7 Game dengan Tema Biopunk Terbaik

in

Biopunk merupakan sub-genre turunan dari cyberpunk, dimana dunia yang dibangun berdasarkan ilmu pengetahuan biologis yang kuat, masyarakat atau tokoh utamanya pun dibentuk dari berbagai macam modifikasi genetik sebagai ‘sajian utamanya’. Dan seperti turunan ‘punk’ lain, kultur di dunia biopunk tidak sekuat cyberpunk sehingga fokus utama biopunk ada di gameplaynya. Berikut adalah 7 game dengan basis biopunk terbaik.


1. Prototype series

Img 09072020 111844 (800 X 450 Pixel)Prototype menceritakan beberpa individu yang mendapat kekuatan super dari virus berbahaya yang mengubah manusia menjadi zombie atau abomination creature lain. Dalam gamenya, protagonis memiliki kemampuan untuk mengubah beberapa anggota tubuh menjadi senjata mematikan, anda juga memiliki kemampuan untuk ‘mengonsumsi’ makhluk lain untuk menjadi lebih kuat. Musuh anda pun juga tidak main-main, mulai dari mutan hasil evolusi virus Blacklight sampai tentara super yang telah dimodifikasi secara genetik.


2. Crysis series

Img 09072020 111923 (800 X 450 Pixel)Dalam Crysis anda berperan sebagai prajurit yang mendapat kekuatan super dari hasil simbiosis jaringan tubuh dengan Nanosuit, tugas anda adalah membasmi Ceph. Ceph merupakan spesies alien yang terkesan lebih cerdas dibanding alien lain di video game, mereka tidak hanya menyerang bumi secara membabi buta, mereka juga menyerang manusia dengan virus yang mengubah mereka menjadi jaringan biologis yang bisa digunakan oleh Ceph. Namun jangan khawatir, anda juga punya kemampuan reverse engineer untuk menggunakan teknologi Ceph.


3. Prey (2017)

Img 09072020 111904 (800 X 450 Pixel)Prey menceritakan suatu organisasi yang mempelajari spesies alien agar bisa menggunakan kemampuan alien tersebut pada manusia. Sebagai bagian dari penelitian ini, anda bisa menggunakan kemapuan alien ini melalui neuromod atau proses alterasi pada syaraf. Dan seperti yang biasanya terjadi pada eksperimen fiktif lainnya, alien percobaan melarikan diri dan anda harus bertarung dengan mereka, tentu saja pertempuran ini akan sulit jika anda tidak memiliki kekuatan alien tersebut.


4. The Evil Within series

Img 09072020 111858 (800 X 450 Pixel)TEW merupakan game survival horror dengan setting yang unik, alih-alih menggunakan dunia dan monster ‘nyata’, anda akan bertahan hidup di dalam STEM, sebuah dunia yang dibangun berdasar sub concious manusia. Tentu saja baik-buruknya STEM bergantung kepada isi pikiran pemiliknya, dalam kasus TEW anda masuk ke dunia horror yang dipenuhi mutan. Unsur biopunk TEW semakin terasa lewat mekanisme upgrade dan backstory dari musuh yang anda temui.


5. Resident Evil series

Img 09072020 111910 (800 X 450 Pixel)Berbicara mengenai hal-hal biologis dan modifikasi genetik, tidak lengkap jika tidak menyinggipung seri survival horror terbaik: Resident Evil. RE membangun dunia biopunk yang cukup kental mulai dari storyline yang bahkan mencakup hukum dan politik mengenai bioterorisme, asal usul virus dan mikroorganisme lain dalam gamenya, hingga desain enemy yang benar-benar fleshy. Meskipun dipenuhi dialog dan event yang cheesy dan garing, RE tetaplah salah satu seri dengan basis biopunk terbaik.


6. Bioshock series

Img 09072020 111851 (800 X 450 Pixel)Alasan RE merupakan ‘salah satu yang terbaik’ dan bukan ‘satu-satunya’ game dengan basis biopunk terbaik adalah karena adanya seri bernama Bioshock. Seakan-akan ditakdirkan menjadi seri biopunk yang hebat lewat judulnya, Bioshock akan membawa anda ke dunia dimana keunggulan secara genetik merupakan unsur kekuasaan yang mutlak, mulai dari bodyguard (Bid Daddy), mata uang sekunder (ADAM), warga sipil, hingga sumber tenaga (Shock Jockey Gondola), semuanya menggunakan modifikasi genetik. Bioshock juga menunjukkan sisi lain yang mengerikan dari dunia yang mengagungkan evolusi secara genetik lewat keberadaan Splicers dan makhluk seperti Handy-man di Bioshock Infinite.


7. Half-Life 2

Img 09072020 111916 (800 X 450 Pixel)Seperti Ceph, alien di Half-Life yang disebut sebagai Combine memanfaatkan (dan memaksakan) segala hal untuk mencapai kemenangan. Salah satu taktik yang membuat warga bumi kewalahan adalah serangan ‘biologis’ dengan cara membuka gerbang Xen yang menyebabkan makhluk-makhluk aneh di Xen masuk dan memusnahkan manusia dan hewan-hewan, belum juga Synth Unit yang terdiri dari makhluk hidup yang dimodifikasi pada bagian organ dan syaraf sehingga bisa menyerang secara maksimal. Untuk mengatasi ancaman seperti ini, protagonis dilengkapi dengan HEV Suit yang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, namun juga peralatan medis darurat.


Coming soon: Scorn

Img 09072020 111936 (800 X 450 Pixel)Scorn merupakan game survival horror (sepertinya) yang (sepertinya juga) terinspirasi dari karya H.R Giger yang identik dengan konsep biomechanical-nya dimana suatu dunia terbentuk dari gabungan jaringan hidup (bio) dan mesin (mechanic).

Avatar

Written by rafi3l

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.