7 Kelebihan Telegram Dibandingkan WhatsApp

in ,
Istockphoto 1048828244 612x612
Istockphoto 1048828244 612x612

Telegram adalah sebuah aplikasi perpesanan instan yang kini tengah banyak dicari. Aplikasi ini banyak dicari, terlebih setelah WhatsApp berencana menggulirkan kebijakan baru pada beberapa waktu lalu. Sehingga, kini aplikasi perpesanan itu memiliki 500 juta pengguna aktif.

Nah, Telegram ini merupakan sebuah aplikasi perpesanan yang memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki oleh aplikasi WhatsApp. Namun, mungkin ada diantara para pembaca yang belum tahu keunggulan dari Telegram dibandingkan WhatsApp.

Oleh karena itu, kami akan memberikan daftar 7 kelebihan Telegram dibandingkan WhatsApp yang mungkin belum anda ketahui:

1 Lebih Ringan

Screenshot 2021 01 28 52Telegram memiliki keunggulan dimana aplikasi ini memiliki ukuran yang lebih ringan dibanding WhatsApp. Sehingga, aplikasi ini tak akan membuat memori pada ponsel milikmu menjadi lebih cepat penuh.

2 Bisa Memasukan Beberapa Nomor Sekaligus

Aplikasi Telegram juga memiliki keunggulan dari WhatsApp seperti dalam satu aplikasi. Telegram bisa menggunakan beberapa nomor sekaligus tanpa perlu mengunduh ulang aplikasi pada Toko Aplikasi seperti Play Store dan Apps Store.

Sehingga, ketika aplikasi digunakan kamu bisa menggunakan beberapa akun tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

3 Jumlah Anggota Group Chat Yang Lebih Banyak

Telegram memiliki keunggulan lain berupa pengguna dapat memasukan anggota pada suatu grup chat hingga mencapai 5.000 orang dengan menggunakan fitur super group. Berbeda dengan WhatsApp yang hanya dapat menampung anggota dalam group chat sebanyak 256 orang saja.

Dengan kapasitas sebesar itu, pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk membuat group alumni sekolah, atau kantor tanpa perlu khawatir kekurangan slot anggota.

4 Dapat Memilih Mengirim File Asli atau Kompres

 

Keunggulan Telegram dibanding WhatsApp lainya adalah pengguna dapat melakukan pengiriman file antar pengguna tanpa perlu khawatir apabila file tersebut akan terkompress. Hal ini dapat terjadi karena Telegram memiliki fitur dimana pengguna dapat menentukan file yang dikirim menggunakan ukuran yang terkompress atau tidak.

5 Adanya Fitur Secret Chat

How to Start a Secret Chat on Telegram on Android: 4 Steps

Terkait keamanan, Telegram tentu saja memiliki keunggulan dibanding WhatsApp. Salah satunya adalah adanya fitur secret Chat dimana WhatsApp tidak memiliki fitur ini. Dengan adanya fitur secret chat, memungkinkan pengguna untuk membuat chat menjadi lebih privasi.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan cara mengaktifkan chat tersebut pada dua perangkat. Sehingga, perangkat lain tidak akan dapat mengakses chat tersebut.

6 Penyimpanan Cloud

fitur telegram

Telegram juga memiliki sebuah fitur penyimpanan cloud. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir tentang pencadangan file baik berupa gambar, dokumen, video dan file lain karena telah tersimpan di fitur cloud diatas.

Sehingga, pengguna bisa log-out atau login dengan bebas beberapa kali pada sejumlah perangkat secara bersamaan tanpa perlu takut kehilangan data. Telegram menyiapkan fitur ini dengan batasan sebesar 1,5 GB untuk masing-masing jenis data.

7 Adanya Fitur Chanel

Fitur Chanel merupakan sebuah keunggulan lain dari Telegram yang tidak dimiliki oleh WhatsApp. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah Chanel untuk penyiaran(Broadcasting) dan mampu menampung anggota yang tidak terbatas.

Jadi, itu adalah 7 keunggulan Telegram yang tidak dimiliki oleh WhatsApp, sehingga kamu dapat memeprtimbangkan apakah ingin berpindah dari aplikasi perpesanan WhatsApp atau tidak.

 


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]