9 Game yang Ingat dan Rayakan Hari Ulang Tahunmu

98832ec0 87f0 41da B5a7 0a1df6173aad 97236402 10217285145589160 4512985264783622144 O

Setiap tahun usia kita bertambah satu tahun, namun kerabat maupun sahabat tak selalu ingat kapan kamu ulang tahun. Mungkin jika bukan karena notifikasi sosial media, banyak yang tidak akan berikan ucapan selamat kepadamu. Hal tersebut dapat dimengerti, semua orang punya kesibukan masing-masing dan kamu sudah dewasa, bukan anak-anak lagi yang hari lahirnya harus selalu dirayakan dengan kue dan konfeti., tetapi terkadang sulit untuk tidak merasa kecewa melihat absennya kejutan di hari spesial.

Berbeda dengan manusia, software dan juga game selalu ingat dengan hari lahirmu, dan tak senggan para programmer menyisipkan kejutan saat hari tersebut tiba. Berikut game-game yang kami maksud:


1. Metal Gear Solid V: The Phantom Pain

Big Boss, atau tepatnya Venom Snake (jangan ditanya kenapa) alami berbagai rintangan sulit dalam cerita The Phantom Pain, harus jalankan misi di lapangan bukanlah tugas yang mudah. Namun untungnya prajuritnya  Diamond Dogs selalu ingat dengan ulang tahun sang boss dan akan memberikan kejutan kepadanya saat pulang dari misi. Big Boss sampai ke motherbase dengan suasana sepi dan alarm berbunyi, beberapa detik kemudian semua prajurit datang untuk menyanyikan lagu selamat ulang tahun sambil membawa kue. Thanks, Kojima.


2. Seluruh seri Animal Crossing

Dari game pertama hingga seri baru yaitu New Horizons di Nintendo Switch, perayaan ulang tahun telah menjadi tradisi untuk franchise social sim Nintendo ini. Pada saat harinya tiba, NPC villager yang berada di kota/pulau akan memberikanmu kejutan tepat di saat kamu aktifkan game. Nantinya mereka akan mengadakan pesta dengan musik, kue, kado, dan Pinata untuk mengisi pesta.


3. Gran Turismo

Pada seri Gran Turismo mulai dari 5, game mengingat kapan hari lahirmu, meskipun perayaan tidak dilakukan dengan karakter di game berkumpul mengucapkan selamat layaknya game-game lain di list ini, Gran Turismo setidaknya akan mengucapkan selamat tahun ditambah dengan pemberian mobil sebagai hadiah.


4. Kebanyakan dari Seri Project Diva

Jika harus jujur, saya juga tak pernah mainkan satupun game dari franchise ini, jadi mohon dimaklumi jika ada kesalahan dari riset saya. Dari yang saya mengerti ialah game akan rayakan ulang tahunmu di ruangan diva dan karakter vocaloid akan menyanyikan happy birthday kepadamu lengkap dengan kue ulang tahun.


5. Fire Emblems Awakening dan Fates

Pada Fire Emblem Awakening atau Fates, semua karakter punya tanggal ulang tahun sendiri yang bisa dirayakan termasuk karaktermu yang dimana kamu tentukan sendiri. Apabila hari spesial tiba, saat berada di barak, semua NPC akan mengucapakan selamat ulang tahun kepadamu. Kamu juga akan dapatkan beberapa item sebagai hadiah.


6. Beberapa Seri Pokemon

Saya bukan penggemar berat dari franchise Pokemon, maka saya tidak bisa pastikan seri mana saja yang miliki easter egg ini, tetapi yang saya tahu pasti ialah Pokemon X dan Y untuk 3DS menjadi salah satunya.

Tiap seri mungkin miliki caranya masing-masing, namun saya akan jelaskan skenario yang terjadi di seri ini. Ketika kamu memasuki Pokemon Centre di hari ulang tahun, semua orang akan diam di tempat dan game seolah-olah freeze. Namun dalam beberapa detik kemudian, konfeti akan muncul di layar dan suster akan mengucapkan selamat ulang tahun kepadamu.


7. Tomodachi Life

Nintendo memang paling perhatian soal ulang tahunmu, dan Tomodachi Life menjadi game lainnya yang miliki fitur ini. Bisa dibilang game ini adalah versi aneh dari Animal Crossing, dan sama seperti Animal Crossing game akan rayakan ulang tahunmu jika kamu mainkan game bertepatan pada hari tersebut. Kamu akan dibawa ke apartemen karakter mii kreasimu, lalu diberikan kue serta dinyanyikan lagu Happy Birthday.


8. Death Stranding


Satu lagi game dari Hideo Kojima masuk dalam list ini. Sulit untuk mendeskripsikan apa yang terjadi pada ulang tahunmu di game ini melihat ada elemen naratif yang sifatnya bakal spoiler jika diceritakan. Singkatnya ialah akan ada kue yang diberikan kepada karakter Sam yang kamu mainkan.


9. Seaman


Seaman adalah game yang aneh dan eksperimental. Game tak miliki objektif maupun gameplay menantang, kamu hanya mencoba untuk berkomunikasi dengan ikan dengan wajah manusia lewat mic yang ada di controller Sega Dreamcast dan ia akan menjawab baik sebisa mungkin.

Apabila kamu bermain di hari ulang tahunmu, akan muncul kemungkinan ia menanyakan kapan kamu lahir. Apabila game dengan tepat merespon jawabanmu, si ikan akan mengucapkan selamat ulang tahun yang kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan seperti “mengapa kamu mau habiskan waktumu bersamaku?” atau pertanyaan sinis lainnya.


Exit mobile version