7 Game Strategi PC yang Wajib Ditunggu Tahun 2019-2020

in

Memiliki peminat yang tak seramai game action membuat developer dan publisher kesulitan memasarkan game strategi mereka. Belum lagi karena game strategi dominan di PC, maka pembajakan akan selalu menjadi momok terbesar yang terus menghantui kantong mereka. Di sisi lain, gempuran pasar game lain seperti game mobile buat mereka tergiur untuk dapatkan keuntungan lebih dari gamer mobile. Namun, beberapa dari mereka masih yakin akan fanbasenya yang kuat untuk terus membuat game strategi. Membuat developer indie menguasai pasar untuk ranah game strategi.

Beruntung, sepertinya beberapa perusahaan besar sudah mulai untuk memperhatikan pasar tersebut. Terlebih setelah banyak sekali dorongan dari para fans lawas franchisenya untuk membuat game yang sempat singgah di hati mereka saat kecil. Berikut beberapa game strategi PC yang wajib ditunggu tahun 2019-2020.

7. Total War Saga: TROY


Total War adalah seri game yang menggabungkan antara turn-based strategy dengan real-time strategy. Di mana kamu akan mengatur ekonomi saat tidak dalam keadaan perang dalam sejumlah turn, dan mengatur pergerakan ratusan unitmu saat peperangan dimulai. Seri terbarunya akan mengangkat tema Yunani kuno dengan salah satu pertempuran ikonik di kota bernama Troy yang dikuasai oleh kekaisaran Romawi timur. Berbeda dari beberapa seri sebelumnya, Total War Saga: TROY akan hadirkan dewa-dewi yang dipuja oleh masyarakat. Menyenangkan mereka akan berimu dan rakyatmu kebaikan dalam kehidupanmu. Di sisi lain jika kamu membuat mereka murka, maka keburukan akan menimpa semua kerajaanmu. Game ini rencananya akan dirilis tahun 2020 mendatang.

6. Panzer Corps 2


Menjadi salah satu raja dari sub-genre strategi yakni “wargames” di seri pertama, tak buat Flashback Games kapok untuk hadirkan iterasi keduanya. Panzer Corps 2 masih tawarkan permainan layaknya wargame di mana semua unitmu akan direpresentasikan dalam sebuah unit raksasa di atas map dengan model permainan turn-based. Gamenya tawarkan konten yang lebih banyak dengan setting perang dunia kedua sebagai panggungnya. Terdapat lebih dari 60 skenario mode campaign dengan lebih dari 1000 unit yang berbeda. Ia juga berimu 10 tambahan skenario single player dan 10 skenario untuk multiplayer lengkap dengan support mod yang mereka tambahkan dengan Scenario Editor. Jadikannya sebuah game yang tak hanya cocok bagi penikmat genre strategi namun juga pemain catur di luar sana.

5. Stronghold Warlords


Seri Stronghold sudah mengalami masa naik turun dalam kiprahnya. Setelah sebelumnya Firefly Studios terus berkutat pada kerajaan Timur Tengah dan Eropa, kini mereka mencoba berpindah haluan dengan menyoroti kerajaan yang ada di Asia Timur. Beberapa di antaranya adalah Vietnam, China, Jepang, dan Mongolia. Beberapa unit, setting, dan sistem warlord baru dijanjikan akan hadir dalam gamenya. Meskipun semuanya baru, namun Firefly Studios masih ingin memperkenalkan mekanik klasik yang sempat menjadi ciri khas game Stronghold di masa lalu. Mulai dari pembangunan bangunan yang kembali ke grid system, hingga fokusnya pada keadaan ekonomi kerajaanmu. Kamu juga bisa merekrut warlord baru yang ada di map dengan menggunakan mata uang baru bernama diplomacy point. Mereka akan membantumu saat pertempuran, seperti mengirimkan bahan baku.

