7 Game yang Bisa Diselesaikan Dalam Hitungan Menit Dengan Cara Unik

in , , ,

Akhir adalah pilihan, kata tersebut tentu hadir pada game apapun yang menyematkan sistem multiple ending didalamnya. Dan berkat sistem tersebut, replaybility terhadap game tersebut semakin tinggi, dimana para gamer akan tertarik untuk mengungkap tiap ending yang ada pada game yang tengah mereka mainkan.

Dari sekian banyak game diluar sana, ada para developer kreatif yang coba menyuntikan secret ending unik kedalam game racikannya. Sebuah akhir cerita tersebut dibungkus dengan unik dan membutuhkan tak biasa  untuk diperoleh, dan berikut ini adalah ketujuh game yang mempunyai daya tarik tersebut:

7. Shadow Complex

Eksistensi game shooter yang satu ini memang tak setenar Resident Evil ataupun Dino Crisis, namun walaupun demikian, game tersebut tetap punya daya tariknya sendiri. Punya gaya shooter side scrolling yang unik dan simple, Shadow Complex memang ditujukan untuk para gamer casual.

Tak hanya mekanismenya gameplaynya saja yang mudah untuk dimengerti, jalan ceritannya pun juga terasa sangat sederhana. Dimana sang protagonis utama – Jason harus menyelamatkan pacarnya yang diculik dan melawan para teroris, namun menariknya ada sebuah ending singkat dan unik yang diselipkan dalam cerita sederhana tersebut.



Jason dan pacarnya – Claire sebenarnya belum lama saling mengenal, alih-alih membahayakan nyawanya untuk menyelamatkan Claire, Jason tentu punya opsi lain. Ya, berbalik arah dan membiarkan Claire diculik, dimana sebelum credits role berputar ia akan mengatakan “plenty of more fish in the sea” atau “masih ada banyak gadis diluar sana”.

6. The Matrix: Path of Neo

Judul The Matrix memang mampu memperoleh banyak kesuksesan, tak hanya filmnya saja, adaptasi versi gamenya pun juga memperoleh kesukesan yang serupa. Salah satu hal menarik yang ada dalam adaptasi game The Matrix adalah dimana elemen dari filmnya juga ikut disuntikan.



Salah satu adegan ikonik dimana Neo diharuskan memilih antara pill merah dan biru dijadikan sebuah sistem choice matters. Jika kalian menonton filmnya, maka sudah jelas Neo harus memilih pill merah dan bergabung dengan Morpheus. Namun jika kalian memilih pill biru, sebuah secret ending akan terakses, dimana Neo tak akan ditolak dan terbangun dari tidurnya.

5. NieR: Automata

Game racikan Platinum Games ini merupakan salah satu game hack & slash yang revolusioner dalam pendekatan storyline. NieR: Automata setidaknya punya 26 ending berbeda, salah satu yang menarik diantaranya adalah T ending yang dapat diperoleh dibawah 20 menit.



Begitu kalian dapat mengakses skill, kalian dapat langsung memilih untuk menghancurkan chip OS yang dimiliki 2B. Begitu kalian menghancurkannya, 2B akan langsung mati dan credit title langsung bermunculan dengan ending fa[T]al error sebagai hasil.

4. The Elder Scrolls III: Morrowind

Game racikan Bethesda ini memang jadi salah satu game RPG paling legendaris, The Elder Scrolls Morrowind punya segudang hal menarik yang membuatnya terasa adiktif di masanya. Gamer akan terpaku selama puluhan bahkan ratusan jam untuk menjelajahi dunia dan menikmati cerita di sepanjang perjalanan.

Namun apa jadinya bila perjalanan panjang dalam The Elder Scrolls Morrowind , sebenarnya dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah? Ya, game tersebut bisa dileselesaikan dalam waktu kurang dari 7 menit secara legal tanpa menggunakan bug ataupun glitch apapun.



Dengan manipulasi sederhana untuk mendapat berbagai item dan ability yang diperlukan, kalian dapat menuju Levitate melalui Ghostfence. Dimana kalian dapat langsung mengalahkan boss terakhir – Dagoth dan memenuhi takdir yang telah diramalkan.

3. Far Cry 4

Pagan Min sebagai antagonis utama memang terlihat seperti anggota boyband yang psycho, namun lebih dari itu, ia ternyata justru sebaliknya. Ya, Pagan Min ternyata bukanlah seorang pria jahat yang haus akan kekuasaan, ia hanya coba melawan pemberontak yang ingin menggulingkannya, seperti Sabal & Amita misalnya.

Sabal & Amita yang nantinya dianggap sebagai teman tersebut nantinya justru punya sikap dan ambisi yang jauh lebih buruk dari Pagan. Jika mengikuti jalur normal gamenya, sang protagonis utama – Ajhay akan membantu Sabal atau Amita untuk menggulingkan Pagan sembari menghantarkan abu mendiang ibunya.



Namun, melalui ending yang dapat diperoleh di awal permainan, dengan menunggu selama 13 menit di kediaman Pagan, Ajhay akan langsung diantarkan menuju tempat peristirahatan terakhir ibunya disamping saudari Ajhay. Ya, ternyata Pagan merupakan mantan kekasih ibu Ajhay, dan mendiang saudari Ajhay tersebut jugalah merupakan anak pertama dari ibu Ajhay & Pagan.

2. Devil May Cry V

Berbagai inovasi coba disuntikan Capcom melalui game ambisiusnya yang sat ini, salah satunya adalah penyematan secret ending didalamnya. Devil May Cry V sebenarnya dapat ditamatkan kurang dari 15 menit dengan mengalahkan sang antagonis – Urizen di mission pertama, namun tentunya hal tersebut sulit dilakukan.



Rata-rata secret ending tersebut dapat diperoleh saat player telah menamatkan cerita utama dan memperoleh upgrade yang diperlukan. Dimana sebenarnya player memang dipaksa untuk kalah terlebih dahulu agar Nero dan kawan kawan berusaha memperoleh kekuatan yang lebih besar melalui cerita utama. Namun jika cukup tangguh untuk melakukannya, secret ending tersebut dapat diperoleh secara langsung tanpa harus melakukan upgrade dan menyelesaikan cerita utama terlebih dahulu.

1. Far Cry 5

Setelah absen dalam Far Cry Primal, Ubisoft akhirnya kembali menyuntikan jalan secret ending unik kedalam Far Cry 5. Sama seperti Far Cry 4, seseorang yang awalnya dianggap merupakan tokoh jahat, sejatinya merupakan tokoh yang punya tujuan baik.

Joseph Seed yang dianggap sebagai pemimpin sekte sesat ternyata benar-benar merupakan seorang utusan Tuhan yang tiap perkataan dan ramalannya aan menjadi kenyataan. Alih-alih menangkap Joseph dan berhadapan dengan perang besar, kalian akan diberikan opsi untuk menyelesaikan game tersebut dalam waktu 11 menit saja, dimana kalian akan meninggalkan dan tak menggangu apa yang sedang diperjuangkan oleh Joseph.



Namun jika sebaliknya, saat memilih untuk melawannya, kalian akan berhadapan dengan kekalahan bersama dengan bencana besar yang mengikuti. Dan pada akhirnya sang protagonis yang kalian gunakan akan “tersadar” dan menjadi pengikut Joseph di game selanjutnya – Far Cry New Dawn.

Itulah ketujuh game yang dapat diselesaikan dalam hitungan menit, dari ketujuh game tersebut, game manakah yang memiliki secret ending paling unik?


Baca juga berita atau artikel menarik lainnya dari Author.

Ernard Anky

Written by Ernard Anky