7 Game Populer yang Di-Banned oleh Pemerintah Cina

Game Banned Cina Diblokir

Negara Cina dikenal sebagai negara yang memiliki aturan yang sangat tegas kepada warganya. Berbagai aturan diberlakukan untuk berbagai sektor, salah satunya adalah industri video game. Pihak industri video game harus mengikuti segala prosedur dan aturan jika ingin produk game mereka rilis di negara tersebut. Jika tidak, maka game-game mereka akan di-banned atau diblokir dari peredaran di Cina.

Pada kesempatan kali ini, Gamebrott akan memberikan 7 game populer yang di-banned oleh pemerintah Cina. di negara mereka Game populer apa saja yang di-banned oleh pemerintah Cina? Yuk, kita cari tahu bersama!

1. Animal Crossing: New Horizons

7 Game Populer yang Di-Banned oleh Pemerintah Cina 8

Game pertama yang akan saya bahas adalah Animal Crossing: New Horizons. Siapa yang menduga bahwa game populer buatan Nintendo ini bisa di-banned atau kena blokir oleh pemerintah Cina.

Ternyata ada alasan tertentu kenapa game imut dan lucu ini dilarang oleh pemerintah Cina. Game yang rilis pada 20 Maret 2020 untuk Nintento Switch pernah digunakan pemain untuk aksi protes terhadap pemerintah Cina. Hal ini dilakukan oleh aktifis bernama Joshua Wong asal Hong Kong.

Dia melakukan aksi protes di dalam game Animal Crossing: New Horizons karena menjadi salah satu media yang mudah untuk mendapatkan dukungan. Terlebih aksi protes yan dia lakukan pada pertengahan tahun 2020 ini sedang maraknya penyebaran COVID-19. Dengan melakukan aksi protes dalam game, dia beserta pendukungnya tidak perlu keluar rumah.

Ternyata hal ini diketahui oleh pemerintah Cina. Tidak lama setelah viralnya aksi Joshua Wong di game Animal Crossing: New Horizons, membuat pemerintah Cina memutuskan untuk memblokir game ini. Hal tersebut membuat para gamer tidak bisa membelinya dari dalam negeri dan terpaksa membelinya dari luar.

2. Battlefield 4

7 Game Populer yang Di-Banned oleh Pemerintah Cina 9

Selanjutnya ada game FPS perang berjudul Battlefield 4. Game buatan developer DICE yang rilis pertama kali pada 29 Oktober 2013 untuk platform PS3, Xbox 360 dan PC juga mendapatkan larangan untuk beredar di negara Cina.

Hal tersebut karena pada game Battlefield 4 berfokus pada perang dimana pemain akan menghadapi salah satu musuh utamanya dari tentara militer negara Cina. Selain itu, banyak konteks yang memberikan kesan buruk terhadap negara Cina kepada dunia melalui sebuah game. Karena itulah pemerintah Cina memutuskan untuk banned atau blokir game Battlefield 4 dari perederan di negera mereka yang terjadi pada tahun 2013 silam.

3. Command & Conquer: Generals

7 Game Populer yang Di-Banned oleh Pemerintah Cina 10

Masih seputar game bertemakan perang, game real time strategy berjudul Command & Conquer: Generals buatan developer EA Pacific juga mendapatkan pemblokiran dari pemerintah Cina.

Banyak alasan kenapa game Command & Conquer: Generals yang rilis pertama kali pada 10 Februari 2003 untuk PC ini di-banned. Salah satunya adalah pada misi campaign di negara Cina, pemain melakukan penyerangan pada tempat Hong Kong Convention and Exhibition Centre dan menjadikannya markas. Selain itu tempat populer Tiananmen Square di Cina hancur akibat ledakan nuklir.

Tidak heran jika pemerintah Cina banned atau blokir game Command & Conquer: Generals karena isi game-nya melakukan penghancuran tempat ikonik di negara Cina.

4. Devotion

7 Game Populer yang Di-Banned oleh Pemerintah Cina 11

Game populer yang di-banned oleh pemerintah Cina selanjutnya adalah game horror berjudul Devotion. Game yang dikembangkan oleh developer Red Candle Games ini rilis pertama kali pada 19 Februari 2019 untuk platform gaming PC dan macOS.

