7 Game yang Bangkitkan Semangat 17 Agustusan Selama PPKM

Kemerdekaan

Hari kemerdekaan 17 Agustus mungkin telah berlalu sejak artikel ini dibuat, namun semangatnya takkan pernah pudar. Ya, meskipun pada kenyataannya kali ini kita harus dihadapkan dengan pandemi yang melanda, namun hal tersebut bukan berarti kita takkan melewatkan ragam event yang seharusnya dilaksanakan. Salah satunya? Lomba 17 Agustusan.

Beberapa tahun lalu lomba-lomba tersebut bisa dilakukan secara langsung di lapangan, namun kali ini kita harus terus berada di rumah untuk menekan penyebaran virus COVID-19. Meskipun demikian, kita bisa lho melakukan kesenangan yang sama. Tentu saja dengan menggunakan kecanggihan teknologi yang berkembang pesat saat ini via video game.

Banyak developer yang telah mengembangkan video game berisi lomba-lomba atau bahasa kerennya, mini-game untuk bersenang-senang. Tentunya lomba tersebut bukan yang khas 17-an seperti panjat pinang atau balap karung. Namun lebih modern.

Meskipun demikian, hal tersebut takkan menghalangi semangat 17-an untuk mengikuti lomba dan memenangkan sebuah hadiah meskipun hanya dalam bentuk skor digital dan barang yang fana. Setidaknya selama pandemi masih belum berakhir.

Kami telah rangkumkan setidaknya tujuh game yang bisa membangkitkan semangat 17-an selama masa PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat untuk bisa dinikmati bareng keluarga, teman, pacar, bahkan tetanggamu. Apa saja gamenya? Simak melalui daftar berikut.

7. Fall Guys: Ultimate Knockout

Terinspirasi dari permainan acara TV Jepang, Takeshi’s Castle atau Benteng Takeshi, Fall Guys: Ultimate Knockout berisi ragam lomba yang bisa dimainkan bersama banyak player lain di PC dan console. Kamu akan berperan sebagai Fall Guy yang akan melewati lomba halang rintang, memasukkan bola ke gawang dengan cara unik, dan permainan unik lainnya.

Dengan sistem Knockout yang dimilikinya, Fall Guys: Ultimate Knockout akan bawa ragam player hingga permainan untuk raih hadiah terakhir menjadi pemenang sesinya. Terjatuh di luar batasan player yang bisa lanjutkan sesi selanjutnya akan membuatmu “knockout” alias keluar dari permainan dan tak bisa melanjutkan sesi selanjutnya.

6. Overcooked! 2

Overcooked! 2 akan uji bagaimana hubungan pertemanan serta keluargamu. Kamu akan adu kerjasama dan kecepatan bersama teman, pacar, atau keluarga baik offline maupun online untuk raih tujuan yang sama: memuaskan pelanggan dengan masakanmu.

Game ini sebenarnya miliki cerita dengan setting yang mirip dengan iterasi pertamanya, dimana kamu akan kembali ke kerajaan bawang untuk selamatkan dunia dengan memasak. Kini monster yang harus kamu puaskan selera makannya adalah The Unbread, monster seram berbentuk roti tawar dengan matanya yang menyala. Mampukah kamu dan keluargamu menyelesaikan tantangan di setiap levelnya hingga memuaskan The Unbread?

5. Jackbox Party Pack Series

Berisi ragam permainan unik, seri Jackbox Party Pack khususnya yang terbaru yakni ketujuh memiliki keunggulan yang tak dimiliki game lainnya. Di mana player hanya perlu memiliki satu game saja dan teman-teman yang ingin bergabung hanya perlu pergi ke website jackbox.tv untuk memainkannya bersama pemilik game baik via smartphone dan yang lain.

Gamenya rata-rata bisa dimainkan oleh 3 hingga maksimum 8 player yang sayangnya jika semakin banyak player maka ia akan semakin mudah. Kamu bisa berlomba untuk menebak kuis kultur pop, terus mengobrol bersama teman-temanmu, hingga mencoba untuk menjadi yang paling lucu dengan memilih kalimat tertentu.

4. Mario Party

Mario Party adalah representasi dari permainan ular tangga yang didigitalkan. Bukan, bukan permainan di mana kamu akan berlomba melanjutkan pion sampai finish, melainkan memiliki jalan yang sama namun dalam beberapa sesi tertentu, kalian akan memainkan mini-game untuk berlomba bersama.

Beberapa permainan lomba seperti pertempuran arena layaknya Super Smash Bros, hingga menghindari beragam halang rintang hingga salah satu dari kalian knockout bisa dinikmati bersama teman, pacar, maupun keluargamu.

3. 1-2 Switch

1-2 Switch merupakan seri permainan lomba yang bisa dilakukan banyak player. Gamenya miliki ragam permainan unik seperti menebak dan memprediksi kapan bola dari baseball akan sampai dan memukulnya, hingga mengikuti gerakan maupun ketukan tarian satwa untuk gaet pasangan saat musim kawin.

Semua bisa dilakukan dengan menggerakkan joy-con mesinnya yang telah dilengkapi motion sensor. Kamu akan bisa memukul bola sesuai perasaan dan mengikuti goyangan dari clue yang telah diberikan oleh gamenya hanya dengan menirukan gerakan memukul hingga mengocok joy-con Nintendo Switchmu sesuai irama.

2. Bishi-Bashi Special

Bagi mereka yang sempat memainkan PS1, mungkin Bishi-Bashi Special akan membawamu untuk kembali bernostalgia. Singkatnya, game ini miliki ragam lomba yang direpresentasikan dengan mini-game yang sangat unik. Mulai dari Karate Man dimana kamu harus memukul banyak musuh yang datang kepadamu, hingga menggerakkan boneka sesuai yang diinstruksikan. Semua bisa dimainkan bersama teman atau keluarga hingga delapan player.

1. Tower Unite (Early Access)

Meskipun belum sepenuhnya rampung, namun Tower Unite bakal bisa bikin kamu betah berlama-lama dalam permainannya. Simplenya sih game ini mirip dengan VR Chat namun tanpa VR dan miliki banyak sekali mini-game yang bisa dimainkan bareng teman-temanmu.

Terdapat beberapa permainan seperti mini golf, accelerate, balapan, hingga permainan arcade yang biasa kamu temui di mall. Kamu juga bisa berkreasi, pergi ke taman bermain virtual, dan menikmati ragam lomba menarik bersama teman, pacar, dan keluargamu.


Itulah 7 game yang bisa bangkitkan kembali semangat 17 Agustus-an meskipun masih dalam masa PPKM. Ada yang kamu punya dan mainkan? Atau mungkin kamu punya permainan lain yang lebih seru dengan ragam lomba menarik? Seperti biasa, kamu bisa cantumin di komentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version