7 Game Lakik Banget yang Bikin Kamu Makin LAKI

Game Lakik

Maskulinitas dalam sebuah film maupun video game sering digambarkan cukup berlebihan di masa lalu. Bahwa semua pria yang kuat, berotot, galak, jago berantem, dan gahar menjadi standar banyak media tersebut.

Namun menjadi seorang pria yang LAKI banget ngga melulu soal visual, otot, dan kekerasan karena tak semua bidang dalam kehidupan membutuhkan hal tersebut. Terkadang menjadi penentu keputusan yang baik dan sayang keluarga sebagai sesosok ayah bisa menjadikanmu lebih LAKI dari pada pria lainnya.

Dalam daftar berikut, kami telah rangkumkan sekitar tujuh game yang bisa jadi referensimu agar bisa semakin maskulin atau bahasa gaulnya LAKI banget. Tentu saja tidak dengan meniru sifat setiap karakternya secara mentah-mentah, namun jadikannya referensi agar semakin LAKI.

Apa saja gamenya? Berikut 7 Game Lakik Banget yang Bikin Kamu Makin LAKI.

7. God of War Series

Seri God of War ceritakan masa muda Kratos membasmi para dewa-dewa. Perangainya yang gagah, sadis, dan garang membuat banyak orang menyukai tokoh ini. Terlebih setelah kamu mengetahui bahwa para developer sempat membuat adegan “ehm” untuknya di seri PS2 dengan musuh dan wanita yang ia temui.

Seri ini menjadi salah satu contoh toxic masculinity yang berkembang jadi sebuah taubat di iterasi teranyarnya yang dirilis di PS4. Kratos digambarkan dari lelaki garang butuh perhatian, menjadi sesosok ayah yang mengajari anaknya dengan sabar dan penuh pertimbangan. Kurang laki gimana?

6. Call of Duty Modern Warfare 1-3 (atau Remastered)

Call of Duty Modern Warfare 1-3 menjadi seri terbaik yang pernah Infinity Ward kembangkan. Premisnya memang cukup simple, di mana kamu ditugaskan sebagai tentara khusus untuk mengejar para teroris bersama rekan satu tim-mu. Namun banyak sekali drama hingga pelajaran yang bisa dipetik darinya.

Salah satunya adalah bisa membuatmu semakin laki dengan meniru tokoh Captain Price dalam berbagai aspek. Price tak hanya memimpin anak buahnya sebagai seorang profesional di bidangnya, namun juga prioritaskan anak buahnya untuk terus hidup meskipun ya… kita tahu bahwa di akhir serinya hanya dia yang masih hidup. Semua keputusannya memang bukan yang terbaik, namun gaya, model, hingga karakternya yang kebapakan setidaknya bisa membuatmu belajar untuk jadi LAKI.

5. Duke Nukem Series

Oke saya tahu ini mungkin hanya sebuah guyonan untuk memilih seri Duke Nukem, namun setidaknya ini adalah seri “paling aman” untuk saya masukkan list. Duke Nukem digambarkan sebagai lelaki “american dream” a.k.a pria impian semua pria di Amerika. Fisik berotot, rambut cepak tentara, hingga sifat super percaya diri yang membuatnya disukai gadis-gadis menjadikannya salah satu karakter paling maskulin yang bisa kamu “tiru”.

Well, kecuali sifat playboynya di mana ia memang sangat terkenal sering dikelilingi gadis-gadis muda nan aduhai. Di setiap gamenya memang ia sering digambarkan seperti itu sebagai fanservice untuk melepas penat setelah seharian membasmi para alien. Tapi saya akan meragukan ke-LAKI-an-mu sih kalau kamu ngga suka sama para cewek yang mengelilingi Duke.

4. Soulsborne + Sekiro

Ngga cuman dari visual dan perlakuan aja, jelas mental menjadi masalah yang penting untuk dilatih menjadi seorang LAKI. Oleh karenanya saya menyarankanmu untuk memainkan seri Soulsborne + Sekiro yang terdiri dari Dark Souls series, Bloodborne, dan Sekiro: Shadows Die Twice.

Dalam game tersebut, kamu diajarkan untuk bersabar menghadapi tantangan sulit tak hanya dari bos saja, namun juga dari kroco-kroco yang harus kamu tumpas sebelum melawan bos. Tidak gegabah dan mendahulukan emosi adalah dua hal yang secara diam-diam diajarkan dalam game ini. Bahwa untuk jadi LAKI, ada kalanya kamu harus sabar dalam mengambil keputusan.

