7 Game Facebook Jadul Yang Pasti Pernah Kalian Mainkan Waktu Zaman Alay Dulu


Add Friend

Meski sekarang sudah agak kurang relevan, tapi kurang lebih 8 tahun kebelakang, Facebook sempat menjadi salah satu tempat dimana kalian bisa memainkan berbagai game seru, sambil berinteraksi dengan teman-teman kalian di Facebook. Berbagai developer game seperti Zynga, Playfish dan banyak lainnya sempat hadir dan merilis banyak sekali game-game yang cukup menarik pada masanya.

Mari kita coba mengingat kembali masa-masa tersebut, dimana kamu harus berbohong tentang umurmu untuk bisa membuat akun Facebook dengan nama yang panjang, dan kapitalisasi yang hancur-hancuran. Pasti kalian sempat bermain beberapa game dibawah ini, jadi mari kita uji saja berapa banyak game yang kalian tahu di 7 Game Facebook Jadul Yang Pasti Pernah Kalian Mainkan Waktu Zaman Alay Dulu!


FarmVille

Game dengan jumlah pemain aktif terbanyak setiap bulannya pada tahun 2008-2010 ini memang bisa dibilang salah satu game tersukses di Facebook. Ratusan juta pemain setiap bulannya, dan jutaan pemain baru tiap minggunya membuat game buatan Zynga ini terkenal keseluruh dunia. Game simulasi sebuah peternakan dan perkebunan ini memang cukup unik pada masanya dan sampai sekarangpun masih banyak yang memainkan versi terbarunya.

Mungkin dari kalian banyak yang sering mendapatkan request game FarmVille ini dulu yang pastinya membuat kalian jengah dan kadang kesal karena ratusan request yang tak ada hentinya datang tanpa kenal waktu. Tapi pasti hampir semua dari kalian pernah mainin game yang satu ini bukan ?


Pet Society

 

Game sejuta umat seluruh remaja di dunia pada masanya, ini dia Pet Society. Game yang dikembangkan oleh Play Fish dan dipublikasikan EA ini memang menjadi salah satu game yang mendongkrak nama developer Play Fish di Facebook pada tahun 2010 lalu. Permainan ini seperti menggantikan fungsi mainan jaman dulu yang hampir semua orang miliki yaitu Tamagotchi.

BACA JUGA  EA Yakini Tak Ada Pengaruh Bagi Kondisi Finansialnya Setelah "Matikan Sementara" Microtransaction Star Wars Battlefront II

Game Pet Society sangatlah sederhanna, dimana kamu cuman harus mengurus seekor peliharaan yang bisa kamu atur bentuk, warna, pakaian dan juga rumahnya. Terlebih dari itu, kalian juga bisa berinteraksi dengan peliharaan teman-teman Facebookmu. Walaupun sederhana, game ini sempat ramai dimainkan oleh hampir seluruh remaja di Indonesia loh.


Mafia Wars

Game yang satu ini bakal kasih kamu gambaran gimana caranya buat jadi Mafia dikota-kota besar dengan nilai investasi yang bernilai triliunan dollar. Mafia Wars adalah salah satu game yang sempat ramai di Facebook. Walau game ini bersifat gratis, namuan tak banyak orang yang tak tahan untuk mengeluarkan uangnya untuk mendapatkan progress atau tambahan uang di game yang satu ini.

Salah satu game Facebook tersukses dari Zynga ini bahkan sampai mendapatkan gamenya sendiri di Android. Game yang dulu sempat memenuhi hari-hari kalian ini bahkan telah memiliki sekuel yaitu Mafia Wars 2 yang sayangnya sudah tidak bisa dimainkan. Padahal game ini dulu bisa dibilang menjadi salah satu game wajib para pengguna Facebook.


