7 Game Mobil Balap dengan Kekuatan Khusus

in
Game Mobil Balap

“Langka” adalah kata yang terbesit di benak kita saat mencari game balapan dengan kekuatan khusus atau bahasa teknisnya “vehicular combat racing”. Genre ini memang sempat populer di tahun 90-2000-an dengan varian yang sangat unik. Namun karena semuanya telah diperas di era PS1 dan PS2, kurangnya jumlah dan peminatnya di era PS3 dan PS4 membuat publisher enggan bertaruh untuk mendanai genre serupa.

Meskipun begitu, terdapat beberapa game mobil balap dengan kekuatan khusus yang masih seru dinikmati hingga detik ini. Beberapa adalah game lawas, namun kami juga memasukkan daftar game lain yang dirilis selama beberapa tahun terakhir. Apa saja gamenya? Berikut daftarnya.

7. NASCAR: Rumble

Siapa tak kenal NASCAR: Rumble? Game legendaris PS1 yang satu ini gabungkan mobil-mobil NASCAR dengan power-up yang bisa dihempaskan ke musuh. Terdapat beberapa power-up yang tersebar di sirkuit mulai dari hammer shield yang bisa melontarkan musuh yang ditabrak, hingga angin topan. Berbeda dengan balapan NASCAR biasa, sirkuit yang diberikan juga bukan sirkuit yang umum, namun dengan beragam kelokan dan rintangan yang mematikan.

6. Split Second

Split Second adalah game mobil balap selanjutnya yang miliki beberapa power-up. Kehancuran adalah makanan sehari-harinya. Dalam game ini, player bisa memilih banyak mobil untuk diadu dalam balapan yang diadakan di sirkuit yang umumnya berada di daerah perkotaan. Berbeda dengan yang lain, dalam game ini kamu bisa mengeluarkan sebuah kekuatan atau “event” khusus yang disebut power play. Power play hanya bisa dilakukan jika meternya telah penuh. Caranya? Melakukan beberapa stunt seperti drifting.

5. Obliteracers

Jika game mobil balap lain fokus pada kecepatan hingga sirkuitnya, maka Obliteracers takkan bekerja seperti itu. Game ini miliki shared-screen dengan maksimum 16 player dalam satu layar. Di setiap balapan akan terdapat power up crate yang bisa diambil dengan kekuatan yang sudah terpampang. Tujuanmu tidak mengejar finish, namun melumat lawan-lawanmu dengan kekuatan atau menjatuhkannya dari sirkuit. Sayangnya, balapan di Obliteracers cukup lambat dan terlalu cepat kalah akan membuatmu cepat bosan.

4. Blur

Blur mungkin adalah gabungan antara Split Second dengan NASCAR: Rumble. Ia miliki power-up yang bisa diambil di tengah permainan dan balapan cepat. Kamu bisa menampung hingga tiga power-up dan menjaga health bar mu agar tidak habis. Beberapa mobil merupakan mobil berlisensi dengan sirkuit yang diambil dari dunia nyata. Sayangnya Blur sudah tidak ada di pasaran karena lisensinya tidak diperbarui Activision sejak tahun 2011.

3. Grip: Combat Racing

Bertema futuristik, Grip: Combat Racing miliki mobil yang bisa dibalik-balik. Ia juga miliki power-up dengan kekuatan uniknya. Dengan kata lain, mobilmu tidak akan bisa terbalik sama sekali karena kedua sisi mobil sama persis. Setiap trek akan berada di lokasi planet antah-berantah yang didesain untuk balapan cepat. Kamu bisa menggunakan bermacam-macam kekuatan seperti machine-gun hingga tentu saja homing missile.

2. Crash Team Racing Nitro Fueled

Sebenarnya cukup aneh untuk memasukkan kart racing ke kategori mobil balap, namun karena minimnya beberapa game balap yang menggunakan mobil dengan kekuatan khusus, maka saya memutuskan untuk memasukkannya.

Crash Team Racing Nitro Fueled adalah versi reboot dari iterasi aslinya yang sempat dikembangkan Naughty Dog. Kamu akan bisa melihat semua karakter favoritmu di era PS1 dengan tampilan yang lebih baik. Mereka juga masih mempertahankan beberapa power-up yang bisa diambil dengan menabrakkan kart ke kotak-kotak misterius.

1. Team Sonic Racing

Meski Team Sonic Racing adalah kart racing, namun penggunaan “mobil” memutuskan saya untuk memasukkannya juga. Simplenya, game ini kurang lebih sama dengan Crash Team Racing, namun dengan kekuatan khasnya yakni “tim”. Kamu bisa berada di belakang rekan satu tim-mu untuk memperoleh kecepatan lebih tinggi sembari mengambil power-up yang muncul di sepanjang permainan. Permainan tim memang sangat ditekankan untuk menuju finish dan berada di posisi pertama.


Itulah 7 game mobil balap dengan kekuatan khusus. Apakah kamu sempat mencicipinya? Dari daftar di atas, memang tak banyak game yang menggunakan konsep power-up, namun kami bisa saja salah dan mungkin kamu bisa memberikan beberapa game serupa untuk para pembaca lain di kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).