Devotion mendapatkan teguran keras dari Cina karena menyelipkan sebuah pesan rahasia yang tidak menyenangkan bagi negeri Tirai Bambu tersebut. Game tersebut menyelipkan sebuah pesan yang menuliskan nama Presiden Cina Xi Jinping dan nama karakter Winnie the Pooh yang ditulis secara berdekatan.

Jika kalian tidak paham maksud konteksnya, biar saya jelaskan secara singkat. Sejak tahun 2013, Presiden Xi Jinping sering dikaitkan dengan karakter Winnie the Pooh dari Disney di internet. Itu karena adanya kemiripan pada Presiden Xi Jinping dan Winnie the Pooh. Sejak saat itu, pemerintah Cina bersikeras untuk tidak mengkaitkan Presiden mereka dengan karakter fiksi tersebut dan menganggap bahwa karakter Winnie the Pooh sebagai hinaan.

Karena itulah pemerintah Cina beserta warganya sangat marah dengan pesan rahasia yang ada di game Devotion. Pihak Red Candle Games telah meminta maaf kepada pihak yang merasa tersinggung dengan hal tersbeut.

5. Football Manager 2005

7 Game Populer yang Di-Banned oleh Pemerintah Cina 12

Game ber-genre manager sepak bola tidak lepas dari pemblokiran pemerintah Cina di negara mereka. Hal itu terjadi pada game Football Manager 2005 yang dikembangkan oleh developer Sports Interactive rilis pada 5 November 2004 silam untuk PC dan Mac OS X.

Apa yang membuat game ini diblokir oleh pemerintah Cina adalah terdapatnya konteks dimana Tibet dianggap merupakan sebuah negara independen. Selain melakukan pemblokiran, pemerintah Cina juga memberikan teguran keras kepada siapa saja yang membeli atau menjual Football Manager 2005 akan dikenakan denda 3000 Yuan atau sekitar Rp 66 juta.

6. I.G.I.-2: Covert Strike

7 Game Populer yang Di-Banned oleh Pemerintah Cina 13

Satu lagi game perang yang di-banned oleh pemerintah Cina, yaitu I.G.I.-2: Covert Strike. Game stealth FPS yang dikembangkan oleh developer Innerloop Studios rilis pada 21 Februari 2003 untuk platform PC.

I.G.I.-2: Covert Strike diblokir pemerintah Cina karena telah melanggar regulasi aturan distribusi game di negara tersebut. Itu karena adanya misi dimana pemain menyelinap ke markas militer Cina dan mencuri informasinya. Pemerintah Cina menganggap hal tersebut merupakan pencemaran buruk terhadap mereka.

7. Plague Inc. dan Plague Inc. Evolved

7 Game Populer yang Di-Banned oleh Pemerintah Cina 14

Dan yang terakhir dalam daftar ini adalah game buatan developer Ndemic Creations berjudul Plague Inc dan Plague Inc Evolved. Game ini dikenal sebagai sebuah simulasi fiksi bagaimana sebuah virus menyebar dan menjangkit seluruh umat manusia di bumi.

Pada saat awal mula puncak pandemi COVID-19 di awal tahun 2020, game ini tiba-tiba menjadi populer dimana para pemainnya memasukkan nama virus mereka menjadi COVID-19 atau Virus Corona. Ternyata game simulasi penyebaran virus ini tidak mendapatkan respon positif dari pemerintah Cina beserta warganya.

Developer Ndemic Creations memberitahukan secara resmi bahwa mereka akan menarik peredaran game tersebut di negara Cina. Hal tersebut karena Cyberspace Administration of China meminta mereka untuk menarik semua peredaran game beserta konten DLC terkait Plague Inc di negara mereka.

Itulah informasi mengenai 7 game populer yang di-banned oleh pemerintah Cina di negara mereka. Bagaimana menurut kalian? Apakah game-game tersebut memang seharusnya diblokir di negara Cina?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game PC, PC, PS3, Xbox 360 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version