4. Iron Harvest


Muncul dengan janjikan robot dan fisik kehancuran yang luar biasa jadikan Iron Harvest salah satu game strategi ala Company of Heroes yang wajib ditunggu kehadirannya. Game yang menceritakan konflik antara tiga fraksi: Polania, Saxony Empire, dan Rusviet ini bersetting di tahun 1980+, sebuah dunia alternatif yang dibuat oleh seorang artis bernama Jakub Rozalski. Terdapat lebih dari 40 unit yang bisa kamu kendalikan di setiap fraksi termasuk hero dan robotnya. Kamu juga bisa membangun bangunan pendukung untuk melindungi proses penambangan dan sebagai tempat bernaung unit-unitmu demi merebut beberapa poin yang tersebar di penjuru map.

3. Warcraft III Reforged


Warcraft III merupakan iterasi terakhir dari seri game real time strategy Warcraft yang mengadaptasi sistem dasar gamenya dari Command & Conquer namun diubah sedemikian rupa. Game buatan Blizzard tersebut kini akan dibuatkan versi remaster dengan judul Reforged. Ia akan hadirkan konsep yang sama seperti versi orisinalnya namun dengan tampilan visual yang lebih baik dengan model 3D dan UI baru untuk semua mode baik gameplay utama hingga world editornya. Sementara resolusinya kini akan mendukung 16:9 hingga 4K. Kamu bisa memilih banyak fraksi mulai dari human, orc, night elf, hingga undead lengkap dengan kisahnya yang epik. Belum jelas kapan gamenya akan dirilis, namun laman pre-ordernya memberikan batas 31 Desember 2019 nanti. Indikasikan Blizzard akan lebih dulu merilisnya.

2. Age of Empires IV


Belum penggemar game strategi sejati kalau kamu tak mengenal seri Age of Empires. Game yang telah ada sejak tahun 1997 ini usung tema kerajaan yang mungkin sempat kamu pelajari dalam sejarah dunia. Serinya terus berlanjut hingga tahun 2019 dengan perilisan ulang Definitive Edition yang muncul dengan tampilan visual yang lebih baik. Kini, Microsoft dan Relic Entertainment berusaha untuk melanjutkannya ke seri keempat. Sayangnya, hingga detik ini Microsoft hanya memberikan teaser dan tak lebih. Jadi kita belum bisa memprediksi apapun tentang gamenya. Namun jika harus berteori, saya memprediksi gamenya bisa jadi menjadi multi-century dengan perubahan teknologi dari purba hingga super canggih seperti Empire Earth atau hingga perang dunia saja.

1. Command & Conquer Remastered & Red Alert Remastered

Ya, ia kembali. Meski tahun lalu Electronic Arts seolah menghina para playernya dengan perilisan Rivals di mobile. Namun pada akhirnya mereka mengkonfirmasikan bahwa game Command & Conquer Remastered dan Red Alert Remastered untuk kembali ke PC. Bekerjasama dengan para mantan developer orisinalnya (Westwood Studios) yang kini telah mendirikan studio baru yakni Petroglyph, Electronic Arts yakin mereka bisa merevitalisasi franchise yang jadi standar game real time strategy di seluruh dunia tersebut dengan Remastered. Berbeda dari seri orisinalnya, versi remastered akan mengubah beberapa hal termasuk tampilan visual hingga UI untuk membangun bangunan maupun produksi unitmu. Sayangnya, hingga tulisan ini turun, mereka masih enggan untuk menunjukkan wajah baru dari Command & Conquer Remastered dan Red Alert Remastered.


Itulah 7 game strategi yang wajib ditunggu tahun 2019-2020. Manakah yang akan kamu wishlist dan mainkan? Saya tahu, memilih antara Command & Conquer, Age of Empires, dan Warcraft merupakan pilihan yang sangat sulit. Tapi, biar bagaimanapun kamu harus memilih. Syukur-syukur bisa milih ketiganya.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).