7 Game Action Shooter Dengan Kebebasan Aksi Manuver saat Menembak

in
Img 28062020 190036 (800 X 450 Pixel)

Pada game shooter, pergerakan yang anda lakukan dapat mempengaruhi hidup atau matinya karakter yang anda kontrol saat itu juga, oleh karena itu semakin ‘luwes’ anda bergerak, kemungkinan bertahan hidup anda juga semakin besar. Pergerakan standar yang ada pada sebagian besar game shooter modern adalah strafe, sprint, jump, crouch dan prone, sisanya anda harus bisa beradaptasi pada kontrol yang terbatas ini. Meskipun sedikit, ada beberapa game shooter yang memberi anda kontrol lebih kepada pergerakan karakter sehingga anda bisa memiliki manuver lebih luas dalam menghindari atau menyerang, berikut adalah 7 game shooter dimana anda bisa bermanuver lebih banyak dari game sejenisnya.


1. Max Payne series

Img 28062020 185932 (800 X 450 Pixel)Max Payne menceritakan kisah seorang polisi bernama Max yang harus menempuh jalur yang ‘tidak biasa’ dalam memberi hukuman kepada para kriminal: tembak dulu baru bertanya. Max memiliki kemampuan diatas rata-rata manusia normal dimana dia dapat memompa adrenalin atas keinginannya sehingga dapat meningkatkan fokus, ditambah kemampuannya dalam melakukan berbagai manuver taktis, Max menjadi ancaman nyata bagi siapapun yang memusuhinya. Dalam gamenya, player bisa menggunakan kemampuan Max yang disebut bullet time yang menyebabkan waktu terasa lambat sehingga anda bisa membidik lebih akurat, anda juga bisa membuat Max melakukan berbagai manuver untuk menghindari atau memberikan serangam yang untungnya dapat dilakukan dengan kontrol yang sederhana.


2. Superhot

Img 28062020 190023 (800 X 450 Pixel)Superhot merupakan salah satu game FPS paling fresh selama satu dekade ini, dengan kombinasi FPS dan puzzle, Superhot menyajikan FPS taktis dengan nuansa estetik. Game ini memiliki mekanisme time flow dimana waktu melambat saat anda diam, dan akan ‘bergerak’ kembali saat anda bergerak, situasi ini memberi anda waktu untuk memikirkan cara terbaik bertahan dari serangan lawan yang selalu berkelompok dan bisa membunuh anda dengan satu serangan. Untungnya anda bisa bergerak dengan ‘luwes’ di game ini terlebih saat anda memainkannya via VR, anda pun bisa menggunakan berbagai macam senjata mulai dari tinju, pistol, shotgun, riffle, hingga benda disekitar anda.


3. My Friend Pedro

Img 28062020 190011 (800 X 450 Pixel)

My Friend Pedro merupakan game shooter-indie yang asik dan mampu menghadirkan sensasi baku tembak yang memuaskan. Game ini sepertinya terinspirasi dari beberapa icon populer seperti Deadpool, Max Payne, The Matrix dsb. dan hasilnya tentu saja sangat keren, game ini ibarat Max Payne, namun 2D. Pedro memiliki kemampuan akrobat yang dapat anda manfaatkan untuk menghindari serangan, menggapai platform tinggi, dan tentu saja: memberikan serangan desktruktif dan keren kepada lawan anda. Setiap level pun didesain untuk memaksimalkan kreatifitas dan kemampuan berpikir taktis yang anda miliki sehingga anda tidak akan bosan untuk mengulang suatu level lagi dan lagi.


4. Titanfall 2

Img 28062020 190031 (800 X 450 Pixel)Titanfall pertama adalah salah satu game yang berhasil menaikkan ‘derajat’ genre FPS ke tingkat yang lebih tinggi, dengan berbagai inovasi, Titanfall 2 siap memanjakan penggemar FPS baik yang hardcore maupun casual. Salah satu fitur ikonik dari Titanfall adalah hadirnya situasi baku tembak secara vertikal, dengan bantuan dari Pilot Suit, player mampu bergerak bebas ke segala arah sehingga meningkatkan mobilitas yang berdampak pada kemampuan menghindar dan menyerang yang player miliki. Anda juga memiliki Titan, robot raksasa yang bisa anda kontrol untuk memberikan serangan masif ke Pilot lain, tanpa Pilot Suit, Titan akan menjadi mekanisme gameplay yang merusak jalannya permainan.


5. Resident Evil 6

Img 28062020 185939 (800 X 450 Pixel)Andaikata Capcom tidak menghambat unsur aksi pada RE6 dengan karakter yang rapuh, banyaknya QTE, dan mekanisme kontrol yang aneh, Resident Evil 6 akan menjadi game aksi yang solid. Game ini menghadirkan manuver yang luas pada karakter sehingga player bisa melakukan beragam tactical movement yang akan memudahkan player dalam melawan musuh. Fitur seperti melee combo, eksekusi, evade, stance dll. akan membantu player menghindari serangan zombie dan J’avo yang brutal. Karena manuver yang beragam ini, seharusnya zombie tidak dimasukkan dalam enemy list dari RE6 karena akan terasa sangat OP saat melawan mereka.


6. Control

Img 28062020 185959 (800 X 450 Pixel)

Control adalah game TPS yang diracik oleh Remedy Entertainment,  studio dibalik game Max Payne dan Alan Wake, dan sampai saat ini menjadi yang tersukses dari game Remedy lainnya. Game ini mengkombinasi berbagai elemen dari game Remedy sebelumnya seperti mekanisme shooting dari Max Payne, plot supernatural dari Alan Wake, dan kekuatan super dari Quantum Break, hasilnya tentu saja sangat mengagumkan. Anda akan berperan sebagai agen FBC yang mampu menggunakan kemampuan bernama Control Point, melalui kemampuan ini anda bisa terbang, menggunakan telekinesis, bahkan membuat pelindung dari objek sekitar anda.


7. Arma 3

Img 28062020 185947 (800 X 450 Pixel)Sebagai game simulasi militer dan rilis ekslusif di PC, Arma 3 memanfaatkan kompleksitas kontrol di PC untuk menghasilkan game FPS paling realistis. Salah satu fitur yang mencolok dari Arma 3 adalah pergerakan karakter pada game ini, dengan keyboard yang lebih kompleks dari controller, anda bisa menggerakkan hampir seluruh anggota tubuh prajurit pada game ini mulai dari kaki, tangan, punggung, bahkan leher. Pergerakan luwes ini tentu saja akan memberi keuntungan taktis bagi player dalam melawan musuh.G

Avatar

Written by rafi3l