7 Launcher untuk Ponsel Android Terbaik di Tahun 2022

Android Launcher 2022

Untuk sebagian orang, rasanya belum seutuhnya miliki smartphone bila tak ditambahkan eye-candy seperti launcher. Tren mengkustomisasi ponsel ini sudah ada sejak dahulu kala, yang mana saat itu tema bisa di-download hanya dengan pesan singkat.

Seiring perubahan teknologi, sudah barang tentu ponsel yang dulunya tak pintar, kini berevolusi menjadi pintar bahkan disebut smartphone. Berkat sistem operasi yang makin kekinian pula kita disuguhi bermacam kemudahan, termasuk ubah tema ponsel secara keseluruhan dengan bantuan launcher.

Peran dari launcher ini tidak lain dan tidak bukan adalah demi buat ponsel kesayanganmu terkesan lebih personal. Selain itu, launcher juga berfungsi untuk memaksimalkan potensi smartphone milikmu baik secara tampilan maupun performa.

Oleh karenanya, terkadang orang yang sudah lama miliki smartphone membutuhkan sesuatu yang lebih, apapun alasan dan kebutuhannya melalui perantara launcher.

Nah, daripada berlama-lama, inilah 7 launcher untuk ponsel Android terbaik di tahun 2022 yang bisa kamu coba, versi kami tentunya.

1. Nova Launcher

Di urutan pertama, kami rekomendasikan Nova Launcher karena selain simpel, launcher ini benar-benar tawarkan bermacam kemudahan yang dibutuhkan. Mulai dari kustomisasi icon, grid, sampai dengan yang remeh seperti wallpaper, dapat kamu ubah dengan mudahnya. Tak heran bila sampai saat ini pun, Google berikan titel ‘launcher terbaik’ saat ini.

Untuk urusan performa, Nova Launcher benar-benar ringan, bahkan tidak ada iklan yang ditanamkan secara diam-diam pada aplikasi ini. Fitur yang paling menarik dari launcher ini ialah kamu bisa letakkan icon aplikasi yang paling sering kamu gunakan dengan mudahnya.

Aplikasi ini memang disediakan secara gratis alias free, namun kamu bisa menebus 70 Ribuan Rupiah untuk mengakses versi premium-nya, NovaPrime.

2. Microsoft Launcher

Tak disangka, ternyata raksasa Microsoft ikut bermain di pasar launcher khusus ponsel Android terbaik tahun ini. Dinamakan Microsoft Launcher, aplikasi ini diklaim mampu berikan bermacam kemudahan yang tak kalah dengan kompetitor yang keluarkan aplikasi serupa.

Yang menarik dari aplikasi besutan Microsoft ini ialah rotasi wallpaper yang di-update setiap harinya. Tentu saja, semua bisa kamu nikmati secara percuma.

Jangan kaget dan heran bila launcher satu ini tawarkan fitur layaknya Google Cards yang tonjolkan kesan smart pada ponsel pemiliknya. Menariknya lagi, semua yang kamu lakukan di ponsel tersebut akan sinkron secara otomatis dengan akun Microsoft yang kamu miliki, brott.

3. Hyperion Launcher

Selain dua “ikan kakap” di atas, terdapat Hyperion Launcher yang kurang lebih tawarkan fitur ala kompetitornya di atas. Kamu dibebaskan untuk berkreasi untuk membuat style yang cocok dengan personality yang kamu miliki. Eksistensi launcher ini diperuntukkan buat mereka yang mengedepankan tampilan ponsel yang benar-benar clean dan tersusun rapi.

Mulai dari dock, tema, icon, sampai dengan animasi ketika lakukan transisi bisa kamu mainkan sesuka hati sesuai kreativitasmu. Buat kamu yang miliki smartphone besutan Google, tentu takkan asing dengan style yang ditawarkan launcher untuk ponsel Android satu ini.

4. Smart Launcher

Buat kamu-kamu yang ingin lakukan kustomisasi secara pintar, kami rekomendasikan Smart Launcher. Selain tawarkan kustomisasi yang mudahkanmu jadikan ponsel pintar terkesan makin fancy, aplikasi ini bahkan bolehkanmu sortir nama aplikasi sesuai kategori.

Disematkannya search engine bawaan akan mudahkanmu mencari sesuatu yang kamu butuhkan hanya dengan sentuhan. Untuk berikan sesuatu yang personal secara ekstra, tak lupa launcher ini akan ubah warna wallpaper secara rutin.

Pengembang launcher ini pun berikanmu kemudahan lebih ketika gunakan ponsel pintar Android-mu dengan satu tangan. Rasanya tidaklah smart bila tak mampu berikan fitur-fitur yang benar-benar pintar.

5. Poco Launcher

Tidak hanya luncurkan smartphone terbarunya, ternyata Poco keluarkan alternatif launcher yang bisa kamu coba secara percuma. Walau tak buat ponselmu jadi flagship dari Poco, namun Poco Launcher 2.0 ini klaim dirinya tawarkan performa lebih meski hanya sebuah launcher.

Poco tawarkan desain launcher yang minimalis khas selera generasi kekinian yang tak mau ribet. Aplikasi ini sembunyikan semuanya dalam satu tombol, melalui app drawer yang pastinya mudah digunakan.

Menariknya, Poco Launcher mampu sembunyikan aplikasi maupun games yang kamu miliki seperti Genshin Impact, tanpa bantuan aplikasi tambahan.

6. Niagara Launcher

Eits, jangan gunakan launcher ini kecuali kamu benar-benar orang yang membutuhkan desain super minimalis, karena itulah yang ditawarkan Niagara Launcher. Fokus utama dari launcher ini ialah untuk mudahkanmu bergulir mencari aplikasi favorit dengan mudahnya dengan satu tangan.

Hal yang paling iconic dari Niagara Launcher ialah fitur wave alphabet di mana benar-benar pangkas waktu yang dibutuhkan. Selain itu, aplikasi ini benar-benar hadir tanpa kehadiran iklan maupun bloatware yang intrusif, buatnya bisa dipercaya.

Tersedia secara cuma-cuma, inilah kelebihan lain yang ditawarkan launcher untuk ponsel Android terbaik di tahun ini.

7. Lawnchair 2

Selain deretan launcher di atas ini, terdapat aplikasi yang tawarkan tampilan ala ponsel pintar Pixel bernama Lawnchair 2. Selain berikan tampilan eye-candy khas Pixel Launcher, namun Lawnchair 2 berhasil isi kekosongan yang dirasa kurang pada launcher tersebut.

Bila Lawnchair tanpa embel-embel angka dua merupakan aplikasi open-source, beda halnya dengan Lawnchair 2 yang rilis pada Playstore. Meski kini dikelola oleh seorang pengembang, namun tampaknya aplikasi launcher ini benar-benar cukup menarik untuk dipakai.


Nah itulah sekiranya 7 launcher untuk ponsel Android terbaik di tahun 2022 yang bisa kamu coba gunakan. Apakah ada yang pernah brott coba di atas?

Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version