7 Karakter Protagonis Terpopuler di Game RPG

Dovahkiin

Genre Role-Playing Game atau biasa diesbut sebagai RPG sepertinya memang sudah tak asing lagi bagi para gamer. Genre tersebut memang terbilang cukup unik dibanding dengan genre lainnya, dimana pemain seakan-akan berperan langsung sebagai karakter yang disajikan. Sehingga tak heran apabila RPG menjadi salah satu genre yang sering digemari oleh banyak orang.

Genre RPG sebenarnya sudah ada jauh sebelum hadirnya video game. Namun, saat itu mungkin lebih dikenal sebagai Tabletop RPG dimana permainan diadakan langsung secara fisik melalui diskusi dan kerja sama antar pemain. Seiring perkembangan zaman, genre RPG pun kemudian diadaptasi kedalam video game yang membuatnya menjadi semakin populer.

Berbicara mengenai RPG dalam video game pastinya tak lupa dengan karakter protagonis yang akan diperankan oleh pemainnya. Umumnya, karakter yang disajikan memiliki ciri khasnya atau keunikannya tersendiri. Sehingga tak heran hal tersebut membuatnya menjadi populer. Beberapa diantaranya, berikut 7 karakter protagonis terpopuler dalam game RPG.

1. V – Cyberpunk 2077

V

Pada saat perilisannya, Cyberpunk 2077 memang mendapat banyak kritikan dari sejumlah pemain. Hal tersebut lantaran jadwal pelepasan game yang terus diundur dan juga kualitas game yang tidak memenuhi ekspektasi. Namun, disamping segala masalahnya, game karya CD Projekt Red yang satu ini tetap mendapat apresiasi yang baik berkat sajian gameplay RPG yang menarik serta sejumlah karakter yang mengesankan. Salah satu contohnya seperti sang protagonis bernama V.

Dalam game, V merupakan seorang tentara bayaran yang tak sengaja terjerat dalam kasus pembunuhan. Latar belakang karakter memang tidak sepenuhnya dijelaskan. Namun, pemain dapat memilih salah satu dari tiga lifepath pada awal permainan. Dimana nantinya pilihan pemain dapat mempengaruhi keseluruhan cerita.

Tak hanya background dari karakter saja, pemain juga dapat melakukan kostumisasi karakter sesuai keinginan seperti memilih gender, penampilan, atribut dan sebagainya. Kostumisasi karakter dalam game Cyberpunk 2077 juga menjadi salah satu aspek utamanya berkat pilihan kostumisasi yang sangat beragam. Bahkan hal tersebut menjadi salah satu bagian dari game yang paling sering diapresiasi oleh pemainnya.

2. Darth Revan – Star Wars KOTOR

Darth Revan

Perhatian! Mengandung Spoiler

Berawal dari sebuah film yang cukup sukses pada masanya, seri Star Wars pun akhirnya juga merambat ke media lain seperti serial TV, buku komik, hingga video game. Berbicara mengenai adaptasi Star Wars kedalam video game pastinya tak lupa dengan Star Wars Knight of the Old Republic. Game RPG ternama karya Bioware yang hingga kini masih sering dinobatkan sebagi game Star Wars terbaik sepanjang masa.

Dalam game, pemain akan berperan sebagai sosok misterius yang diceritakan mengalami amnesia. Nantinya, sosok tersebut akan berperan sebagai protagonis yang dapat dikostumisasi oleh pemain sesuai keinginan. Namun, yang membuatnya ikonis adalah latar belakang dari karakter, dimana nantinya terbukti bahwa dirinya adalah seorang Sith Lord bernama Darth Revan. Pembuktian tersebut memang sangat tidak terduga sehingga sering kali dianggap sebaga salah satu plot twist terbaik dalam video game.

3. Sora – Kingdom Hearts

Sora

Seri Kingdom Hearts merupakan projek kolaborasi antara Disney dengan Square (Square Enix) dalam video game. Dimana seri yang kini sudah berusia hampir dua dekade ini dikenal sebagai game RPG dengan tema dunia paralel melalui kombinasinya dengan sejumlah karakter ternama dari Disney. Sajian karakter yang mungkin sudah dikenal oleh banyak orang membuat seri Kingdom Hearts sukses meraih kepopuleran sebagai salah satu game crossover yang cukup unik.

Game menceritakan seorang karakter bernama Sora yang berperan sebagai protagonis utama dari seri Kingdom Hearts. Sora nantinya akan ditemani oleh dua karakter Disney yang mungkin sudah tidak asing lagi yaitu Donald dan Goofy untuk berpetualang mencari King Mickey. Selain itu, Sora juga memiliki ciri khas yang unik yakni senjata andalannya berupa Keyblade. Yakni sebuah pedang dengan bentuk layaknya kunci yang sudah menjadi keunikan utama dari seri Kingdom Hearts.

Kepopuleran karakter Sora juga sempat merambat ke game lainnya. Baru-baru ini, dirinya hadir sebagai Guest Character terakhir dalam game Super Smash Bros. Ultimate yang baru saja diumumkan beberapa waktu lalu. Kehadirannya pun disambut dengan baik oleh para fans, terutama para penggemar Kingdom Hearts dan fans game RPG secara umum.

4. Cloud Strife- Final Fantasy VII

Cloud Strife

Sudah tak terpungkiri lagi bahwa Final Fantasy VII merupakan game yang paling berpengaruh besar terhadap seluruh seri Final Fantasy. Bahkan banyak yang menganggapnya sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa. Hal tersebut karena game memiliki latar cerita yang menarik serta sejumlah karakternya yang ikonis dan mengesankan. Salah satunya seperti Cloud Strife yang merupakan protagonis utama dalam Final Fantasy VII.

