advertise with us




7 Game yang Pembuatannya Telah Dibatalkan


Add Friend

Sebuah projek pembuatan game biasanya dilalui beberapa tahapan penting sebelum siap dipublikasikan oleh developernya. Biasanya, mereka akan memberitahukan judul dan cuplikan dari projek mereka sebelum dirilis kepada publik. Namun terkadang hal buruk bisa terjadi, ada saja yang dapat mengakibatkan projek mereka ini gagal untuk bisa dirilis.

advertise with us

Percayalah, sebenarnya tak sedikit projek game yang selama ini sudah dikerjakan dengan menggelontorkan uang yang tidak sedikit harus berhenti ditengah jalan tanpa penyebab dan penjelasan yang jelas bagi para penggemar yang sudah menunggu-nunggu game tersebut dirilis. Kalau kalian masih penasaran, ini dia 7 Game yang pembuatannya harus dibatalkan ditengah jalan:


Scalebound

Scalebound adalah sebuah game yang sempat diumumkan di perhelatan E3 2014 lalu, game karya PlatinumGames yang ditargetkan akan menjadi game eksklusif untuk Xbox One ini ternyata gagal untuk bisa dirilis. Game RPG ini awalnya akan menceritakan seorang petualang bernama Drew bersama seorang naga melawan berbagai makhluk raksasa di pulau Draconis.

Game ini harusnya dirilis pada tahun 2016 yang lalu, dan sempat diberitahukan akan diundur menjadi awal tahun 2017. Ditengah-tengah jeda waktu tersebut juga sempat ditunjukkan betapa megahnya permainan ini serta ada mode online co-op multiplayer. Namun semua orang yang menunggu game ini kecewa setelah ada pengumuman dari Microsoft Studio yang menyatakan telah memutuskan untuk memberhentikan pekerjaan Scalebound setelah berbagai macam pertimbangan.


Fez 2

Siapa sih yang gatau Fez? Fez itu bisa dibilang salah satu game Indie yang sukses sejak dirilis tahun 2012. Sebuah game puzzle petualangan dua dimensi yang memiliki tampilan layaknya tiga dimensi. Permainannya yang sederhana, dan tampilannya yang menyegarkan dengan warna-warnanya yang cerah pastinya mengundang para gamers dari segala umur.

Namun sayangnya, kurang lebih setahun setelah diumumkan di Twitter oleh pimpinan desainnya yaitu Phil Fish game ini dikabarkan telah dibatalkan. Banyak yang berspekulasi bahwa pemberhentian produksi Fez 2 ini diakibatkan oleh argumentasi Phil Fish dengan seorang jurnalis video game di twitter yang memojokkan Phil tentang pembuatan Fez 2.


Titan

Blizzard Entertainment mungkin lebih kalian kenal atas game buatannya World of Warcraft. Blizzard Entertainment ternyata sempat membuat sebuah projek game MMO bernama Titan berawal di tahun 2007 lalu. Hal ini diketahui banyak orang ketika Blizzard Entertainment membuka lowongan pekerjaan untuk projek game MMO terbaru.

Pada tahun 2008, hal ini dikonfirmasi oleh Blizzard Entertainment pada saat itu dan mereka mengkonfirmasi projek game Titan ini masih dalam proses pengerjaannya. Namun kabar pembatalan pembuatan Titan muncul di tahun 2014, game MMO bertema Sci-Fi ini dinilai tidak akan laris di pasaran dan diputuskan untuk diberhentikan proses pembuatannya. Banyak orang berspekulasi, konsep Sci-Fi dari game Titan diimplementasikan ke Overwatch sekarang.


Prey 2

Prey, mungkin game yang sedikit kalian jarang dengar. Buat kalian yang belum tahu, Prey adalah sebuah game First Person Shooter yang dikombinasikan dengan petualangan dan misi-misi seru yang dibuat oleh Bethseda Softworks. Kesuksesan Prey membuat Bethseda Softworks memberanikan diri untuk membuat sekuel selanjutnya yaitu Prey 2.

Sayangnya, game ini harus dibatalkan karena menurut para developernya tidak memenuhi standar yang mereka inginkan untuk sekuel lanjutan dari Prey. Hal ini diumumkan oleh Bethseda Softworks pada 30 Oktober 2014 lalu dan membuat para penggemar Prey sekuel pertama cukup kecewa, mengingat game ini cukup unik dibanding game-game FPS lainnya yang ada pada saat itu.


Starwars 1313

Kesuksesan banyak seri game dari Starwars mungkin seidkit menutup fakta bahwa ada beberapa game yang bertemakan Starwars gagal dirilis ke publik karena satu dan lain hal. Salah satunya adalah seri Starwars 1313 yang sempat diumumkan akan menjadi game aksi dan petualangan bertemakan Starwars. Digadang-gadang game ini akan menjadi salah satu seri game terbaik dari sekuel Starwars.

Namun, pada 3 April 2013 game ini dinyatakan diberhentikan pengerjaannya karena Disney baru saja membeli sebuah perusahaan bernama LucasFilm dan memutuskan untuk menghentikan semua projek yang sedang berjalan pada saat itu. Menyebabkan game serial Starwars yang satu ini tidak pernah dilanjutkan lagi pengerjaannya.


Dawngate

Game yang satu ini mungkin udah satu langkah didepan daripada game-game yang ada dilist ini. Sudah sempat memasuki tahap Beta, namun pada akhirnya game ini ditarik karena beberapa hal dan alasan. Pertama, karena game tidak mencapai standar yang diinginkan oleh para pengembangnya. Kedua, game ini dinilai kurang bisa memberikan kesan baru pada game MOBA sejenis.

Padahal game ini bisa dibilang bisa menjadi game MOBA yang cukup bersaing jika produksinya diteruskan. Akan banyak cerita yang langsung berhubungan dengan karakter-karakter yang kalian bisa mainkan. Meski banyak diterpa gosip meniru DOTA, maupun LOL, namun sebenarnya game ini punya keunikannya tersendiri dibanding game MOBA sejenis.


World of Darkness

Kembali, sebuah Game MMO nampaknya banyak yang bernasib buruk dan tidak bisa diselesaikan. World of Darkness adalah sebuah game MMO dengan tema Vampire yang dikerjakan oleh EVE Online developer CCP Games beberapa tahun lalu. Game ini bisa dibilang akan menjadi game yang cukup revelosioner untuk game MMO pada masanya.

Namun setelah 8 tahun pengerjaannya, game ini dikonfirmasi sudah tidak lagi dikerjakan dan tidak akan diselesaikan oleh CCP Games tanpa alasan yang jelas pada 14 April 2014. Tapi banyak yang berspekulasi, masalah dana lah yang menjadi penyebab utama mengapa game yang satu ini akhirnya diberhentikan pengerjaannya.


Jadi itu dia 7 game yang dengan sangat berat hati, pengerjaannya harus diberhentikan dengan berbagai macam alasan yang ada. Tapi tak menutup kemungkinan beberapa waktu kedepan game-game ini bisa muncul dipasaran karena dikerjakan kembali oleh para pengembangnya. Kalau boleh pilih, game mana yang ingin kamu mainkan dari 7 game diatas ?

advertise with us

LOGIN

Facebook login coming soon...

reset password

Back to
LOGIN