7 Game dimana Sang Karakter Utamanya Berhalusinasi Sepanjang Game

in , , , , ,
Game Halusinasi Cover

Pernahkah kamu berhalusinasi yang bahkan terasa sangat nyata saat kamu sadar? Mungkin banyak dari kamu tidak pernah merasakannya atau mungkin tidak sadar ketika mengalaminya. Beruntungnya beberapa video game mampu memberikan penggambaran mulai dari yang realistis hingga imajinatif tentang halusinasi yang dialami oleh karakter yang ada di dalamnya.

Beberapa karakter utama yang kamu mainkan ini bahkan terkena dampak dari halusinasi ini yang berakibat terhadap narasi yang ada di dalam video gamenya. Dan bahkan beberapa karakter mengalami halusinasi ini bukan hanya di sebagian ceritanya, namun penuh selama game berlangsung. Yang tentunya juga akan membuat kejutan atau twist terhadap cerita yang selama ini kamu mainkan.

Dan berikut adalah 7 Game dimana sang karakter utamanya berhalusinasi. (PERHATIAN: Beberapa game berikut menjadikan halusinasi tersebut sebagai plot twist atau kejuatan, sehingga ada kemungkinan besar spoiler cerita dari game-game ini!)

Kane & Lynch (Lynch)

Wallpaper Kane And Lynch 2 Dog Days 01 1920x1080

Seri Kane & Lynch memang mungkin terdengar asing untuk gamer jaman sekarang. Karena memang seri ini hanya memiliki 2 game dan game-gamenya sendiri dirilis sebelum tahun 2010. Dikembangkan oleh IO Interactive, game aksi-brutal ini memang banyak mendapat kecaman karena memperlihatkan kekerasan yang dianggap terlalu berlebihan untuk sebuah video game.

Terlebih salah satu karakter utama yaitu Lynch juga mengidap schizophrenia alias gangguan jiwa yang menyebabkan dirinya berhalusinasi, mendengar suara-suara, bahkan berbicara kacau. Salah satu halusinasi yang paling kontroversial diperlihatkan di game pertamanya dimana Lynch melihat semua warga sipil yang ketakutan sebagai polisi yang mana membuat dirinya membantai semua orang yang ia lihat.

Alice: Madness Returns (Alice)

Alice Madness

Bila mendengar judul Alice of the Wonderland tentunya kita akan memikirkan tentang film Disney tentang perjalanan Alice di dunia “wonderland”-nya. Namun siapa yang akan menyangka bahwa cerita Alice bisa menjadi sangat kelam. Hal tersebutlah yang coba diceritakan oleh game Alice: Madness Returns.

Dimana Alice digambarkan sebagai seorang gadis yang sudah mengalami banyak hal mengerikan dan juga kekerasan sewaktu kecil yang membuatnya menderita PTSD, schizophrenia, dan bahkan harus dirawat di rumah sakit jiwa. Hal inilah yang men-trigger Wonderland sebagai dunia pelarian di dalam kepalanya. Yang akhirnya membuat dunia Alice bercampur baur antara mana yang nyata dan mana yang fantasi.

Spec Ops The Line (Martin Walker)

PTSD (Post-traumatic stress disorder) atau gangguan stres pascatrauma merupakan gangguan kejiwaan yang kerap diderita oleh tentara karena peperangan. Dan sisi kelam ini jarang diperlihatkan oleh game-game perang yang mengedepankan aksi dan heroisme. Namun Specs Ops: The Line mungkin yang memperlihatkan dampak hal ini secara baik.

Selama game berprogres kamu bisa melihat sang karakter utama, Martin Walker mulai menjadi tidak stabil dikarenakan semua peristiwa yang terjadi selama game. Hal ini akan semakin parah menuju akhir game dimana Walker akan mulai mendapat halusinasi secara visual dan bahkan pendengaran. Yang akan membuatmu menyadari bahwa para tentara ini tidak semenyangkan kalian ketika menembaki musuh.

Call of Duty Black Ops (Alex Mason)

Halusinasi yang terjadi pada diri seseorang tidak selalu datang dari diri sendiri, namun juga pengaruh dari luar. Seperti yang terjadi pada Alex Mason di seri pertama Call of Duty Black Ops. Bagaimana tidak sepanjang game kalian merasa mengendalikan Mason dalam berbagai misinya untuk memburu para penjahat bersama sang rekan Viktor Reznov. Namun nyatanya karakter utamamu adalah korban dari program “brainwash” yang membuat semua ingatan serta kenyataan yang ia lihat sudah tercampur aduk.

