7 Game Balap Mobil PS1 Yang Asyik Kita Mainkan Ketika Kecil Dulu

Game Balap Mobil PS1

Inilah 7 game balap mobil PS1 yang keren dan asyik kita mainkan ketika kecil dulu.

Salah satu aspek yang membuat console PS1 sangat keren dan begitu kita rindukan, adalah pustaka game-nya yang sangat klasik dan asyik dimainkan berulang kali. Dan kerennya pustaka game-nya ini meliputi hampir seluruh genre termasuk balap mobil.

Bahkan saya saja yang dulunya tidak begitu suka dengan genre ini, menjadi fans dadakan setelah memainkan game-game balap mobil di console-nya. Menurut saya faktor utama mengapa genre balap mobil PS1 begitu sukses, dikarenakan faktor kerealistisannya.

Realistis disini bukan hanya pada tampilan grafisnya saja, namun juga pada unsur gameplay-nya. Nah, dari sekian banyak rilisan game balap mobil PS1 yang ada, berikut adalah 7 game balap mobil PS1 yang sangat asyik untuk kita mainkan ketika kecil dulu tersebut.

1. Need for Speed III: Hot Pursuit (1998)

Game balap mobil PS1 yang keren dan asyik kita mainkan ketika kecil dulu yang pertama adalah seri ketiga dari franchise Need for Speed ini.

Dan yang membuat seri ketiganya ini masih dianggap sebagai yang terbaik, dikarenakan game-nya menyuguhkan Hot Pursuit Mode. Melalui mode ini, kita diharuskan kabur dari kejaran mobil polisi. Walau sekilas terlihat gampang untuk dilakukan, kenyataannya hal ini cukuplah sulit untuk dilakukan

Karena mobil polisinya jugalah memiliki trik dan jebakan berbahaya yang salah satunya, ban berduri tajam (spiked tires). Selain itu hal keren lainnya adalah disuguhkannya mode turnamen.

Melalui mode turnamen ini, tidak hanya kita bisa meningkatkan skill berkendara kita. Namun kita juga bisa membuka arena serta mobil tersembunyi (unlockables). Dua dari sekian banyak mobil bonus yang bisa kita dapatkan melalui turnamennya adalah: Ferrari dan Lamborghini.

2. Ridge Racer (1994)

Game balap mobil PS1 yang keren dan asyik kita mainkan ketika kecil dulu selanjutnya adalah Ridge Racer yang super klasik itu. Ya, benar sekali kawan. Game ini adalah yang juga dirilis dan ngetop di arcade center 90an. Dan rata-rata generasi saya, mengenal dan memainkan game ini melalui arcade tersebut.

Lalu, apakah ada perbedaan dari kedua versi rilisannya tersebut? Ada, tapi tidaklah terlalu berbeda jauh. Mungkin perbedaan yang paling mencolok adalah ditampilkannya fitur mini-game klasik, Galaxian (1979) untuk versi PS1-nya.

Dan penyertaan Galaxian di dalam game ini ternyata bukan sekedar bonus hampa saja. Jadi, apabila bisa menamatkan mini game tersebut, kita akan diberikan bonus 8 mobil tambahan. Selain itu, kita juga bisa mengganti CD game-nya dengan CD musik favorit kita.

Dengan seluruh fitur yang disuguhkan ini dan fakta bahwa pada era ini belum ada rilisan game balap mobil bergrafis 3-D seperti ini, alhasil tidaklah heran jika Ridge Racer menjadi game balap mobil PS1 yang begitu  kita kenang hingga detik ini.

3. Jarrett & Labonte Stock Car Racing (2000)

https://www.youtube.com/watch?v=GjBWub3MQ3s

Judul orisinil dari game ini adalah TOCA World Touring Cars. Namun untuk rilisan di Amerika Serikat, judulnya dirubah dengan judul ini. Jarret dan Labonte diambil dari nama belakang dua pembalap NASCAR top kala itu, Jason Jarrett dan Justin Labonte.

Selain itu perbedaan lain yang terdapat di rilisan Amerika Serikatnya adalah digantinya jenis mobil touring cars dengan jenis mobil stocks cars. Game ini menyuguhkan 40 lebih mobil yang bisa dikustomisasi oleh pemainnya.

Ke-40 mobilnya tersebut berasal dari berbagai manufaktur mobil termasuk yang kelas atas seperti: BMW dan Ford. Selain itu, game ini juga menyuguhkan 23 sirkuit yang didasari dari sirkuit real-life yang terdapat di beberapa negara di dunia ini.

Experience bermain pun kian seru dengan suguhan soundtrack cadas dari ‘The End of the Line’ milik The Offspring, ‘Spun’ milik Methods of Mayhem, dan ‘No Big Thing’ milik Lit.

