7 Game yang Beri Pengalaman Jadi Bajak Laut Sungguhan

Ac4 Blackflag

Menjelajah dunia melalui lautan tentu hal yang sangat menyenangkan bagi mereka yang miliki jiwa petualang dan mencintai lautan. Petualangan ini seringkali diproyeksikan melalui film bajak laut yang tak hanya menunjukkan keindahan lautan dan pulaunya, namun juga bagaimana kehidupan mereka yang bebas menjelajahi dunia dan bertemu orang maupun rintangan baru yang harus dihadapi.

Salah satu seri bajak laut tersebut sukses diproyeksikan Disney melalui Pirates of the Caribbean dengan cerita petualangan Jack Sparrow menjelajahi Karibia dari yang bukan siapa-siapa menjadi salah satu yang paling diburu bahkan oleh bajak laut “alam lain” sekalipun.

Kisah tersebut menginspirasi saya untuk mengulik game apa saja yang mengangkat tema bajak laut dan berikan pengalaman setidaknya “sama” dengan film buatan Disney dan timnya tersebut. Tentu saja ini karena tak ada yang lebih baik dari menjadi tokoh utama video game dan memerankannya sesuai keinginanmu sendiri daripada harus menonton orang lain memerankannya.

Lantas, apa saja game yang akan berimu pengalaman jadi bajak laut sungguhan? Berikut 7 game yang beri pengalaman jadi bajak laut sungguhan. Perlu diingat, beberapa mungkin perlu kamu hindari jika kamu tak suka membaca.

7. Sea Dogs

Sea Dogs bukan menjadi game action adventure layaknya game bajak laut lain melainkan RPG. Menariknya kamu bahkan bisa memilih untuk tak menjadi bajak laut dalam game ini.

Gamenya ceritakan kamu yang kabur bersama para tahanan penjara untuk melakukan apapun yang kamu mau setelah berhasil melakukannya. Sama seperti game RPG lain, kamu bisa mengikuti cerita, menyelesaikan misi dari beragam negara, mengirim kargo, hingga menjadi pedagang jika kamu mau.

6. Risen 2: Dark Waters

Angkat action RPG sebagai gameplay utama, Risen 2: Dark Waters ceritakan seorang hero tanpa nama yang berusaha untuk menghentikan serangan Kraken, seekor monster laut berbentuk layaknya gurita raksasa. Kamu bisa mengeksplorasi dunia, menyelesaikan quest, dan mengkustomisasi karakter sesuai dengan apa yang kamu mau.

Gamenya akan berkutat pada kehidupan bajak laut karibia yang dibalut dengan kisah mistis, fantasi, dan sihir. Kamu akan menemukan ragam cerita para dewa penghuni lautan dan drama atas laut yang jarang kembali diangkat di game saat ini.

5. Lego: Pirates of the Carribean: The Video Game

Mengadaptasi film ke dalam video game memang bukan hal yang mudah. Namun Lego: Pirates of the Carribean: The Video Game berhasil berikan pengalaman menarik khas Lego dari film buatan Disney tersebut.

Kamu akan bermain sebagai Jack Sparrow, Will Turner, dan beberapa karakter lain dalam format action platformer seiring berjalannya cerita. Berbeda dengan game pada umumnya yang hadirkan voice actor dengan dialognya, seri Lego adalah game tanpa dialog namun masih bisa dimengerti oleh para playernya.

4. Pillars of Eternity II: Deadfire

Meskipun melanjutkan dari seri pertama, Pillars of Eternity II: Deadfire masih bisa dinikmati oleh para playernya. Bersetting lima tahun setelah iterasi pertama, player akan berperan sebagai Watcher yang dihidupkan kembali untuk memburu dewa yang telah mati, Eothas di kepulauan Deadfire.

Kamu bisa menjelajahi lautan, melawan kapal musuh, berburu buruan, dan berpetualang di lautan megah yang mungkin belum pernah dieksplorasi sebelumnya.

Tentu saja saya mengingatkan bahwa game ini merupakan semi-action RPG dengan banyak teks yang mungkin tak cocok buatmu yang hanya menyukai game dengan sinematik atau full action.

3. Sid Meier’s Pirates!

Mungkin ini adalah game bajak laut yang paling nagih yang pernah dikembangkan. Sid Meier’s Pirates! Ceritakan seorang hero yang menjadi kapten bajak laut di laut lepas. Ia memulainya dengan kapal kecil, namun seiring berjalannya waktu, kamu bisa mengupgradenya menjadi lebih besar dan kuat untuk melawan bajak laut di luar sana.

Kamu bisa berperang melawan kapal bajak laut lain, menginvasi kota di beberapa kepulauan, hingga mencuri kapal musuh. Tak hanya itu, kamu juga bisa bermain politik di wilayah Karibia dengan menghancurkan beberapa pasukan dari kerajaan Inggris maupun Spanyol.

2. Assassin’s Creed IV: Black Flag

Masih bertemakan Karibia, sesuai judulnya, seri Assassin’s Creed IV: Black Flag akan ajak player memainkan Assassin dari mantan kru bajak laut. Game ini mengabulkan semua yang kamu inginkan untuk tema bajak laut. Kamu bisa mengeksplorasi dunianya yang luas, perang kapal super seru, hingga tentu saja mengikuti konten cerita antar Assassin vs Templar yang menjadi tema kisah utama gamenya.

Tak hanya itu saja, Edward Kenway menjadi salah satu tokoh utama seri Assassin’s Creed terkeren sepanjang masa setelah Ezio. Ia tak hanya akan memburu para Templar agar menghentikan usahanya untuk mencari Sage, namun juga menikmati drama Kenway dan kapten bajak laut lain untuk membuat surga bagi para bajak laut.

Kamu bisa menemukan beberapa tokoh terkenal yang diceritakan di sepanjang kisah bajak laut. Salah satunya dalah Blackbeard atau Janggut Hitam yang terkenal dengan kekuatan dan kekejamannya.

1. Sea of Thieves

Sea of Thieves mungkin memang game yang tak memiliki kisah utama dengan pengalaman naratif yang menyenangkan. Ia adalah game online yang mungkinkanmu dan teman-temanmu mengendalikan kapal laut, bertempur dengan player lain, dan tentu saja melawan monster bawah laut yang menyeramkan.

Kamu bisa menjarah, menggali peti harta karun, menjalankan quest yang diberikan NPC, serta menikmati kisah yang ditawarkan di dalamnya meskipun tak sekuat game single-player.

Sayangnya kamu harus memainkannya bersama teman-teman dan tak bisa sendirian. Karena semua kontennya takkan seru jika dimainkan seorang diri.


Itulah 7 game yang akan berimu pengalaman jadi bajak laut sungguhan. Apakah kamu sudah pernah memainkannya? Mana yang terbaik? Atau mungkin kamu punya daftar lain? Cantumin ya di komentar di bawah.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version