7 Game dengan Tema Cahaya vs Kegelapan Terbaik

in
Img 15072020 083231 (800 X 450 Pixel)
Img 15072020 083231 (800 X 450 Pixel)

Cahaya melawan kegelapan merupakan tema dasar klasik dalam menggambarkan konflik di berbagai media, tak terkecuali industri video game, dalam tema ini segala bentuk hal negatif diasumsikan menjadi kegelapan, dan segala hal baik menjadi cahaya. Tema ini seiring waktu berkembang menjadi sub tema yang lebih kompleks dan mulai meninggalkan unsur paling dasar, contohnya munculnya kisah mafia, pemerintah korup, pembunuh bayangan dll. Berikut adalah 7 game dengan tema cahaya vs kegelapan terbaik (dan masih murni).


1. Alan Wake series

Img 15072020 082031 (800 X 450 Pixel)Merupakan masterpiece dari Remedy, Alan Wake menyajikan aksi baku tembak intens dengan elemen supranatural yang kental. Game ini menceritakan Alan yang harus membasmi entitas kegelapan demi menyelamatkan kekasihnya, anda dibekali dengan berbagai representasi dari ‘cahaya’ seperti senter, flare, dan headlight. Tema darkness vs lightness di game ini sebenarnya sangat sederhana, namun ditulis dan dieksekusi dengan sangat baik.


2. Grave: VR Prologue

Img 15072020 082009 (800 X 450 Pixel)Grave merupakan game di era awal VR sehingga game ini tidak cukup dikenal, mekanisme kontrolnya pun sedikit kaku, namun game ini memberi pengalaman horror yang mencekam dan surreal. Anda harus menyiapkan pertahanan dan mensuplai kebutuhan anda sebelum malam datang, saat kegelapan malam turun anda harus melawan makhluk mirip lizardmen dengan berbagai sumber cahaya seperti lampu dari generator, flashlight, flare, dan granat flashbang. Game yang layak dicoba bila anda ingin mencoba VR pertama kali.


3. Five Nights at Freddy’s series

Img 15072020 082001 (800 X 450 Pixel)FNaF adalah game horror yang unik, alih-alih bergerak dari satu titik ke titik yang lain sembari menghindari makhluk-makhluk menyeramkan, anda akan duduk dan menghadapi berbagai monster animatronic. Animatronic ini memiliki ‘kelemahan’, mereka akan berhenti bergerak apabila anda menyorotkan lampu senter ke wajah mereka, cukup mudah bukan? Tapi anda juga harus memanage baterai flashlight anda dan juga menyorot dengan timing yang tepat. Jika timing dan resource management anda kacau, jangan harap bisa melihat mentari di pagi hari.


4. Dying Light

Img 15072020 082023 (800 X 450 Pixel)Dengan kemampuan parkour anda yang luar biasa, apa yang harus anda takutkan dari zombie yang lambat dan lemah? Well, saat matahari terbenam, keagresifan zombie meningkat dan juga muncul varian zombie yang jauh lebih cepat dan kuat daripada anda: The Volatile. Namun sesuai namanya (Volatile = mudah menguap) anda bisa mendapat keuntungan taktis jika melawan menggunakan sinar UV, oleh karena bawalah UV flashlight dan hafalkan berbagai safe zone agar selamat menghadapi malam. Meskipun beresiko, bereksplorasi saat malam hari bisa meningkatkan XP lebih cepat dan juga mendapat loot yang lebih baik.


5. Knock Knock

Img 15072020 082039 (800 X 450 Pixel)

Knock Knock adalah game psychological horror dengan pendekatan menarik, anda berperan sebagai pria dengan insomnia, selama anda terbangun banyak makhluk tak kasat mata menyerang kediaman anda. Anda harus mempertahankan diri dengan bersembunyi dan menjaga agar setiap ruangan memiliki penerangan yang baik karena ruangan yang terang dapat mengusir makhluk tak kasat mata tersebut. Game ini tersedia untuk multiplatform seperti PC, PS4, XONE, Switch, Android, dan iOS.


6. The Darkness series

Img 15072020 082107 (800 X 450 Pixel)Menjadi mafia berarti menghalalkan secara cara agar bisa meraih kekuasaan tertinggi, termasuk menjual jiwa anda pada entitas kegelapan demi mendapat kekuatan luar biasa. The Darkness menceritakan mafia bernama Jackie Estacado yang menggunakan kekuatan yang disebut ‘The Darkness’ untuk membalaskan dendam kematian pacarnya. ‘The Darkness’ memang sangat kuat dan memiliki fungsi yang beragam untuk memusnahkan lawan anda secara sadis, namun sesuai namanya, anda harus terus berada di kegelapan dan tidak boleh terkena cahaya karena cahaya dapat melemahkan ‘The Darkness’.


7. Aragami series

Img 15072020 082016 (800 X 450 Pixel)Aragami menceritakan kisah balas dendam seorang prajurit yang terbunuh dan arwahnya tidak tenang, prajurit inipun menjadi ‘Undead Assasin’. Sebagai ‘orang mati’ tentu saja anda memiliki kekuatan supranatural, yakni kekuatan untuk menjadi dan mengontrol bayangan, kekuatan anda sangat beragam mulai dari bersembunyi dalam bayangan, melakukan teleportasi melalui bayangan, hingga men-summon naga bayangan. Jika bayangan adalah kekuatan anda maka cahaya adalah musuh terbesar anda, sebisa mungkin hindari cahaya apapun yang dimiliki musuh karena anda akan menjadi lemah bila terkena cahaya.

Avatar

Written by rafi3l