7 Karakter Botak Paling Ikonik dalam Video Game

in ,
Karakter Botak Cover

Licin, kinclong, dan bersih, itulah yang tentu terlintas di otak saat menemui kata “botak”. Namun tak sedikit juga yang membayangkan bagaimana keadaan kepala yang umumnya cukup natural saat kita lahir tersebut. Jika memiliki rambut merupakan sebuah rintangan untuk mendapatkan kesejukan, maka botak adalah jalan ninja yang harus ditempuh. Semua demi kesejukan alamiah yang abadi.

Dalam video game, karakter botak terkadang identik dengan karakter antagonis. Entah apa yang merasuki para pembuatnya, namun para karakter berkepala kinclong ini seolah memiliki image yang mengintimidasi. Meskipun begitu, terdapat pula karakter yang sejatinya baik dan hanya menjalankan tugasnya.

Membuat karakter botak dalam game memang sekilas terlihat mudah, namun akan terasa sangat susah untuk dapatkan predikat ikonik. Hal ini karena banyak hal yang perlu dilakukan developer tak terbatas dari segi visual saja, namun juga latar belakang dan sifatnya. Membuatnya tak lekang oleh waktu dan terus diingat oleh para fansnya.

Saya telah mengumpulkan sekitar tujuh karakter botak paling ikonik dalam video game. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

7. Heihachi Mishima – Tekken

Heihachi MishimaMeski miliki rambut di bagian kanan dan kiri kupingnya, namun Heihachi Mishima merupakan karakter dengan kepala licin paling ikonik yang ada dalam seri Tekken. Ia merupakan antagonis utama sekaligus orang yang mendirikan The King of Ironfist Tournament atau Tekken. Simplenya, tanpa kehadiran Heihachi, maka Tekken takkan jadi sebuah video game.

Heihachi merupakan kakek dari Jin Kazama sekaligus ayah dari Kazuya Mishima. Konflik keluarga Mishima antara kakek/bapak, anak, dan cucu membuat Tekken miliki drama ikonik yang tak lekang oleh waktu hingga seri ketujuh.

6. Dhalsim – Street Fighter

DhalsimBiksu botak yang satu ini merupakan salah satu tokoh yang muncul dalam seri Street Fighter. Ahli Yoga tersebut miliki kemampuan super ikonik sejak debutnya di Street Fighter II. Ia mampu memanjangkan tangan dan kakinya untuk menyerang para musuhnya. Tak hanya itu saja, ia juga mampu menyemburkan bola api dan daratkan damage burn kepada setiap lawan-lawannya.

5. Kane – Command and Conquer

KaneKane merupakan pimpinan paling karismatik dari Brotherhood of Nod yang muncul sebagai musuh utama GDI di seri Command and Conquer. Ia merupakan orang yang dianggap sebagai “nabi” bagi Brotherhood of Nod. Identitasnya yang tidak diketahui bawanya menjadi salah satu karakter dengan berbagai konspirasi.

Dengan IQ sekitar 196, Kane dinobatkan sebagai jenius oleh analis psikologi GDI. Ini dibuktikan dengan meningkatnya kekuatan Brotherhood of Nod dalam perang tiberium sebagai superpower. Bersamanya, ia berhasil bawa Nod miliki kekuatan yang setara dengan GDI.

4. James Heller – Prototype 2

James HellerJames Heller adalah tokoh utama game action open-world Prototype 2. Mantan Marinir Amerika Serikat tersebut merupakan seorang Blacklight Being, atau orang yang telah terinfeksi virus Blacklight dan menjadikan tubuhnya bermutasi dengan kekuatan super. Virus tersebut disuntikkan oleh Alex Mercer, tokoh utama iterasi pertamanya saat Heller ditugaskan untuk membunuh Mercer.

Berusaha untuk balaskan dendam akibat virus tersebut, Heller menelusuri kota untuk mengetahui asal-usul Alex Mercer, pasukan Blackwatch, dan pandemi virus Blacklight.

3. Yuri – Command and Conquer Red Alert & 2: Yuri’s Revenge

YuriYuri sebenarnya merupakan unit dari Soviet di Command and Conquer Red Alert. Ia mampu menghipnotis beberapa unit musuh untuk dikendalikan oleh player dengan alat mind control yang dimilikinya. Dalam ceritanya, ia merupakan penasihat tertinggi yang dimiliki Romanov, pimpinan pasukan Soviet. Ia juga orang yang bertanggung jawab atas pecahnya perang dunia ketiga yang terjadi dalam gamenya. Teknologi mind controlnya sukses memperbudak rakyat Amerika.

Namun kepintarannya membuat Yuri haus kekuatan dan membentuk fraksi baru di Yuri’s Revenge sebagai pimpinan baru unit Soviet. Ia mencuri teknologi kloning Soviet dan membuat kloning dirinya yang lebih lemah demi mengontrol semua fraksi dalam gamenya.

2. Kratos – God of War

Kratos“Boi… Boi….” mungkin kata itu yang sekilas terbesit di ingatan para gamer tentang Kratos. Namun, debut Kratos dimulai ketika ia masih muda dan belum memiliki momongan seperti Atreus. Ia lahir di Sparta, dan merupakan tentara sekaligus Jenderal yang sangat dihormati. Hingga akhirnya ia membunuh anak perempuan serta istrinya.

Kratos dapatkan gelar The Ghost of Sparta dari Ares setelah menjalankan misinya. Ia kemudian menjadi dewa perang dan membunuh Ares, buatnya menjadi dewa yang sesungguhnya dan membalaskan dendam pada ayahnya sendiri, Zeus, Olympia, dan Titan yang telah menghianatinya. Setelah sukses balaskan dendam, Kratos kemudian pergi ke dunia dewa Norse dan singgah di Midgard. Ia menikah bersama seorang perempuan bernama Faye yang anugerahinya anak bernama Atreus. Setelah Faye menghembuskan nafas terakhirnya, ia dan Atreus bertualang menyusuri sembilan dunia.

1. Agent 47 – Hitman

Hitman2 Johnny
Bukan yang ini
Agent 47
Nahh yang ini

Agent 47 merupakan pembunuh bayaran profesional super cerdas tanpa perasaan yang mampu selesaikan tugasnya dengan sangat baik. Ia awalnya merupakan kloning campuran DNA dari lima orang kriminal yang membuatnya: Pablo Orchoa, Ort Meyer, Lee Hong, Frantz Fuchs, dan Arkadij Jegorov.

Ort Meyer sebagai otak dari pembuatnya bertujuan untuk membuat “pembunuh sempurna” yang mampu memenuhi apa perintah yang diberikan tanpa banyak bertanya. Dari banyaknya percobaan, 47 merupakan satu-satunya yang paling sukses.


Itulah tujuh karakter botak paling ikonik dalam game versi saya. Dari daftar di atas kita tahu bahwa kebotakan takkan membuat semuanya berakhir, karena beberapa karakter di atas masih bisa bersemangat untuk hidup, meskipun tak ada sehelai rambutpun di kepalanya.

Apakah salah satu karakter di atas menjadi favoritmu? Cantumkan komentarmu di bawah apabila terdapat karakter ikonik lain yang kami lewatkan.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at author@gamebrott.com