7 Game Gemscool yang Pernah Populer di Indonesia

in
Point Blank

Dari banyaknya publisher lokal yang sempat hadirkan game online ke Indonesia, Gemscool menjadi salah satu perusahaan yang tak boleh dilewatkan keberadaannya. Beberapa game yang mereka pilih nyaris semuanya berpotensi disukai oleh pemainnya di Indonesia. Ini dibuktikan dengan banyaknya judul populer yang memorable di hati para pemainnya.

Sayangnya, Gemscool menutup layanan mereka tanggal 31 Maret 2021 kemarin. Meninggalkan kenangan manis dan pahit saat mereka beroperasi.

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa nyaris semua game yang mereka publikasi sangat populer di Indonesia. Apa saja nama game tersebut? Berikut 7 game Gemscool yang Pernah Populer di Indonesia.

7. FreeStyle Street Basketball

Game basket 3on3 atau simplenya 3v3 yang satu ini sempat populer di Indonesia karena permainan basket jalanan atau Street Basketball-nya yang unik. Tak hanya bermain bersama pemain lain untuk mencetak angka, kamu juga bisa mengkustomisasi karaktermu dengan beragam item kosmetik yang menarik. Menjadikan gamenya tak hanya menjadi adu kemampuan, namun juga menjadi ajang kekerenan.

6. Atlantica Online

Selanjutnya adalah Atlantica Online, MMORPG yang satu ini cukup unik karena miliki gameplay turn-based yang umumnya hanya ada di game JRPG. Kamu akan mengendalikan beragam pasukan dengan class-nya sendiri. Sama seperti game MMORPG pada umumnya, kamu bisa perkuat semua equipmentmu. Sayang, ia ikut ditutup Gemscool saat publishernya ikut tutup. Saat ini gamenya ditangani oleh LYTO dengan judul Atlantica Rebirth.

5. Lost Saga

Jika kamu adalah anak warnet, tentu sangat mengenal Lost Saga. Game brawler arena yang satu ini menjadi salah satu yang paling populer di masanya. Tak hanya sukses sebagai game namun juga dalam esport. Dengan hero yang miliki skill unik, Lost Saga mampu membius banyak pemainnya untuk tak hanya terus memainkannya, namun juga mengobrolkannya. Sayangnya, ia harus berpisah dari Gemscool yang membuatnya diurus oleh Gravity dengan judul Remastered.

4. Dragon Nest

Dragon Nest adalah game dungeon crawling pertama yang dirilis di Indonesia. Ia miliki berbagai class seperti Paladin hingga Swordman dengan kemampuan uniknya. Namun yang membuatnya unik adalah permainan full actionnya yang belum pernah ada di MMORPG lokal kala itu. Saat ini gamenya telah ditutup namun server SEA-nya masih ada. Gamenya juga hadir di versi mobile berkat kepopulerannya.

3. Point Blank

Game shooter pertama yang bertahan paling lama di Indonesia, Point Blank miliki mode permainan simple yang mungkin sangat familiar bagi player Counter-Strike. Ia menjadi game yang juga miliki salah satu scene esports terbesar di Indonesia. Namun sayang, ia dihancurkan oleh para cheater yang membuatnya harus berkali-kali berpindah kepemilikan.

2. Yulgang Online

Yulgang Online adalah game MMORPG lain dari Gemscool dengan animasi, model 3D, dan gameplay yang menarik. Ia menjadi salah satu saingan dari Seal Online yang kala itu ditangani LYTO. Sayangnya, Gemscool menutup servisnya karena kontraknya dengan MGame Corporation habis dan tak diperbarui pada tanggal 25 Februari 2016.

1. Ghost Online

Terakhir Gemscool miliki Ghost Online. Game MMORPG 2D yang satu ini miliki gameplay unik dengan class yang beragam. Kamu juga bisa membasmi para hantu jahat yang ada di dunianya. Tidak ribet dan mudah dipahami adalah salah satu keunggulannya. Sayang, Gemscool harus menutupnya karena ulah cheater yang semakin tidak bisa dikontrol.


Itulah tujuh game Gemscool yang pernah populer di Indonesia. Adakah yang pernah kamu mainkan? Atau mungkin banyak yang membuatmu bernostalgia? Seperti biasa, cantumkan semua pendapatmu melalui kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.


Artikel ini diterbitkan pertamakali di Dunia Games dengan judul “7 Game dari Gemscool yang Pernah Booming di Indonesia, Bikin Nostalgia!” yang ditulis oleh Syahdan.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).