7 Makanan dalam Game yang Mungkin Bisa Buat Nafsu Makanmu ‘Bergejolak’

in

Menghadirkan makanan dalam sebuah video game adalah sebuah gimmick yang sudah dilakukan sejak lama. Mulai dari sekadar mekanisme sampingan seperti yang ada di Final Fantasy XV misalnya, hingga menjadi sebuah genre tersendiri seperti Cooking Mama yang agaknya sangat populer untuk gamer casual.

Perkembangan teknologi yang membuat grafis dalam video game menjadi semakin ciamik, tentunya juga membuat makanan maupun minuman di dalamnya terlihat lebih memanjakan mata, bahkan terkadang langsung membuat pemainnya langsung kelaparan dan langsung memesan go-food.

Nah, untuk membuat kalian kelaparan karena nekat membaca artikel ini, berikut akan penulis deretkan tujuh makanan dalam video game yang mungkin bisa membuat nafsu makanmu ‘bergejolak’.


Catatan: artikel ini sepenuhnya didasarkan pada opini dan selera makanan penulis, sehingga jika kamu merasa tidak setuju dengan list ini, langsung saja sertakan makanan dari game favoritmu di kolom komentar ya!


1. Hearty Cutlet on Rice — Final Fantasy XV

Walau hadir menjadi mekanisme sampingan, tidak bisa dipungkiri Final Fantasy XV mungkin menjadi game terbaik dalam menyajikan visual makanan didalamnya. Setidaknya terdapat 103 resep makanan yang bisa kamu temukan saat menjelajahi dunianya, dan memasaknya saat berada di kemah. Makanan-makanan tersebut juga memberikan status ataupun efek tambahan untuk para karaktermu saat bertempur.

Penulis sebenarnya bingung saat memilih makanan dari Final Fantasy XV untuk artikel ini, beberapa diantaranya seperti Battered Baramundi, Creamy Crustacean Omelette, dan Papa Bird Baby Bowl. Namun hati ini ternyata menuju pada Hearty Cutlet on Rice, dimana saat itu membuat penulis langsung memesan nasi dan chicken katsu.


2. Mega Beef Bowl — Persona 4

Kamu yang pernah memainkan game Persona 4 mungkin tahu dengan makanan porsi besar satu ini. Mega Beef Bowl merupakan makanan challenge di restoran Aiya yang hanya bisa dipesan saat cuaca sedang hujan, dan jika kamu berhasil menghabiskannya, maka kamu tidak perlu membayarnya. Mencoba tantangan ini adalah alternatif untukmu menaikkan tiga dari lima status sosial karaktemu secara drastis.

Makanan ini tentunya cocok untukmu yang doyan makan banyak, atau bisa juga jadi video mukbang. Gunung daging yang tiada habisnya, tidak ketinggalan nasi yang tersembunyi dibaliknya. Sesuai dengan gamenya, Mega Beef Bowl lebih nikmat disantap saat masih panas ditengah cuaca yang sedang tidak bersahabat.


3. Cake — Portal

Kamu gamer yang doyan kue ataupun tidak, tentu tidak asing lagi dengan kalimat “the cake is a lie” dari game Portal. Kue tersebut merupakan insentif dari GLaDOS untukmu menyelesaikan sebuah level puzzle, namun insentif tersebut hanyalah omong kosong belaka. Wujud dari kue itu sendiri baru terlihat pada ending permainan.

Tampilan kue satu ini tentunya tidak berbeda jauh dengan kue cokelat ataupun kue black forest. Cocok dimakan saat ada perayaan ulang tahun misalnya ataupun saat ada perayaan spesial bersama orang-orang yang disayang.


4. Sea Salt Ice Cream — Kingdom Hearts

Masih dengan makanan yang manis, well, mungkin juga asin, Sea Salt Ice Cream yang dinikmati oleh tiga sekawan dari serial Kingdom Hearts, Roxas, Xion dan Axel, merupakan santapan dingin yang populer jadi tanda persahabatan dalam game garapan Square Enix dan Disney tersebut.

