7 Game Pixel dengan Story Terbaik 2021 – Part 2

Cover Game Pixel Part 2

Game pixel di masa kini miliki tampilan visual yang jauh lebih apik dibanding Contra atau Super Mario pertama karena jumlah pixel yang diberikan lebih banyak.

Jika di masa lalu game pixel hanya fokus pada gameplay simple dan menyenangkan, maka di masa kini ia berubah menjadi salah satu game dengan cerita maupun musik yang bisa disandingkan dengan judul AAA di luar sana.

Tak hanya solid, para developer juga kerap memberikan detil super unik dan dalam di setiap kisah maupun mekaniknya yang bahkan mungkin tidak terpikirkan oleh developer besar yang banyak dikejar deadline.

Jika dalam artikel sebelumnya kami telah merangkum game yang mungkin kebanyakan dari kamu mengenalnya. Kali ini kami mencoba untuk memberikanmu referensi daftar yang sedikit berbeda dan jarang dikenal. Apa saja gamenya? Yuk langsung saja kita simak. Perlu diingat, ini adalah part 2 yang mana kami bisa saja akan melanjutkannya di part 3 dan seterusnya.

7. Heartbound (Early Access)

Meskipun masih dalam Early Access sejak tahun 2018, Heartbound sudah memiliki cerita yang solid. Gamenya kisahkan seorang anak lelaki bernama Lore yang harus melawan depresi, kegelisahan, dan ketakutannya demi mencari anjing peliharaannya, Baron. Kisahnya akan berubah seiring dengan pilihan dan keputusanmu berinteraksi dengan lingkungan, karakter, dan pertempuran. Tak hanya dalam bentuk dialog dan cerita, namun juga musuh dan obyek interaktif di dunianya.

6. Owlboy

Kisahkan seorang anak kecil setengah burung hantu bernama Otus. Hidupnya berubah setelah ia bertemu dengan para bajak laut, namun hal tersebut hanyalah awal dari kisah hidup yang akan ia jalani. Kamu akan banyak jumpai puzzle, dungeon, dan melawan musuh yang mengganggu jalanmu. Owlboy didesain dengan sangat apik. Game ini miliki pixel art yang sangat detail baik dari backgroundnya, maupun foregroundnya.

5. Half Past Fate

Half Past Fate adalah game romantic comedy yang ceritakan enam karakter dalam menjalani hidupnya. Kamu akan memerankan berbagai karakter seperti CEO perusahaan Startup, Fotografer, hingga Sutradara Film. Kisah mereka akan saling sambung dengan elemen romantis dan takdir. Gamenya dibalut dengan visual pixel art yang indah lengkap dengan musik upbeat yang menariknya justru membuatnya nampak lebih hidup.

Half Past Fate juga memiliki “sekuel” berjudul Romantic Distancing, di mana merupakan proyeksi dari keadaan dunia saat ini selama pandemi. Ceritakan bagaimana dua sejoli harus melakukan social distancing sembari menjaga hubungan keduanya.

4. VA-11 HALL-A

VA-11 HALL-A kisahkan tentang bartender di sebuah bar bernama VA-11 HALL-A (dibaca Valhalla) yang terletak di dunia cyberpunk pada tahun 207X. Tentu saja sebagai bartender tugasmu tak lepas dari menyajikan minuman pada para pelangganmu, yakni karakter yang menjadi cerita gamenya. Kamu akan mendengarkan curhatan dan pengalaman mereka. Meskipun demikian, pekerjaanmu tak hanya akan berkutat di dalam bar saja, namun juga di luar seperti pergi ke rumah seseorang untuk mengobrol atau menggunakan aplikasi di smartphone.

3. Coffee Talk

Dibuat oleh developer Indonesia, Toge Productions, Coffee Talk kisahkan seorang penyaji kafe yang melayani dan jadi tempat curhat para pelanggannya. Gamenya bersetting di Seattle versi fantasi, di mana banyak ras seperti Orc, Demon, dan yang lain hidup berdampingan dengan umat manusia. Tugasmu adalah memuaskan mereka dengan kopi buatanmu sembari mengulik informasi tentang latar belakang setiap karakter yang muncul.

2. Hyper Light Drifter

Hyper Light Drifter miliki tampilan visual yang menarik bagi kamu yang menyukai warna cerah maupun gaya 16-bit. Gamenya ceritakan seorang Drifter yang berusaha menemukan obat dari penyakitnya. Untuk melakukannya, ia harus bertualang di Lands of Buried Time. Game ini tak miliki cerita naratif secara gamblang, namun kamu bisa mencaritahu dan memahami ceritanya sendiri selama perjalanannya.

1. Celeste

Celeste kisahkan pencarian jati diri tokoh utamanya, Madeline. Kamu akan membantunya untuk berjuang hingga mencapai puncak gunung Celeste. Selama perjalanannya, kamu tak hanya akan melewati tantangan platformer, namun juga melihat bagaimana perjuangan Madeline untuk melawan/berusaha menerima sisi gelapnya, “part of me” atau yang fans beri nama “Badeline”.

Tentu saja Celeste bukanlah game yang mudah. Kamu akan jumpai dan alami berbagai tantangan sulit yang mungkin akan membuatmu mati berkali-kali. Meskipun pada dasarnya ia miliki kontrol yang sangat mudah dipelajari.


Tujuh game di atas mungkin banyak yang tidak kamu kenal meskipun jumlah yang terkenal juga cukup banyak. Beberapa di antaranya miliki kisah dan tentu saja atmosfir pixel art yang sangat keren dan menarik untuk diikuti. Tentu saja kamu wajib membaca dan menikmati ceritanya tanpa melewati dan hanya ingin tamat saja, karena jika tidak kamu tidak bisa mendapatkan esensi utama yang developer berusaha sajikan.

Dari daftar di atas, yang mana yang menjadi favoritmu? Kami mungkin akan melanjutkannya di part 3, namun kamu bisa mencantumkan pengalaman, favorit, atau daftarmu sendiri di kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version