Cloud sendiri diceritakan sebagai tentara bayaran yang merupakan mantan anggota pejuang kelompok tentara bernama SOLDIER. Cloud dikenal sebagai ahli dalam senjata pedang yang berwatak kuat dan tegas. Selain itu, yang membuat karakter populer adalah dari senjata pedangnya yang diberi julukan Buster Sword. Bentuknya yang unik membuatnya menjadi ciri khas utama dari karakter Cloud. Maka tak heran apabila Cloud sering kali menjadi karakter terfavorit bagi para fans Final Fantasy

5. Commander Shepard – Mass Effect

Commander Shepard

Setelah berhasilya Star Wars KOTOR, Bioware selaku developer pun kembali merilis game RPG bertemakan luar angkasa yakni seri Mass Effect. Dengan mengambil inspirasi dari sejumlah media bergenre Sci-Fi/ fantasy seperti Star Trek, Blade Runner, Battlestar Galactica dan sebagainya, Mass Effect berhasil meraih kesuksesan yang cukup besar melalui sajian gameplay, cerita, dan juga hadirnya karakter-karakter yang unik dan mengesankan.

Namun, hal tersebut tidaklah mungkin tanpa adanya sang karakter protagonis utamanya yang bernama Commander Shepard. Karakter tersebut digambarkan sebagai seorang pemimpin yang bijak, tegas dan karismatik. Dalam game, pemain nantinya dapat memilih gender, penampilan, dan kelas sesuai keinginan layaknya game RPG pada umumnya.

Selain itu, pemain juga dapat menentukan watak/sifat karakter melalui sistem Paragon dan Renegade. Pilihan Paragon lebih cenderung terhadap sifat yang bijak dan bermoral, sedangkan untuk Renegade lebih bercondong terhadap sifat agresif dan kejam. Tentunya kedua hal tersebut juga dapat berpengaruh terhadap jalannya cerita dan juga interaksi antar pemain dengan NPC. Jadi tak heran apabila sistem tersebut membuat karakter Commander Shepard difavoritkan oleh banyak fans game RPG.

6. Geralt of Rivia – The Witcher

Geralt Of Rivia

Tak hanya populer sebagai karakter dalam game RPG, Geralt of Rivia juga cukup dikenal sebagai protagonis video game terpopuler. Namun, sebelum kepopulerannya, Geralt of Rivia berawal dari sebuah novel karya Andrzej Sapkowski. Kemudian CD Projekt Red selaku developer pun mengadaptasi novel menjadi seri video game berjudul The Witcher yang kini mungkin sudah tak asing lagi bagi para gamer.

Geralt sendiri merupakan seorang ahli pemburu monster yang dikenal sebagai witcher. Dirinya juga memiliki sejumlah kemampuan sihir yang berasal dari mutasi genetik. Selain pemburu monster, geralt juga dikenal sebagai seorang yang karismatik yang mampu memilkat hati seseorang. Hal tersebutlah yang membuatnya banyak digemari oleh sejumlah NPC yang nantinya dapat menjadi pilihan romance dalam game.

7. Dragonborn – TES V: Skyrim

Dragonborn

Sepertinya karakter yang satu ini sudah tidak perlu diperkenalkan lagi. Saat ini, Bethesda selaku kreator dari karakter sudah menghadirkannya melalui banyak versi. Bahkan hingga kini, game masih terus dirilis ulang khusus untuk sistem Next-Gen. Karakter tersebut tak lain adalah Dovahkiin atau biasa disebut sebagai Dragonborn, karakter utama dalam game The Elder Scrolls V: Skyrim.

Penampilan karakter Dovahkiin memang berbeda-beda lantaran setiap pemain pastinya memilki desain karakter yang berbeda-beda, Pilihan kostumisasinya pun cukup beragam seperti gender, ras, warna kulit/bulu, dan sebagainya. Namun, yang membuatnya populer adalah kemampuan utama Dragonborn yaitu Shouts.

Shouts merupakan sebuah mantra yang berasal dari bahasa naga. Dalam cerita game, shouts hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja, salah satunya seperti pemilik keturunan darah Dragonborn. Kekuatan Shouts pun cukup hebat, terutama mantra yang paling populer dalam game yaitu Fus Ro Dah.

Shouts Fus Ro Dah dapat dikatakan sebagai kekuatan utama yang memang sudah menjadi ciri khas dari game Skyrim. Mantra tersebut mampu melontarkan hampir seluruh objek dalam game, termasuk NPC. Efek yang dihasilkan memang terdengar keren, bahkan terkadang terbilang konyol apabila digunakan dalam kondisi tertentu. Contohnya seperti melontarkan sekumpulan NPC secara sekaligus yang nantinya terlihat seperti pin boling yang terkena Strike. Hal itulah yang membuat Dragonborn menjadi salah satu karakter yang paling mengesankan dalam game RPG


Itulah beberapa karakter populer dalam game RPG yang mungkin sudah tak asing lagi bagi para penggemar genrenya. Karakter protagonis memang merupakan aspek utama dalam game RPG. Karena sesuai namanya, karakter tersebutlah yang nantinya akan dapat membuat pemain mampu merasakan sensasi Roleplay yang imersif. Sehingga tak heran apabila banyak karakter dalam video game yang populer berasal dari genre RPG.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Game RPG serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version