7 Game Indonesia yang Diharapkan Hadir Tahun Ini

in

Perkembangan game di Indonesia memang begitu pesat. Kini mulai banyak game-game Indonesia bermunculan menembus pasar game internasional khususnya Steam dengan tipikal jenis game yang berbeda-beda. Di tahun ini, kemungkinan besar akan menjadi titik awal para pengembang game asal Indonesia untuk memperlihatkan tajinya ke dunia internasional. Terlihat dari sudah mulai banyaknya game kembangan developer asal Indonesia yang direncanakan hadir pada tahun ini.

Untuk itu, berikut ini merupakan sedikit rangkuman untuk beberapa daftar game asal Indonesia yang diharapkan hadir pada tahun 2021.


Kejora

Sebuah game dengan art yang begitu indah dan memanjakan mata coba diusung oleh Berangin Creative lewat game kembangannya Kejora. Game ini mempunyai genre side-scrolling platformer run-n-gun dengan fokus cerita utama ada pada Kejora, seorang gadis enerjik yang berpetualang bersama teman-temannya untuk melawan para musuh.

Musuh yang ada di dalam game tersebut juga cukup unik, yaitu hewan-hewan yang berada di pedesaan seperti bebek, lebah, babi hutan dan masih banyak lainnya.

Kejora masih berada dalam tahap pengembangan dan belum tentukan tanggal rilis.


Samudra

Khayalan Arts bersama Samudra membawa sebuah game baru dengan tema yang unik. Game dengan genre 2D Surreal Adventure tersebut membawa gamers untuk berpetualang di dunia bawah laut. Bercerita tentang seseorang yang berjuang untuk kembali ke daratan setelah sebelumnya terlempar dan terjebak di bawah laut.

Nantinya, gamers akan diajak menyelesaikan puzzle, melewati berbagai rintangan unik, hingga melakukan hide & run dari musuh-musuh mengerikan. Visual yang ditawarkan oleh game tersebut terlihat begitu cantik sekaligus mencekam, ditambah dengan design elementnya yang hadir berdasarkan pengalaman di dunia nyata seperti masalah lingkungan dan mental health.

Saat ini, Khayalan Arts baru berencana untuk merilis Samudra pada tahun ini. Namun, kalian sudah bisa memainkan versi demonya melalui Steam


Escape From Naraka

Selanjutnya ada game kembangan Xelo Games berjudul Escape From Naraka, game yang mengusung genre survival tersebut mengisahkan tentang seseorang yang diburu oleh monster-monster jahat.

Game ini memiliki unsur lokal yang cukup kental, 3D model dari berbagai asset dalam game tersebut bahkan diambil dari dunia nyata dengan teknologi 3D scan. Latar tempat yang berada di sebuah kuil dengan nuansa eksotis Bali membuat game tersebut semakin memperkuat rasa lokal yang begitu kental.

Escape From Naraka direncanakan hadir pada 2021, kalian sudah bisa mengunduh dan bermain demo dari game tersebut di Steam


Coral Island

Coral Island menjadi salah satu game kembangan Indonesia yang segera hadir di tahun 2021, game kembangan Stairway Games tersebut mengusung tema unik yang terbilang begitu berbeda dari game kembangan Indonesia lainnya.

Coral Island akan membawa game dengan fokus utamanya yaitu berkebun, membangun dan mengembangkan sebuah desa, serta kembali membudidayakan terumbu karang yang ada di tempat tersebut. Konsep tersebut memang terasa familiar bila kita melihat game berkebun legendaris dari franchise kembangan Marvelous, Harvest Moon/Story of Seasons. 

Coral Island direncanakan segera rilis pada Q1 atau Q2 2021 mendatang di Steam


Parakacuk

Parakacuk sepertinya menjadi salah satu game yang begitu dinanti oleh para gamer Indonesia berkat tema yang diambilnya. Gamecom Team selaku pengembang hadirkan game yang memiliki ikatan kuat dengan gamer-gamer Indonesia.

Parakacuk merupakan sebuah game terbaru dari Gamecom Team yang mengusung konsep petualangan dengan konflik anak sekolah menjadi tema utamanya. Game tersebut berkisah tentang seseorang Budi yang merupakan murid SMK sekaligus tergabung dengan geng bernama Parakacuk, dimana kelompok geng ini mempunyai tujuan untuk menguasai sekaligus menjadi sekolah terkuat di daerah tersebut.

Parakacuk direncanakan rilis pada 29 Oktober 2021 di Steam dan akan menyusul ke platform lain dalam waktu yang masih belum ditentukan


Biwar: The Legend of Dragon Slayer

Devata Games tidak ingin ketinggalan untuk memperlihatkan game kembangannya tahun ini, pengembang asal Bali tersebut menghadirkan satu game kembangan terbarunya bertajuk Biwar. Game yang bergenre hack n slash tersebut membawa cerita mengenai legenda Indonesia. 

Dilihat sekilas, Biwar terlihat memiliki gameplay yang mirip dengan serial game legendaris God Of War. Selain itu, grafis yang dihadirkan juga terlihat begitu cantik sekaligus menarik berkat engine yang digunakannya yaitu Unreal Engine. 

Biwar masih belum tentukan tanggal rilis, namun kalian sudah bisa mencoba demo dari game tersebut


A Space for the Unbound 

Mojiken bersama Toge Productions kembali akan hadirkan game kembangan terbarunya berjudul A Space for the Unbound. Setelah sukses bersama Coffee Talk, game bergenre adventure slice-of-life ini sepertinya akan menjadi game suksesor bagi Toge Productions. Game yang telah diperkenalkan sejak tahun 2015 tersebut akhirnya tahun ini segera dirilis.

A Space For The Unbound mempunyai tema berlatarkan anak sekolahan yang hadir di era akhir 90an. Meski visual yang diperhatikan sekilas terlihat damai dan menyejukkan hati game ini juga membawa tema supernatural ke dalamnya yang membuat game ini pastinya semakin menarik.

A Space for the Unbound segera hadir di Steam pada tahun 2021


Itu tadi beberapa game kembangan developer Indonesia yang diharapkan hadir di tahun ini, pastinya kita berharap semoga pengembangan game-game tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sukses sehingga game-game tersebut bisa rilis tepat waktu sesuai yang telah ditentukan oleh masing-masing pengembang.

Dari semua game yang disebutkan tadi, mana game yang paling menarik perhatianmu?


Baca G-List terupdate dari Gamebrott, dan informasi menarik lainnya dari saya Aldhir

For any further collaboration, Contact me at [email protected]

Aldhi Rahmanda

Written by Aldhi Rahmanda

Seseorang yang sudah terikat oleh kuatnya magnet dunia game.