7 Legenda dan Mitologi Asli dari Video Game

Apps.26872.13654178398795079.11ba65bd 7820 4930 90dd Efdb60f4f981

Legenda dan mitologi memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sosial manusia. Meskipun keduanya memiliki perbedaan signifikan, namun keduanya tetap berisi kisah yang pernah terjadi namun tidak tercatat secara baik oleh sejarah dan akhirnya terdistorsi menjadi rumor dan cerita belaka. Banyak game mengadaptasi mitologi Yunani, legenda ksatria Inggris, dan cerita Nordic untuk dijadikan plot utama dalam gamenya, namun, alih-alih mengadaptasi cerita dari dunia nyata, 7 game dalam list ini menciptakan legenda dan mitologi original mereka sendiri dalam game yang tentu saja tidak kalah keren dengan legenda atau mitologi dunia nyata.


1. Valkyria Chronicles – Legenda Bangsa Valkyrur

Dalam versi fiktif dari benua Eropa yang ada dalam franchise Valkyria Chronicles, ada bangsa yang menjadi penguasa Eropa kuno selama berabad-abad yang disebut sebagai ‘Valkyrur’. Valkyrur merupakan manusia yang dipercaya lahir di tempat yang kaya akan mineral dengan kemampuan super bernama Ragnite sehingga tubuh mereka beradaptasi dan dan memperoleh kemampuan untuk memanipulasi radiasi Ragnite. Karena kemampuan inilah Valkyrur menjadi penguasa, namun karena kisah ini merupakan legenda, ada beberapa hal yang menyimpang dari asal usul Valkyrur dan alasannya bisa memimpin Eropa dalam waktu yang lama


2. Alan Wake – Mitologi Danau Cauldron

Alan Wake merupakan game yang menceritakan seorang pria yang mencari kekasihnya yang hilang di sekitar Danau Cauldron. Danau Cauldron disebut sebagai tempat yang spesial oleh warga Bright Falls, selain indah, beberapa tokoh berpengaruh di Bright Falls bahkan percaya bahwa danau ini bisa mengubah realita. Tentu saja kisah mitologi tidak lengkap tanpa kisah seram, dan anda akan menemukan banyak saat anda memainkan game ini.


3. Legend of Zelda saga – Legenda Putri Zelda

Sesuai judulnya, franchise Legend of Zelda menceritakan putri Zelda dari berbagai dunia dan timeline yang berbeda. Yang unik dari Legend of Zelda adalah anda bermain sebagai bagian dari cerita legenda itu sendiri, bukannya mencari atau membuktikan sebuah legenda yang sebelumnya pernah ada. Dan seperti konstanta, setiap kali ada putri Zelda, selalu ada Link dan Ganon dengan versi dunia masing-masing.


4. Ace Combat 5 – Mitologi Dewa Razgriz

Memang agak absurd saat game yang kental dengan tema militer menyisipkan mitologi dewa di dalam gamenya, namun AC5 melakukannya dengan baik. Dalam dunia Strangereal (universe dari Ace Combat) terdapat cerita mengenai dewa perang bernama Razgriz yang memiliki kekuatan dahsyat untuk menghancurkan, namun di sisi lain juga memiliki kekuatan luar biasa untuk menyembuhkan/memperbaiki, oleh karena itu dewa bisa disebut villain/hero di saat yang sama. Nama dewa ini menjadi ilham oleh suatu skuadron Osean untuk membersihkan nama mereka dari tuduhan pengkhianatan dan menjadi pahlawan bagi negaranya.


5. Infinity Blade – Legenda Deathless

Deathless merupakan spesies yang dipercaya memiliki keabadian mutlak, umur panjang, tidak butuh makan dan minum, jiwa tetap hidup saat tubuh biologis mati dsb. Karena kemampuan ini, banyak Deathless menjadi tirani dan menyebarkan ketakutan di Bumi. Tidak banyak yang tahu mengenai keberadaan para Deathless karena tempat tinggal mereka yang dijaga ketat oleh berbagai makhluk dan ksatria. Siris, protagonis dari Infinity Blade berusaha melakukan perjalanan panjang untuk melihat dan menemukan cara membunuh Deathless, dan mengakhiri tirani mereka.


6. STALKER series – Legenda Monolith

The Zone merupakan area misterius di sekitar Chernobly, saking misteriusnya ada banyak rumor yang beredar, salah satunya adalah tentang ‘Monolith’. Monolith dipercaya sebagai faksi yang anggotanya dipilih langsung oleh Wish Granter, ‘sesuatu’ yang dapat mengabulkan segala macam keinginan. Monolith dipercaya sebagai penjaga dari Wish Granter agar tidak ditemukan oleh stalker lain, mereka yang melihat Monolith dirumorkan tidak akan selamat.


7. Dishonored series – Mitologi Outsider

Outsider dipercaya sebagai dewa yang bisa mendatangkan keberuntungan maupun kesialan, tergantung siapa yang dipilihnya. Banyak warga Empire yang membangun kuil dan berdoa kepada Outsider, berharap agar diberi kekuatan dan dijauhkan dari kesialan, mereka bahkan membuat jimat dari tulang paus mengukir namanya. Beberapa orang memang dilaporkan bisa menguasai sihir setelah berdoa kepada Outsider namun ada yang kehilangan akal setelah berdoa, karena dianggap berbahaya berbagai agama dan kepercayaan yang meyangkut Outsider dilarang keras oleh departemen keagamaan.

Exit mobile version