7 Game Robot Selain Gundam yang Bisa Dimainkan di PC

Mass Builder 4

Robot merupakan gabungan mesin berbentuk layaknya manusia, mesin, maupun wujud lain yang berfungsi sebagai pembantu manusia. Umumnya robot dikendalikan oleh kecerdasan buatan atau AI yang diprogram untuk mengerjakan segala tugasnya. Namun tak sedikit manusia membayangkan untuk membuat robot humanoid atau yang menyerupai manusia untuk berperang.

Meskipun hal tersebut sangat tidak mungkin, namun karya animasi Mobile Suit Gundam mampu representasikannya dengan sangat baik. Animasi karya Sunrise dan milik Bandai Namco tersebut seolah bisa menyihir semua penggemarnya di berbagai belahan dunia untuk membayangkan berbagai robot keren dengan kemampuan tempurnya yang luar biasa.

Mobile Suit Gundam sendiri telah diadaptasi ke berbagai media seperti komik maupun video game, namun tak sedikit fans yang kurang puas dengan game yang rata-rata dibuat Bandai Namco tersebut. Terlebih gamenya sendiri rata-rata masih fokus untuk dikembangkan untuk konsol.

Oleh karenanya, banyak developer indie yang ingin mengerjakan game robotnya sendiri dengan mekanik yang lebih menyenangkan. Menariknya, semua gamenya bisa dimainkan di PC. Apa saja gamenya? Berikut 7 game robot selain Gundam yang bisa dimainkan di PC.

7. Hardcore Mecha

Game pertama adalah Hardcore Mecha di mana kamu akan mengendalikan robot dalam sebuah permainan sidescrolling action platforming. Kamu bisa melompat, terbang, hingga gunakan beberapa senjata unik milik robotmu. Selain aksi tersebut kamu juga bisa menggunakan ultimate hingga mengalahkan boss yang muncul. Namun perlu diingat, semua senjatamu dalam gamenya miliki amunisi, jadi pastikan kamu menghematnya dan tidak menghambur-hamburkannya.

Hardcore Mecha menceritakan sekelompok tentara bayaran yang menjalankan setiap misinya. Kamu bisa mengkustomisasi robotmu dan menikmati animasinya yang sangat oke di sepanjang permainannya. Sebuah hal yang sangat didambakan oleh penikmat game robot di luar sana.

6. Garrison Archangel

Jika kamu sempat menikmati seri Mobile Suit Gundam Versus, maka Garrison Archangel mungkin bisa menjadi penggantinya. Game ini kurang lebih sama seperti Gundam Versus, namun hal yang membuatnya berbeda adalah bagaimana setiap robotnya bisa dikustomisasi sedemikian rupa untuk saling bertempur satu sama lain.

Selain kustomisasi, kamu bisa bertempur dengan teman maupun keluargamu. Kamu juga bisa memainkan mission mode, di mana gamenya akan menceritakan konflik Baja Secunda yang mana kamu akan menjadi salah satu pilot tentara bayaran bernama Ghost. Pace permainannya yang cepat membuatmu yang menyukai game robot cepat terpuaskan.

5. Dual Gear (Early Access)

https://www.youtube.com/watch?v=4Hqk28hDa9g

Dual Gear merupakan game turn-based mechanical combat. Game buatan Orbital Speed Studio tersebut simplenya Front Mission yang selama ini diinginkan oleh para fans. Bagi kamu yang sering memainkan game buatan Squaresoft (sekarang Square-Enix) tersebut, maka kamu takkan perlu kesulitan untuk mengenal gamenya lebih lanjut. Kamu akan mengendalikan beberapa robot untuk melumat musuhmu dengan mekanik turn-basednya.

Hal yang membuatnya berbeda ialah Dual Gear miliki animasi berjalan layaknya kamu mengendalikan robot dengan sudut pandang orang ketiga. Beberapa fitur seperti menghancurkan part robot, memasang senjata, hingga mengkustomisasi robot. Namun karena kondisi gamenya masih dalam masa early access, maka ceritanya sendiri masih belum lengkap.

4. M.A.S.S. Builder (Early Access)

Membangun robot, mengkustomisasinya dan terjunkan dalam battle adalah konsep utama M.A.S.S. Builder. Game action mech battle ini akan mungkinkanmu untuk mengkustomisasi apapun dari robot milikmu. M.A.S.S. Builder ceritakan bagaimana umat manusia digempur oleh ancaman alien bernama Quarks yang menyerang bumi.

Oleh karenanya mereka menciptakan sebuah unit bernama M.A.S.S. atau Mechanical Assault Skeleton Suit untuk bertahan hidup dan mengusir para alien tersebut dari bumi. Kamu akan mengendalikan M.A.S.S. untuk menumpas alien bernama Quarks. Robot ini akan bisa dikustomisasi sesuka hati, mulai bagian kepala, tangan, tubuh, hingga kaki. Kamu bahkan bisa memasang stiker maupun mengubah warna untuk mempercantik tampilan robotmu.

3. Battletech

Jika Dual Gear merupakan game turn-based dengan sudut pandang orang ketiga ketika robotmu dikendalikan, maka Battletech akan lebih seperti Front Mission secara umum. Namun berbeda dengan Front Mission, Battletech lebih kedepankan pendekatan turn-based yang lebih realistis. Di mana gerakan robot akan lebih lambat layaknya robot di dunia nyata.

Battletech bersetting di tahun 3025 di mana galaksi tengah dalam masa perang yang mana diikuti oleh para bangsawan dengan robot yang disebut sebagai BattleMech. Kamu akan bisa mengendalikan, upgrade, dan kustomisasi semua robot tersebut untuk ikut terjun dalam peperangan antar galaksi.

2. Override: Mech City Brawl

Jadi, kamu tidak suka dengan turn-based dan lebih suka game yang lebih straightforward penuh aksi? Tenang, Override: Mech City Brawl akan memuaskan minatmu tersebut. Ini karena game buatan The Balance Inc. tersebut akan mungkinkanmu bertempur dalam sebuah arena yang dibuat dari lokasi asli di dunia nyata.

Kamu akan bisa menghancurkan musuhmu dalam pertempuran 1vs1 atau 2vs2 dalam arena seperti Tokyo, Mesir, hingga Meksiko dengan robot raksasa. Terdapat sekitar 12 robot raksasa yang bisa dikendalikan.

1. Titanfall 2

Titanfall 2 adalah salah satu game robot terbaik yang diciptakan Respawn Entertainment. Meskipun fokus mereka adalah hubungan antara robot dan pilotnya, namun pada akhirnya pertempuranmu akan fokus pada robot yang disebut Titan. Kamu akan mengendalikan Jack Cooper untuk mengemban misinya bersama Titan pemberian atasannya untuk menumpas beberapa anggota tentara bayaran yang mengacaukan dunianya.

Titanfall 2 merupakan salah satu game dasar di mana Apex Legends hadir di dunia yang sama dengan setting di masa depan. Gamenya miliki misi single player dan multiplayer yang sangat seru dengan pace permainan yang sangat cepat. Kamu akan mengendalikan pilot yang kemudian bisa memanggil titan untuk bertempur satu sama lain dalam beberapa mode tertentu.


Itulah 7 game robot selain Gundam yang bisa dimainkan di PC. Apakah kamu memiliki rekomendasi lain selain daftar di atas? Seperti biasa, cantumkan semua saranmu melalui kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version