7 Game PC/Console Terbaik 2020 untuk Isi Harimu

in , , , , ,
Game Pc Terbaik

2020 menjadi tahun yang seolah hanya lewat begitu saja sejak terjadinya pandemi COVID-19, khususnya di industri video game. Banyak game yang direncanakan rilis tahun ini terpaksa ditunda hingga tahun depan maupun waktu yang belum ditentukan akibat pandemi tersebut. Meskipun pada kenyataannya, permintaan video game justru meningkat dengan sangat pesat tahun ini karena banyaknya orang yang bekerja maupun belajar dari rumah.

Insiden tersebut rupanya juga tak hentikan beberapa developer yang telah setidaknya 90% rampung mengerjakan gamenya tahun ini untuk segera merilisnya. Memberikan banyak gamer seluruh dunia miliki cukup banyak pilihan. Khususnya bagi mereka yang telah dirumahkan untuk bekerja maupun belajar di rumah demi meminimalisir penyebaran COVID-19.

Lalu, bagaimana dengan kualitasnya? Apakah mampu jadi salah satu game yang termasuk terbaik tahun ini dan mengisi harimu di tengah kebosanan saat pandemi? Berikut game PC terbaik 2020 untuk isi harimu.


Disclaimer

Dari banyaknya judul yang telah dirilis tahun ini, kami telah menyaringnya menjadi setidaknya tujuh video game PC/Console terbaik 2020. Memberikanmu sebuah opsi game PC/Console mana yang harus kamu pertimbangkan untuk dimainkan tahun ini.


7. Microsoft Flight Simulator

Technical Marvel, itulah sebutan para media barat saat mereview Microsoft Flight Simulator. Game garapan Asobo Studio tersebut miliki tampilan visual layaknya foto asli yang mereplika seluruh bumi dari satelit Bing milik Microsoft. Tak hanya visual, player bisa menikmati bagaimana caranya menerbangkan pesawat baik konvensional maupun jet tempur. Menguji kemampuan terbang masing-masing dalam simulasi yang telah dibuat mendekati realita tersebut.

6. F1 2020

Jika game berlisensi F1 hanya terbatas pada permainan balap klasik yang itu-itu saja, bahkan sempat hilangkan fitur career mode di salah satu serinya. Maka F1 2020 akan terasa sangat berbeda dari semua seri yang telah digarap Codemasters tersebut. Kali ini ia berikan salah satu fitur yang paling diinginkan komunitasnya, yakni membentuk tim balap sendiri dan meniti karirnya hingga menjadi legenda balap. Beberapa fitur baru lain seperti split-screen, steering assist, dan pengalaman lain yang lebih mudah diakses oleh semua kalangan membuatnya menjadi salah satu game PC terbaik tahun ini. Setidaknya untuk game balap berlisensi.

5. Valorant

Mencoba untuk mengikuti kiprah Counter Strike: Global Offensive yang mendunia, Riot Games buat Valorant dengan dasar permainan salah satu nenek moyang game FPS klasik tersebut. Hal yang membuatnya berbeda adalah bahwa mereka sematkan hero atau agent yang menjadi daya tarik utama. Permainan taktikal yang cepat dengan ability masing-masing agent dan permainan klasik yang dikenal banyak orang tak membutuhkan waktu lama bagi Valorant untuk langsung duduki peringkat atas sebagai salah satu game populer, khususnya di Twitch.

4. Genshin Impact

Bertolak dari game mobile, miHoYo mencoba untuk gaet semua player baik PC, console, dan mobile melalui Genshin Impact. Game action JRPG tersebut ceritakan seorang traveler dari dunia lain yang terlempar ke Teyvat. Petualangannya pertemukannya dengan Paimon, makhluk kecil yang akan membantunya di sepanjang perjalanannya. Dunianya yang luas dan terinspirasi berat dengan The Legend of Zelda: Breath of the Wild namun dengan rasa yang berbeda, tak membuatnya butuhkan waktu lama untuk dicintai oleh para fansnya. Tak terkecuali koleksi ragam karakter yang memiliki ceritanya masing-masing yang menjadi salah satu daya tariknya.

