7 Game Paling Lama Dibuat di Dunia sampai Dianggap Mitos!

Game Paling Lama Dibuat

Jika berbicara tentang pengembangan game paling lama dibuat, tentunya banyak faktor yang membuat sebuah game memiliki waktu yang panjang. Namun terkadang beberapa permasalahan yang diwajarkan bukan menjadi masalah utama sebuah game diundur.

Apa game yang paling lama dibuat? Pada artikel ini, terdapat 7 game paling lama dibuat bahkan beberapa diantaranya hingga sekarang masih belum rilis. Karena durasinya yang lama tersebut, game – game ini pernah mendapat status “Mitos” karena durasi pengembanganan yang terlalu lama.

Game Paling Lama Dibuat di Dunia

Game Paling Lama Dibuat di Dunia

Berikut ini 7 game paling lama dibuat di dunia:

1. Spore

Spore

Game yang dikembangkan oleh Maxis dan dipublikasi oleh EA ini merupakan salah satu game simulasi yang sangat populer. Dengan fitur yang cukup banyak dari evolusi bakteri hingga menjadi makhluk yang melakukan koloni galaxy, wajar saja game ini dikembangkan dalam waktu yang lama.

Spore sendiri dikembangkan selama 8 tahun. Alasan utama mengapa game ini memiliki waktu yang lama untuk dikembangkan adalah penyeimbangan konsep alien yang terlihat lucu serta evolusi makhluk yang akurat secara ilmiah. 2 Konsep yang berbeda tersebut membuat Spore membutuhkan waktu lama, dan ya tentu saja semuanya terbayarkan.

2. The Last Guardian

The Last Guardian

Salah satu game yang cukup ikonik ini memang membutuhkan waktu yang lama untuk dikembangkan. Team ICO yang merupakan pengembang dibalik The Last Guardian memang selalu memberikan game dengan kualitas terbaik menurut standar mereka.

Setelah kesuksesan Shadow of Colossus, Team ICO langsung mengembangkan game The Last Guardian. Game ini direncanakan rilis untuk platform PlayStation 3 namun karena beberapa alasan, game ini berpindah platform ke PlayStation 4.

Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, faktor utama adalah kapabilitas PlayStation 3 yang dirasa kurang untuk skala dan fitur game ini. Selain itu, beberapa orang penting dibalik The Last Guardian yang berhenti, Permasalahan publisitas dan hal lainnya menjadi faktur yang membuat game ini memiliki waktu pengembangan selama 8 tahun lebih.

3. Too Human

Too Human

Mungkin tidak banyak gamer yang tahu dengan game yang satu ini. Too Human merupakan game yang dikembangkan oleh Silicon Knight, developer dibalik game Metal Gear Solid: The Twin Snakes.

Game ini pertama kali direncanakan rilis untuk PlayStation 1 pada tahun 1999, namun akhirnya game ini rilis 2 generasi setelah konsol tersebut yaitu pada Xbox 360 pada tahun 2008.

Hal utama mengapa game ini dikembangkan selama 8 tahun adalah game ini dikembangkan menggunakan Unreal Engine 3 dan Silicon Knight merasa pihak Epic Games selaku pemilik Engine kurang memberikan bantuan dalam pengembangan.

Karena hal tersebut, Silicon Knight menuntut Epic Games pada tahun 2007. Namun Epic Games menuntut balik Developer game tersebut dan memenangkan tuntutan tersebut. Silicon Knight terpaksa harus menghapus file serta menarik game ini dari peredaran.

4. Dead Island 2

Dead Island 2

Dead Island 2 merupakan salah satu game yang memiliki status Mitos karena pengembangannya yang terlalu lama. Game yang dikembangkan oleh Deep Silver ini pertama kali diumumkan pada tahun 2014.

Game ini berkali – kali berpindah tim pengembang, mulai dari Yager Development, Sumo Digital, dan sekarang berada di Dambuster Studios. Karena lamanya pengembangan game ini hingga hampir 10 tahun, salah satu game parody yaitu Goat Simulator 3 membuat lelucon dengan merilis trailer game mereka yang terlihat sangat mirip dengan trailer perdana game ini.

5. Final Fantasy XV

Final Fantasy XV

Final Fantasy XV memang diumumkan pertama kali pada 2013 dan rilis pada tahun 2016. Namun game ini mulai masuk tahap pengembangan pada tahun 2006 dan memiliki nama yang berbeda.

Game ini terlebih dahulu dikenal dengan nama Final Fantasy Versus XIII dan merupakan bagian dari dunia seri FF XIII. Namun karena proses pengembangan yang lama karena director utama yaitu Tetsuya Nomura memiliki proyek lain, game ini berpindah tangan dan dikepalai oleh Hajime Tabata.

Nomura sendiri masih tetap mengawasi proyek tersebut meskipun dirinya mengembangkan Versus hanya sampai 25% pengembangan saja. Tabata yang memiliki pandangan berbeda akhirnya memutuskan game ini menjadi seri tersendiri dan terpisah dari dunia Final Fantasy XIII.

Karena hal tersebut, wajar saja game ini memiliki durasi pengembangan yang sangat lama yaitu 10 tahun. Tentunya game ini menjadi salah satu game paling lama dibuat di dunia karena hal tersebut.

6. Duke Nukem Forever

Duke Nukem Forever

Serial yang sangat populer pada jaman dahulu ini merupakan game yang sangat populer. Namun karena tidak adanya kabar setelah kesuksesan game sebelumnya, nama serial Duke Nukem akhirnya redup.

Duke Nukem pertama kali diumumkan pada tahun 1997. Namun karena berbagai masalah seperti perubahan engine hingga beberapa kali dan kecilnya tim pengembangan, game ini rilis dengan penuh bug dan mendapat respon negatif.

Total waktu pengembangan game ini sempat memegang rekor game paling lama dibuat dengan total waktu 5156 hari. Namun rekor ini tentunya rekor tepecahkan oleh game pada list terakhir dari Gamebrott.

7. Beyond Good and Evil 2

Beyond Good and Evil 2

Dan rekor game paling lama dibuat jatuh kepada Beyond Good and Evil 2. Game yang satu ini pertama kali diumumkan pada tahun 2008 dan sangat dinanti – nanti oleh para gamer karena game pertamanya merupakan game yang bagus.

Namun terhitung dari artikel ini dibuat, game ini masih masuk dalam tahap pengembangan dan sudah lebih dari 5350 hari. Tentunya durasi tersebut memegang rekor terlama dan masih terus berlanjut. Ubisoft sendiri masih mengatakan bahwa game ini dalam tahap pengembangan beberapa waktu yang lalu.

Tidak begitu diketahui alasan utama mengapa game ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Director game ini yaitu Michel Ancel juga sudah keluar dari studio tersebut pada tahun 2020 lalu.

Nah itulah 7 Game paling lama dibuat di Dunia versi Gamebrott. Jadi apakah game – game ini berada pada list mitos yang kamu ketahui, Brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait List Game atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version