkenal dengan kesulitannya akan masuk pada list Game RPG Terbaik ini. Souls series adalah game Action RPG yang dikembangkan oleh FromSwoftware. serial ini dimulai dengan perilisan Demon’s Souls pada tahun 2009.

Pada awalnya game ini dianggap gagal pada perilisan di Jepang. Namun game ini cukup digemari secara global karena tinggkat kesulitannya. Dan setelah sukses secara global, Dark Souls Trilogy menjadi sequel dari game ini.

Game ini memiliki gameplay yang dianggap sulit oleh banyak orang. Namun inilah yang menjadi ciri khas dari Souls Series. Game ini bahkan menciptakan sub-genre tersendiri dengan nama Souls-like game dimana game yang memiliki gameplay yang mirip serial ini serta memiliki tingkat kesulitan yang tinggi masuk dalam kategori sub-genre ini.

7. Shin Megami Tensei Series

7 Franchise Game RPG Terbaik Sepasang Masa, Wajib Dimainkan! 14

Shin Megami Tensei merupakan game JRPG yang dikembangkan oleh Atlus. Pada awalnya game ini dirilis oleh Bandai Namco, namun seiring perjalanan waktu Atlus telah memiliki IP dari serial ini.

Serial ini awalnya diangkat dari novel dengan judul Digital Devil Story oleh Aya NIshitani, yang merupakan salah satu pencipta serial SMT. Serial ini memiliki banyak sekali judul game dan hampir semuanya tidak berhubungan satu sama lain.

Cirikhas dari game ini tentunya memiliki ending bercabang dimana pilihan pemain akan berpengaruh kepada jalan cerita serta Monster yang disebut Demon yang membantu pemain dalam pertarungan. Element seperti filosofi, agama, science dan fiksi juga sangat kental dalam game ini.

Semua game SMT memiliki satu kesamaan, yaitu Demon. Demon (atau Persona pada seri SMT: Persona) adalah makhluk gaib yang dapat direkrut untuk membantu pemain dalam permainan. Demon dalam seri ini banyak yang berhubungan dengan mitologi. Setiap seri memiliki Demon yang sama, namun beberapa seri memiliki Demon khusus yang hanya ada pada seri tersebut.

Game ini sangat populer di jepang dan dikenal dengan gameplay yang sulit, music yang bagus, serta kontroversi dari sisi konten yang dewasa, serta penggunaan elemen elemen yang religius.

Nah, itulah list 7 Franchise RPG terbaik sepanjang masa versi gamebrott. Franchise game RPG ini tentunya tidak asing ditelinga para gamer. Apakah kamu telah memainkan game – game tersebut, brott? Atau apakah game favoritmu masuk dalam list ini?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version