3. Half-Life Alyx

Jarang membuat game namun sekali membuat langsung bagus, itulah yang dilakukan Valve pada salah satu franchise besarnya, Half-Life. Alih-alih membuat seri ketiga, mereka terbitkan Alyx sebagai game teranyarnya yang bercerita di tengah-tengah kejadian seri pertama dan kedua. Buat image Gaben sebagai si anti angka tiga semakin menduduki peringkat teratas. Meskipun begitu, Half-Life Alyx sepertinya menjadikan standar baru di dunia gaming PC, terutama Virtual Reality atau VR. Hal ini karena semua elemennya digarap dengan sangat baik layaknya game first-person shooter atau FPS biasa. Berikan kesan bahwa Valve menggarapnya dengan sangat hati-hati dan detil, atau istilah seni panggungnya all-out.

Half-Life Alyx menceritakan Alyx Vance yang menjalankan misi demi mengamankan superweapon milik bangsa alien bernama Combine. Dalam misinya, ia dan ayahnya, Dr. Eli Vance kemudian ditangkap oleh Combine. Alyx kemudian diselamatkan oleh salah satu anggota Resistance bernama Russell dan memberitahu bahwa ayahnya akan dipindah ke Nova Prospekt untuk diinterogasi. Ia kemudian bertolak ke sana dan berniat menghentikan kereta yang membawa ayahnya yang berjalan di area bagian luar City 17.

2. Yakuza 7 / Yakuza: Like a Dragon

Disebut sebagai sekuel, namun bukan Kiryu jadikan Yakuza 7 atau Yakuza: Like a Dragon awal debut tokoh baru bernama Kasuga Ichiban. Gamenya ceritakan bagaimana Kasuga, anggota junior dari keluarga Arakawa dari klan Tojo yang diminta pimpinannya, Masumi Arakawa untuk menggantikan pembunuh dari keluarganya sebagai tahanan penjara. Ia kemudian setuju dan berharap hal tersebut akan jadikannya seorang pahlawan suatu saat nanti.

Game ini untuk pertamakalinya adaptasi sistem battle turn-based layaknya JRPG klasik dari action yang telah diimplementasikan secara turun-temurun hingga seri keenam. Meskipun begitu, implementasi turn-basednya justru membuat Yakuza: Like a Dragon sangat seru untuk dimainkan. Memberikan sesuatu yang segar dan daya tarik tersendiri untuk para fansnya. Meskipun Steam Indonesia tak kebagian jatah, namun kamu yang memiliki PS4 bisa membelinya secara digital.

1. Assassin’s Creed Valhalla

Meski sempat jatuh bangun, namun Ubisoft kali ini berhasil ramu Assassin’s Creed Valhalla menjadi game yang sangat apik. Semua elemen franchisenya dibawa dalam versi sempurna gamenya tersebut. Mereka berikan opsi untuk bar-bar maupun full-stealth, lengkap dengan elemen RPG yang telah mereka implementasikan sejak Origins yang makin imersif, tanpa membuang apapun yang ada di dalamnya. Seolah semua miliki arti tersendiri dan tak terlupakan oleh siapapun. Jadikannya salah satu game PC terbaik 2020 yang kemungkinan besar menjadi calon GOTY tahun ini.

Gamenya ceritakan Eivor, salah satu anggota Ravenclan yang berjuang untuk dapatkan rumah baru bagi bangsa Viking bersama kakak angkatnya, Sigurd dan istrinya. Bertolak dari Norwegia, mereka pergi ke dataran Inggris untuk membangun rumah baru sekaligus berusaha membentuk aliansi bersama para penguasanya.


Itulah game PC terbaik 2020 untuk isi harimu. Apakah ada yang kami lewatkan? Atau kamu memiliki saran lain untuk gamer di luar sana selain daftar game di atas? Seperti biasa kamu bisa cantumkan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.