3. Red Dead Redemption Series

Meski Red Dead Redemption ceritakan para outlaw atau penjahat di kedua serinya, namun banyak sekali yang bisa dipetik dari dua tokoh utamanya: John Marston dan Arthur Morgan yang membuatmu bisa semakin lakik. Terlebih kedua karakter tersebut digambarkan sebagai seorang yang realistis dan bukan orang sempurna yang sering diproyeksikan dalam video game.

John Marston memang sangat brengsek dengan segala sifatnya, ia tak suka burung, dan mudah marah akan segala sesuatu. Namun ia sangat menghormati wanita dan menolak keras untuk melakukan perzinahan di luar istrinya. John juga sangat hormat dengan Dutch yang menjadi figur ayah baginya.

Sementara Arthur Morgan digambarkan sebagai orang yang tak segan membunuh orang lain. Meskipun demikian, ia miliki sebuah prinsip bahwa kekerasan harus dilakukan dengan dingin tanpa membawa perasaan dan alasan yang jelas. Arthur juga salah satu karakter yang paham setiap konsekuensi yang ia lakukan.

Kedua karakter utama serinya bisa jadi panutan agar membuatmu semakin lakik dan realistis dalam kehidupan.

2. Fist of the North Star: Lost Paradise

Ingat meme “Omae wa mou shindeiru”? Bukan, itu bukan dari JoJo, tapi Fist of the Northstar atau bahasa Jepangnya Hokuto no Ken. Seri ini sudah sempat jadi video game di PS1, namun kemudian dilanjutkan hingga seri PS4 dengan judul Lost Paradise.

Fist of the North Star: Lost Paradise ceritakan petualangan Kenshiro mencari tunangannya Yuria di sebuah kota bernama Eden. Sama kayak game adaptasi film tahun 80-an, Lost Paradise gambarkan Kenshiro sebagai laki yang ngga boleh nangis meskipun dia adalah orang yang sensitif dan baik hati. Meskipun begitu, sadar diri adalah salah satu sifat yang bisa ditiru darinya untuk membuatmu menjadi semakin lakik. Karena tak adanya kesadaran diri akan membuatmu gegabah dan terlihat konyol sebagai seorang lelaki.

1. Yakuza Series (1-6)

Oh tentu saja yang satu ini adalah salah satu masterpiece yang pernah dibuat oleh Ryugagotoku Studio dengan judul bahasa Jepang yang sama dengan nama studionya, Ryu ga Gotoku (harfiah: Like a Dragon) atau Yakuza dalam judul bahasa Inggrisnya.

Game ini ceritakan perjalanan Kiryu Kazuma dari konflik keluarga Yakuza-nya hingga ia pensiun. Segala kejadian dan keputusan Kiryu menjadikannya orang yang tak hanya kuat, namun dihormati oleh banyak orang.

Kiryu tak mau orang yang dikasihinya hidup di dunianya yang kejam, ia juga sangat menghormati orang lain asal tak mengganggunya. Meskipun banyak sekali konten side-questnya yang sangat kontras di mana ia digambarkan sangat bodoh, khas kebodohan anime shonen atau lelaki Jepang, namun sifat Kiryu yang sangat baik kepada sesama dan garang terhadap orang-orang di clan akan mengajarimu menjadi lakik yang bisa membedakan kehidupan biasa dengan profesional.

Kamu juga bisa belajar bagaimana ia menyelesaikan masalah yang tak melulu dengan kekerasan dan bagaimana ia mau mengalah hingga bertanggung jawab atas perbuatannya.


Ketujuh game di atas memang tak membuat stereotipe sendiri tentang pria yang harus melakukan sesuatu yang sama seperti karakter di dalamnya. Namun ia bisa menjadi referensi bagaimana harus bersikap sebagai seorang lakik, karena tentu saja tujuan artikel ini adalah membuatmu semakin LAKIK dengan memainkan video game.

Tentu saja semua bakal kembali ke dirimu masing-masing bagaimana cara menyikapinya.

Apakah kamu punya daftar game lain untuk membuat kalian yang masih kurang lakik menjadi semakin LAKIK? Seperti biasa, cantumin semuanya di kolom komentar di bawah.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version