Semua ini akan akan berujung dengan fakta bahwa Reznov telah mati sejak lama. Dan semua kemunculan Reznov dalam misi hanyalah halusinasi dari Mason, semua target yang Mason bunuh adalah musuh-musuh dari Reznov di masa lalu. Dan ingatan bahwa Reznov yang mengeksekusi semua musuh adalah halusinasi dimana nyatanya Mason-lah yang mengeksekusi semua orang ini.

Dead Space (Isaac Clarke)

Selain mampu menghadirkan nuansa seram meskipun mengambil setting di luar angkasa, ternyata Dead Space juga berhasil menghasilkan sebuah game dengan plot-twist yang tidak diduga-duga. Karena tidak cukup dengan dunia carut marut yang terjadi karena invasi monster necromorph yang sudah cukup membuat horor. Misi sang karakter utama Isaac Clarke untuk menyelamatkan diri bersama sang kekasih Nicole ternyata hanya halusinasi belaka.

Semua ini dikarenakan kapal yang ditumpangi Isaac tidak sengaja mengaktifkan “Marker”, yang membuat seisi kapal menjadi gila dan bahkan berubah menjadi monster necromorph yang mengerikan. Marker ini juga yang membuat Isaac seakan melihat Nicole sedang berada di sekitaran kapal.

Man of Medan (Semua Karakter)

 

Setelah keberhasilan membuat Until Dawn yang cukup memberikan pengalaman game horor unik untuk para gamer. Meskipun kini tak lagi menjadi game eksklusif Playstation, namun Supermassive Games tetap berusaha membuat game baru yang memberikan pengalaman yang baru di Man of Medan dimana kamu tetap akan menggerakkan banyak karakter yang kini terjebak di kapal Man of Medan yang dianggap dikutuk.

Karakter-karakter yang kamu mainkan pun akan mengalami banyak kejadian mengerikan selama di kapal tersebut. Mulai dari hidupnya mayat prajurit perang, ditemukannya ritual satanis, hingga munculnya monster mengerikan. Namun, ternyata setelah mencari tahu lebih dalam tentang kapal tersebut kamu akhirnya mengetahui bahwa semua hal mengerikan tersebut hanya halusinasi yang disebabkan oleh bocornya senjata kimia rahasia yang dibawa secara rahasia di dalam kapal tersebut.

Hellblade: Senua’s Sacrifice (Senua)

Penggambaran paling realistis dan juga terasa sangat personal dari halusinasi tentunya dialami oleh Senua. Bagaimana tidak, trauma mendalam yang dialaminya saat kecil yang terus meningkat seiring dirinya dewasa yang membuat dirinya sering berhalusinasi. Parahnya halusinasi yang dialami Senua muncul secara penglihatan, pendengaran, dan bahkan halusinasi sensorik.

Semuanya diperparah dengan pandangan anggota suku lainnya yang menganggap apa yang diderita Senua adalah kutukan. Yang membuat dirinya akhirnya dibuang dan harus bertahan hidup seorang diri sembari juga harus menghadapi semua halusinasi yang ada di dalam dirinya yang terkadang menjadi musuh dan juga kawan.


Space Ops The Line

Dan itulah tadi 7 game dimana karakter utama dalam gamenya yang kamu mainkan ternyata mengidap halusinasi yang bahkan hingga mempengrauhi mereka di dalam gamenya. Gejala-gejala halusinasi ini memang merupakan penggambaran dari gangguan jiwa yang mungkin bisa terjadi di dunia nyata, meskipun beberapa tentunya merupakan sebuah penggambaran yang hiperbola atau berlebihan.

Namun semisal kamu mulai merasakan halusinasi dengan intensitas terlalu intens, yang mungkin juga mempengaruhimu dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Maka ada baiknya kamu memeriksakan diri ke psikolog agar halusinasi tersebut tidak semakin parah. Ya, termasuk bila kamu juga halu bisa menjadi kekasih dari 2B, Tifa, ataupun karakter game yang lainnya juga.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang G-list atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]