Ninja Saga

Game Ninja Saga mungkin muncul diwaktu yang cukup tepat, dimana saat itu Anime Naruto yang bertemakan Ninja sedang menjadi perhatian banyak sekali penggemar Anime diseluruh dunia. Menawarkan gameplay RPG klasik yang menggambarkan bagaimana sebuah ninja berlatih untuk bisa menajdi seorang ninja yang kuat dan bisa diandalkan desanya.

BACA JUGA  Blizzard Umumkan StarCraft 2 Gratis Mulai Hari Ini, Sindir Microtransaction EA

Kepopuleran Ninja Saga ini bisa dibilang cukup cepat, semenjak dirlis sampai sekarang, telah ratusan juta orang mencobanya. Saking larisnya bahkan game ini juga dibuatkan gamenya di Android dan bisa dibilang cukup meraih kesuksesan juga meski era ninja dikalangan penggemar Anime dan remaja sekarang. Hayo ngaku, kalian namain karakter Ninja kalian apa pada saat itu ?


Cafe World

Sebelum banyak game sejenis bermunculan di Facebook, Cafe World bisa dibilang menjadi salah satu yang pertama untuk mempopulerkan game yang berupa simulasi bisnis sederhanna sebuah restoran. Game yang dirilis pada tahun 2009 ini langsung naik ke puncak game Facebook dalam waktu yang singkat semenjak dirilis.

Hal ini juga membuat banyak developer game membuat game-game sejenis yang bisa dibilang juga cukup sukses di Facebook. Ambil contoh saja Restaurant City karya Play Fish yang mungkin kalian juga pernah mainkan juga. Coba ingat-ingat lagi, pasti kalian pernah main game ini atau setidaknya game sejenis ini dulu kan!


The Sims Social

 

The Sims pada tahun 2008 merupakan salah satu game yang sukses dipasaran, dan pada tahun 2011 dibawah Playfish dan EA menuju Facebook dan tebak, hasilnya brilian. Gameplay The Sims yang semua orang sudah pastinya tahu, ditambah kesempatan untuk melihat The Sims milik temanmu dan bisa saling berkompetisi pastinya membawa keseruan tersendiri di The Sims Social!

The Sims Social bisa dibilang telah membuktikan serial game The Sims dari yang biasanya hanya dimainkan sendiri pada waktu itu, menjadi game yang sebenarnya cukup asik dan nagih untuk dimainkan bersama teman-temanmu. Karena itu tak aneh bahwa game The Sims Social cukup laris dan sempat menduduki puncak game Facebook terlaris pada masa jayanya.

BACA JUGA  Drama Microtransaction Star Wars Battlefront II Sudah Dikalkulasikan EA?

Texas HoldEm Poker

Mimin hampir yakin, lebih dari 60% orang Indonesia yang bisa main Poker adalah mereka yang main Texas HoldEm Poker di Facebook atau gak diajarin sama mereka yang main game yang satu ini. Sudah tak perlu lagi ditanya bahwa game ini merupakan salah satu game tersukses di Facebook sepanjang masa yang merupakan karya dari Zynga.

Game yang sebenarnya gasepenuhnya judi karena kita gabisa ambil uangnya secara langsung ini mungkin sempat jadi kontroversi karena mengajarkan anak dibawah umur tentang perjudian, namun hal itu nampaknya tidak terlalu berpengaruh terhadap kesuksesan game Texas HoldEm Poker di Facebook yang bisa dibilang merupakan game Poker Online tersukses diberbagai platform sampai sekarang.


Wah jadi nostalgia game-game beberapa tahun lalu ya. Pasti hampir dari kalian semua pernah memainkan setidaknya 5 game diatas bukan ? Itu adalah bukti bahwa kalian sudah tak muda lagi XD Just Kidding lol. Tapi memang banyak game-game diatas yang sudah gulung tikar di Facebook, padahal beberapa game-game diatas bisa dibilang masih cukup seru untuk mengisi waktu.

Adakah game yang menurut kalian cukup terkenal pada zamannya namun tidak ada diatas ? Langsung komen aja dibawah, nanti kita bahas bareng-bareng!