7 Game Ala Harvest Moon yang Tak Kalah Seru!


Follow Us

Siapa yang tak mengenal Harvest Moon? franchise game simulasi berternak dan berkebun ini tentu telah melekat kuat di ingatan. Harvest Moon mampu jadi judul game yang siap membuat para pemainnya terpaku di layar selama berjam-jam lamanya.

Nulis artikel dibayar

Kesuksesan Harvest Moon tentunya telah memberikan dampak bagi para developer lainnya untuk ikut menciptakan game dengan tema dan formula serupa. Benar saja, sebagian dari developer tersebut mampu menghadirkan daya tariknya tersendiri melalui game racikannya. Dan berikut ini adalah 7 game ala Harvest Moon yang tak kalah menarik dan seru untuk dimainkan.

7. Aquaculture Land (PC)

Aquaculture Land merupakan sebuah game manajemen pengelolaan budidaya ikan air tawar racikan developer lokal – Maulidan Games. Game yang dibalut dengan visual pixel art 2D tersebut memiliki mekanik sandbox, dalam Aquaculture Land, kalian akan menjadi seorang pengusaha budidaya ikan air tawar. Dimana kalian harus mengelola semua hal yang berhubungan dengan perikanan, mulai dari menghasilkan ikan dengan kualitas tinggi, hingga melakukan penjualan demi mendapatkan keuntungan.

6. World’s Dawn (PC)



Bisa dibilang bahwa World’s Dawn merupakan sebuah game yang punya elemen dan mekanisme paling serupa dengan Harvest Moon. Dalam game tersebut kalian akan berperan sebagai petani sekaligus peternak di sebuah desa bernama Sugar Blossom. Bahkan sang developer – Wayward Prophet sendiri mengaku bahwa game racikannya tersebut sangat terinspirasi dari  Harvest Moon

BACA JUGA  Peduli dengan Jomblo, Steam Adakan Event Singles' Day Sale

5. Animal Crossing: New Leaf (Nintendo 3DS)

Animal Crossing: New Leafmerupakan sebuah game simulasi yang memungkinkan kalian untuk berperan sebagai farmer. Selain berternak dan bercocok tanam, sesuai dengan judulnya, Animal Crossing: New Leaf juga akan berfokus pada sistem hewan peliharaan.



Dimana kalian dapat memelihara berbagai hewan paliharaan menggemaskan untuk membantu tiap aktifitas. Menariknya lagi, pada ajang E3 2019 lalu, Nintendo mengumumkan sequel game tersebut melalui Animal Crossing: New Horizons yang siap meluncur tahun 2020 mendatang.

4. Don’t Starve Together (PC, PlayStation 4, & Xbox One)



Game Racikan Klei Entertainment ini mungkin adalah gambaran paling tepat jika Harvest Moon dibalut dengan elemen survival didalamnya. Dalam dunia yang dipenuhi zombie, kalian harus bertahan hidup dengan cara membangun rumah dan mengumpulkan bahan pangan dari bercocok tanam ataupun memanfaatkan lingkungan sekitar. Menariknya lagi, tak seperti seri pertamanya, Don’t Strave Together punya fitur co-op yang memungkinkan kalian untuk bermain bersama teman ataupun player lain.

3. ECO (PC)

ECO merupakan sebuah game simulasi open world yang terlihat cukup mengingatkan dengan Harvest Moon. Namun menariknya, game tersebut punya unsur survival kental didalamnya, yang membuat kalian harus memperhitungkan berbagai hal sebelum bertindak.


Untuk bertahan hidup, kalian harus membangun rumah, bercocok tanam, hingga berburu hewan, namun kesemua hal tersebut punya konsekuensi tersendiri bila dilakukan. Semua tindakan yang kalian lakukan dapat berpengaruh pada ekosistem sekitar, seperti berburu hewan misalnya, yang dapat mengakibatkan populasi hewan menurun. Saat ini game tersebut baru memasuki masa early access di Steam, dan tentunya akan semakin disempurnakan melalui update yang dirilis secara berkala.

2. My Time at Portia (PC, PlayStation 4, Xbox One, & Switch)

My Time at Portia mungkin adalah gambaran paling akurat bila judul terbaru Harvest Moon hadir di tahun ini. Bahkan melalui review yang telah kami publish, kami tak ragu untuk menyebut My Time at Portia sebagai “Harvest Moon versi modern“.

BACA JUGA  Cory Barlog Juga Ingin God of War Tuju PC Layaknya Death Stranding


Game tersebut punya berbagai mekanisme ala Harvest Moon, namun menariknya Pathea Games selaku developer juga menyelipkan elemen RPG dalam game racikannya tersebut. Dimana selain bercocok tanam dan berternak, kalian juga dapat berpetualang dan mengalahkan para monster melalui sistem dungeon.

1. Stardew Valley (PC, Switch, PlayStation 4, Xbox One, Android, & iOS )

Bisa dibilang bahwa game yang satu ini merupakan wujud game simulasi ala Harvest Moon yang paling lengkap, bahkan bisa dibilang lebih baik. Stardew Valley bahkan punya beberapa elemen unik tambahan yang membuatnya terlihat lebih menarik dari Harvest Moon.

BACA JUGA  Berbagai Keuntungan dan Hadiah yang Didapat oleh Pengguna Blizzcon Virtual Ticket


Tak hanya berkebun dan berternak, kalian juga dapat mengumpulkan resource dan uang dari hasil berburu para monster. Untuk menunjang hal tersebut, Stardew Valley bahkan memiliki sistem co-op yang memungkinkan kalian bermain bersama dengan 3 player lain.

Itulah ketujuh game ala Harvest Moon yang tak kalah seru dari Harvest Moon sendiri, jadi, dari daftar tersebut manakah yang paling menarik?


Baca juga berita atau artikel menarik lainnya dari Author.

Contact: erenhartd@gamebrott.com


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item