7 Game 8-Bit Ringan untuk PC Kentang Ini Harus Kamu Coba!

in
Pc Kentang Thumbnail
Pc Kentang Thumbnail

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, membuat video game menjadi salah satu aspek perkembangan teknologi masa kini. Para developer video game berusaha untuk memanjakan player dengan meningkatkan kualitas game mereka. Dengan memberikan player pilihan berbagai macam genre, teknologi, hingga tampilan visual dari game yang mereka kembangkan untuk menambah kualitas permainan para gamer nantinya.

Meskipun begitu, di lain sisi, tampilan visual 8-bit seolah tak lekang oleh waktu dan masih memiliki penggemarnya sendiri. Memiliki karakteristik dan tampilan visual ringan, game 8-bit tak membutuhkan resource tinggi untuk dimainkan membuat game 8-bit dapat dimainkan di PC manapun bahkan dengan PC berspesifikasi rendah sekalipun atau yang biasa kita sebut “PC kentang”.

Hingga saat ini, masih banyak developer video game yang fokus mengembangkan game dengan tampilan 8-bit. Dengan kemasan menarik dan fitur yang seru, membuat game 8-bit garapan masa kini bisa bersaing dengan game tampilan visual lainnya. Berikut 7 game 8-bit dengan grafik ringan yang kamu harus coba!

1. Littlewood


Kebanyakan video game memiliki alur cerita maju ke depan. Tapi Littlewood menyajikan alur cerita mundur, tidak seperti game RPG biasanya. Kamu bermain sebagai hero di kota ini, kamu dapat berinteraksi dengan penduduk desa yang akan memberimu quests, dimana tiap quests akan membuka base story dari game ini. Sembari menjalankan misi, kamu akan mendapat atau menemukan resources yang bisa kamu gunakan untuk membangun desa. Dengan tampilan visual yang ringan, gameplay unik yang diberikan Littlewood cocok buat kamu yang menyukai game RPG sekaligus Simulasi!


2. Stardew Valley

Bagi penggemar game legendaris Harvest Moon, kamu pasti akan langsung paham dengan gameplay yang ditawarkan oleh Stardew Valley! Game RPG dan simulasi ini akan mengajak kamu bernostalgia dengan suasana pedesaan yang di setting oleh Stardew Valley. Kamu bermain sebagai cucu yang diwariskan perkebunan milik mendiang kakeknya, akhirnya pulang ke desa karena penat dengan suasana kota. Player akan mengurus kebun dan hewan ternak, berinteraksi dengan penduduk desa dan nantinya menikahi salah satu warga desa untuk menjadikannya keluarga kamu untuk hidup bersama. Eits, tunggu dulu, fitur terbaru dari Stardew Valley juga memungkinkan kamu untuk bermain multiplayer hingga 3 player loh!


3. Cattails


Pernah kepikiran gimana rasanya jadi kucing? Main Cattails bisa bikin mimpimu terwujud! Di Game RPG unik ini kamu akan menjadi seekor kucing liar dengan tujuan bertahan hidup di tempat kamu tinggal. Punya Gameplay seperti Stardew Valley, player tetap akan merasakan pengalaman yang berbeda saat kamu berinteraksi dengan kucing di “kampung”-mu, kamu berburu untuk makan, merebutkan wilayah dengan kucing kampung sebelah hingga menikahi kucing sampai punya anak kucing yang lucu-lucu!


4. Traveller’s Rest

Sebuah penginapan yang tidak terurus dan nasib-nya ada di tangan kamu! Di Traveller’s Rest, kamu bermain sebagai pemilik yang mengelola penginapan sekaligus kedai dimana kamu punya kebun anggur sendiri untuk memproduksi minuman yang akan kamu jual nantinya. Player juga bisa berinteraksi dengan pelanggan. Traveller’s Rest cocok buat kamu yang suka mengelola tempat dan juga hubungan dengan pelanggannya!


5. The Escapist 2


Sukses dengan seri pertamanya, kini Team17 Digital Ltd merilis The Escapist 2! Game RPG dimana kamu akan menjadi tahanan di penjara yang dikawal ketat, player akan diberikan macam-macam resources yang menjadi alat dalam strategi mu untuk kabur dari penjara. Meskipun gameplay nya sama, tambahan fitur baru di seri kedua ini memungkinkan player untuk bermain secara multiplayer dengan split-screen! Buat kamu yang mau main bareng teman dengan game ringan, The Escapist 2 ini wajib kalian coba!


6. Graveyard Keeper

Buat kamu yang bosan dan mencari game yang menantang, adu nyali kamu menjadi Penjaga Kuburan dengan bermain Graveyard Keeper! Game RPG sekaligus simulasi yang memiliki setting mencekam abad pertengahan, tugasmu adalah mengelola serta mengatur kuburan hingga mengurus mayat. Selain itu, player bisa memilih untuk mengambil quest atau menjelajahi dungeon tersembunyi di game ini!


7. Papers, Please


Sesuai dengan namanya, Papers, Please diangkat dari film dokumenter pendek distopia, tentang negara Arstotzka yang bermusuhan dengan negara tetangga. Kamu bermain sebagai petugas imigrasi di pos pemeriksaan titik perbatasan dimana kamu bertugas untuk mengecek semua paspor imigran. Tugasmu untuk menolak atau memperbolehkan warga negara mana saja yang boleh lolos sesuai dengan dokumen yang mereka bawa. Papers, Please cocok buat kamu yang suka game simulasi sekaligus teka-teki dalam permainan.

Itu 7 game 8-bit ringan yang harus kamu coba! Didominasi dengan genre RPG sekaligus Simulasi, game berikut memiliki gameplay unik, kamu juga tidak butuh PC dengan spesifikasi yang tinggi untuk bermain game diatas. Apakah kamu memiliki rekomendasi lain selain daftar game diatas? Kasih saran, pendapat dan komentar kamu di kolom komentar yuk!

Avatar

Written by Utari