Sea Salt Ice Cream tentunya cocok untuk kamu mencari rasa es krim yang manis juga asin, serta cocok disantap di tengah panasnya terik matahari, namun hati-hati jangan sampai meleleh dan menodai tanganmu. Bawa juga teman-temanmu, atau pacar jika punya, kemudian duduk-duduk di atas gedung untuk mereka ulang adegan dalam Kingdom Hearts.


5. Hunter Platter — Monster Hunter: World

Makan sebelum memburu monster merupakan hal yang cukup penting dalam semesta permainan Monster Hunter, dimana dapat memberikan status tambahan untuk karaktermu saat bertempur nantinya. Dan terkhusus dalam Monster Hunter: World, makanan-makanan tersebut disajikan dengan visual yang benar-benar menggugah cita rasa.

Seperti menu Hunter Platter misalnya, menyajikan ayam panggang sebagai hidangan utamanya, benar-benar mampu membuat penulis yang sedang menulis artikel inipun menelan ludah karena penampakannya yang begitu juicy. Tidak ketinggalan, kapan lagi bisa dimasakin oleh sekelompok kucing yang dipimpin oleh chefnya yang berotot dan tampak seperti Ricardo Milos?


6. Tempura — Muramasa: The Demon Blade

Muramasa: The Demon Blade garapan Vanillware mungkin bisa dikatakan cukup underrated karena perilisannya yang terbatas untuk PlayStation Vita, Wii dan Wii U saja. Namun satu hal ikonik yang dilakukan oleh Vanillaware di beberapa game mereka adalah makanan dan animasinya yang terlihat begitu nikmat walau hanya dalam bentuk 2D.

Dari puluhan menu makanan yang tersedia, penulis memilih Tempura (dan Tempura Udon) untuk dimasukkan dalam artikel ini. Seperti yang bisa kamu lihat diatas (kamu juga perlu menyaksikan animasinya), udang dalam balutan tepung krispi yang disajikan masih panas, seakan-akan membuat penulis bisa mencium aromanya yang nikmat.


7. Sweet Rolls — The Elder Scrolls V: Skyrim

Satu makanan yang bisa dikatakan cukup ikonik dari serial The Elder Scrolls, terutama Skyrim, adalah Sweet Rolls. Jika pada dunia nyata makanan ini mirip roti gulung, pada serial The Elder Scrolls, Sweet Rolls memiliki bentuk ala gunung yang sedang meluapkan lahar, hanya saja dalam hal ini lahar tersebut adalah krim berwarna putih yang nampaknya vanilla atau mungkin substansi ‘nakal’ lainnya.

Yang menarik dari kue yang memang terlihat begitu lezat dan cocok jadi cemilan ini adalah memenya, dimana pada game Skyrim, seorang NPC Guard yang sedang berpatroli akan mengeluarkan kalimat “let me guess, someone stole your sweet roll?” Berbagai meme tentang Sweet Rolls yang dicuri juga cukup ramai bermunculan di Internet.


Bonus: Estus Soup

Tidak ada yang lebih menggugah nafsu makan selain Estus Soup dari game Dark Souls 3. Bayangkan, HP karaktermu semakin menipis namun semua Estus Flask sudah kamu konsumsi karena terlalu cupu, dan lokasi Bonfire masih sangat jauh. Namun tetiba, kamu menemukan panci berisikan Estus Soup yang ditinggalkan oleh Siegmeyer of Catarina, me-restore sedikit HP, kamu jadi bersemangat untuk kembali lanjutkan petualangan dan bertahan sampai Bonfire berikutnya.

Itulah tujuh plus satu makanan dalam video game yang terlihat nikmat dan membuat kita sebagai pemain tergoda untuk mencicipinya. Nah, apakah kamu setuju dengan list diatas? Atau justru kamu punya rekomendasi makanan dari dalam game lainnya yang mampu membuatmu ngiler? Yuk, langsung aja share di kolom komentar ya!


Baca juga informasi Listicle menarik lainnya atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]