4. Collin McRae Rally 2.0 (2000)

Game ini merupakan sekuel dari Collin McRae Rally (1998) yang juga dirilis di PS1. Sekuelnya ini menampilkan lebih banyak fitur yang sukses membuat game ini jauh lebih keren dari pendahulunya.

Selain menampilkan ragam sirkuit khusus, Collin McRae Rally 2.0 juga menyuguhkan ragam mode seperti: Single Rally, Single Stage, Time Trials, dan tentunya Championship. Dan dari semua modenya ini, tentunya adalah mode championship yang sangat diincar.

Tentunya hal ini logis sekali. Siapa yang tidak ingin menjadi juara di sirkuit balapnya? Dalam mode ini nantinya kita akan melintasi 8 sirkuit serta 5 lawan yang berbeda. Apabila kita menang di mode ini, kita nantinya akan dihadiahi 13 mobil baru.

Experience bermain semakin keren dengan aspek realistis dimana ketika kendaraannya rusak, kendaraan tersebut memang benar-benar terlihat rusak atau penyok seperti di dunia nyata.

5. R4: Ridge Racer Type 4 (1998)

Satu lagi game dari franchise Ridge Racer di daftar ini. R4 bisa dikatakan adalah penyempurnaan dari seri-seri Ridge Racer sebelumnya.

Tidak hanya penyempurnaan dari segi grafis 3D nya, namun juga dari segi gameplay-nya. Spesifiknya, gameplay-nya terasa seperti franchise Gran Turismo namun, tetap memepertahankan aspek rally-nya. R4 menyediakan 3 mode yang bisa dipilih: Time Attack, VS Battle, dan Grand Prix.

Tentunya mode utamanya adalah Grand Prix. Dalam mode ini kita harus mengikuti balapan satu musimnya. Nah seiring kita terus memenangkan pertandingan demi pertandingannya, satu demi satu mobil bonus pun terbuka di garasi kita.

Secara keseluruhan, terdpat 320 varian mobil dan 8 sirkuit yang bisa kita nikmati di game ini. Mode versus atau main berduanya pun juga sama asyiknya. Bersama teman atau saudara, kita bisa saling membalap di dalam satu sirkuit penuhnya.

6. NASCAR Rumble (2000)

NASCAR adalah jenis balapan mobil khas Amerika Serikat. Balapannya benar-benar lebih keras dan brutal daripada Formula 1 atau balap mobil lainnya. Walau jelas-jelas brutal, namun tak memungkiri kalau fans NASCAR sangatlah besar di negeri Paman Sam.

Nah berdasarkan fakta tersebut, akhirnya balapan NASCAR pun diadaptasikan ke dalam video game. Terbukti sekali, kalau adaptasi game-game NASCAR sejauh ini sangatlah sukses. Namun dari semua game NASCAR yang ada, adalah NASCAR Rumble yang paling seru dan unik.

Hal ini karena seri NASCAR ini turut menyertakan unsur ketersediaan power-ups yang nantinya, bisa digunakan untuk menghalau mobil lainnya. Dengan kata lain Nascar Rumble adalah game NASCAR yang berbumbu Mario Kart atau CTR. Benar-benar seru dan gila-gilaan.

7. Gran Turismo 2 (1999)

Inilah game balap mobil PS1 yang paling seru dan asyik kita mainkan ketika kecil dulu. Dan bagi saya Gran Turismo 2, adalah game balap mobil terfvorit sepanjang masa.

Bukan hanya karena faktor lagu ‘I Think I’m Paranoid’ milik Garbage yang menjadi salah satu soundtrack-nya saja, namun yang membuat saya kagum jugalah konsep simulator balapnya yang kian terlihat dan terasa realistis.

Memainkan Gran Turismo 2 ini, benar-benar serasa seperti sedang balap mobil sungguhan. Baik sirkuit maupun tampilan mobilnya, benar-benar terlihat sangat mulus untuk ukuran kapasitas grafis 32-bit PS1.

Selain itu tentunya yang membuat betah kita memainkan game ini berjam-jam, adalah fitur tes sim, dan balapan mobil berhadiah in-game currency. Nah, uang yang kita dapatkan ini nantinya bisa kita gunakan untuk membeli hampir 650 mobil yang tersedia dari berbagai manufaktur mobil top di dunia ini.

Oh ya, jangan lupakan juga fitur melakukan tune-up mobilnya yang membuat kita seolah-olah seperti montir kelas mumpuni. Itulah tadi 7 game balap mobil PS1 yang keren dan  asyik kita mainkan ketika kecil dulu.

Dari ketujuh game balap mobil PS1 ini, game manakah yang merupakan favoritmu?

Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Balap atau artikel lainnya dari Marvin Emir Ciputra. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com
Exit mobile version