7 Game Jadul yang Pernah Miliki Collab dengan Franchise Lain

Gon

Di tahun 2021, kita bisa lihat collab game dimana-mana. Mulai dari collab Horizon Zero Dawn di Genshin Impact, sampai dengan collab Transformers di Mobile Legends, collab dan crossover sudah menjadi alat yang efektif untuk penjualan dan promosi game. Dan dengan teknologi internet yang sudah canggih, tentu saja berita tentang collab-collab ini mudah tersebar, bahkan pada pemain yang tidak memainkan game yang muncul.

Tapi, tahukah kalian kalau di game jadul juga banyak collab dan kemunculan karakter dari seri atau franchise berbeda? Dalam artikel ini, saya akan bahas 7 contoh collab di game jadul.

1. Tekken 3

Anak 90-an dan anak awal 2000-an pasti ingat game ini. Pada zamannya, Tekken 3 adalah game fighting 3 dimensi yang berhasil mencapai standar emas yang belum pernah dicapai oleh game fighting lain sebelumnya. Dengan sistem gameplay yang sangat fleksibel dan ekspresif, Tekken 3 menjadi salah satu game paling legendaris di PS1.

Salah satu dari karakter yang bisa di-unlock pemain di Tekken 3 adalah Gon. Gon adalah seekor dinosaurus kecil yang bisa dimainkan setelah meng-unlock boss terakhir True Ogre, lalu mengalahkan Gon dalam mode Tekken Ball.

Sebagai karakter yang kecil dan sulit dipukul, mungkin banyak dari kalian yang ingat pada dinosaurus imut ini, dan juga kesal saat kalian harus melawannya. Tapi, apakah kalian tahu bahwa Gon adalah karakter collab? Gon adalah karakter dari manga seinen dengan judul “Gon“, yang diterbitkan pada tahun 1991.

2. Battle Arena Toshinden

Sebelum Tekken 3, Battle Arena Toshinden adalah game fighting 3D perdana yang dimiliki PS1. Meskipun Toshinden tidak memiliki tingkat kualitas yang setara dengan Tekken 3, Toshinden bisa dibilang sebagai kompetisi utama Virtua Fighter sebelum lahirnya Tekken 3.

Battle Arena Toshinden juga memiliki versi PC, dan versi PC dari Toshinden memiliki konten spesial, yaitu satu karakter baru — dan karakter tersebut adalah hasil collab, yaitu Earthworm Jim.

3. Soul Calibur 2

Soul Calibur adalah salah satu game fighting terunik yang pernah ada. Kebanyakan game fighting terfokus pada seni bela diri tangan kosong, sedangkan Soul Calibur lebih mengedepankan seni bela diri bersenjata. Soul Calibur 2 bisa dibilang game paling populer dan paling dicintai di seri tersebut.

Selain jumlah konten single player dan karakter unlockable yang lengkap, Soul Calibur 2 juga terkenal akan 3 guest character-nya: Link dari The Legend of Zelda, Heihachi Mishima dari Tekken, dan Spawn dari komik Spawn. Masing-masing guest character eksklusif untuk satu konsol: Link di Nintendo Gamecube, Heihachi di PS2, dan Spawn di Xbox.

4. Ehrgeiz

Pasti banyak dari kalian yang hype saat Super Smash Bros. Wii U konfirmasi datangnya Cloud Strife, dan mungkin lebih banyak lagi yang hype saat Sephiroth dikonfirmasi masuk Super Smash Bros. Ultimate. Tapi, apakah kalian tahu bahwa Super Smash Bros bukanlah satu-satunya seri game fighting yang melakukan collab dengan Final Fantasy VII?

Diterbitkan oleh Square Enix di PS1, Ehrgeiz adalah sebuah fighting game 3D dengan gameplay ‘arena’, serupa dengan game lain seperti Power Stone atau Shrek Super Slam. Selain karakter-karakter original, Ehrgeiz juga tampilkan 6 karakter Final Fantasy VII: Cloud, Tifa, Yuffie, Vincent, Zack, dan Sephiroth.

5. Onimusha Blade Warriors

Onimusha Blade Warriors adalah game fighting berbasis platformer, serupa dengan game-game yang mungkin kalian kenal akrab seperti Super Smash Bros. dan Digimon Rumble Arena. Sesuai dengan judulnya, Onimusha Blade Warriors memiliki desain karakter yang mengarah jejepangan.

Kali ini, franchise yang mendapatkan collab adalah Mega Man. Lebih tepatnya, seri MegaMan Battle Network dan Mega Man Zero dari Game Boy Advance, dengan munculnya MegaMan.EXE dan Zero di Onimusha.

6. Crash Twinsanity

Tentu saja, bukan hanya game fighting yang muncul di list ini. Dirilis 17 tahun lalu, Crash Twinsanity seringkali disebut sebagai game Crash Bandicoot berkualitas terakhir, sebelum kebangkitannya dengan N. Sane Trilogy dan Crash Bandicoot 4.

Crash Twinsanity dikenal dengan humornya dan banyaknya konten dan juga rahasia-rahasia yang dimasukkan dalam game tersebut. Salah satunya adalah kemunculan Spyro the Dragon dalam game tersebut, yang bisa dilihat di atas.

7. MotoGP (2000)

Game racing juga bisa memiliki collab, dan hal tersebut bisa kita lihat dalam game-game racing seperti Mario Kart dan Sonic All-Stars Racing. Namun, bagaimana jika karakter yang cartoony seperti Klonoa muncul dalam game racing yang lebih realistis seperti MotoGP (2000) yang dirilis di PS2? Hasilnya.. bisa dilihat dalam video di atas.

Selain tujuh game di atas, apakah kalian tahu tentang collab-collab di game jadul lainnya? Silakan komen di bawah!


Untuk membaca artikel tentang collab dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version