7 Manfaat Main Game yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui

Manfaat Main Game

“Menyenangkan” adalah kata utama yang menjadi alasan banyak orang memainkan video game. Namun bagi mereka yang tak mengerti apa-apa hobi tersebut hanyalah buang-buang waktu, sama seperti hobi lain.

Meskipun demikian, main game miliki banyak manfaat yang secara sadar atau tidak sadar kamu lakukan. Menariknya? Manfaat ini juga bisa dipraktikkan di dunia nyata, sekali lagi, sadar atau tidak sadar. Kamu bisa belajar banyak hal dari video game, namun tentu saja kamu ngga boleh korbankan banyak waktumu untuk bermain game secara berlebihan.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa kamu petik dari memainkan video game? Berikut kami telah rangkumkan beberapa hal yang bisa kamu pelajari dari video game.

7. Belajar Bahasa Inggris (Khusus buat yang mau)

“Nggak bisa bahasa enggres”, begitulah meme-nya dikumandangkan. Namun faktanya bahasa Inggris memang wajib dipelajari untuk melihat dunia lebih luas.

Video game semua miliki bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan utama yang mudah dimengerti sebagian orang. Semua menu dan narasinya menggunakan bahasa tersebut. Meskipun kamu ngga bisa bicara secara langsung, tapi dengan bermain game kamu bisa sekalian mengasah kemampuan bahasa Inggrismu. Bawa kamus kalo perlu.

Tentu saja ini khusus buat kamu yang mau dan bukan buat kamu yang generasi instan pengennya nanya aja di internet maksud dari gamenya apa padahal udah ditulis.

6. Belajar Mengatur Strategi

Untuk beberapa game yang ngga cuman asal bacok dan hajar, strategi dibutuhkan untuk bisa mengalahkan beberapa bos. Tak jarang bos akan miliki beberapa pattern serangan yang fix, maupun random dengan pertanda yang beragam. Mempelajari pattern tersebut dari kegagalan melalui strategi yang baik akan membuatmu mudah melampauinya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa pelajari beberapa kemampuan unitmu untuk kombinasikannya dengan serangan maupun efek unik untuk menghancurkan formasi musuh yang rumit.

5. Tidak Mudah Menyerah

Belajar dari kesalahan dan tak mengulanginya adalah salah satu hal yang ditanamkan dalam video game. Kamu yang bermain Dark Souls tentu harus mengulanginya lagi dan lagi untuk bisa melewati jebakan atau monster dengan kekuatan sekali pukul langsung ilang darah 50%. Melawan bos di game ini juga membutuhkan semangat dan mental baja untuk terus mati lagi dan lagi. Semangat tersebut membuatmu menjadi bandel dan tidak mudah menyerah tak hanya dalam game saja, tapi di dunia nyata.

4. Menjadi Problem Solver yang Baik

Jika kamu pernah memainkan game open world atau RPG dengan desain dungeon lengkap dengan puzzle yang sangat kompleks, maka terkadang kamu akan menemukan cara lain untuk memecahkan masalah tersebut sadar atau tidak sadar. Tentu saja semua tergantung keputusanmu dalam game untuk memecahkannya. Belajar untuk berpikir dan berstrategi adalah sebuah kemampuan yang bisa kamu aplikasikan dalam dunia nyata.

Sebuah studi yang hasilnya diumumkan tahun 2013 menjelaskan bahwa anak yang memainkan game strategi banyak tunjukkan peningkatan sebagai problem solver dan memiliki nilai yang baik di tahun-tahun selanjutnya.

3. Belajar Apapun yang Tidak Diajarkan di Sekolah

Ada yang mengatakan bahwa video game adalah kumpulan karya seni, namun saya pribadi lebih suka mengatakan bahwa video game adalah sarana belajar yang baik dengan kedok “permainan”. Terdapat banyak hal yang tak diajarkan di sekolah seperti arsitektur, sejarah, tata kota, manajemen, dan yang lain yang diajarkan dalam video game sadar atau tidak sadar. Namun di sisi lain otak kita dibohongi dengan bungkus bahwa video game adalah permainan semata.

2. Meningkatkan Ketangkasan Manual

Video game action yang butuh kemampuan menghindar dan keputusan ekstrim yang tinggi bisa melatih ketangkasan manusia dengan menanamkan apa yang disebut dengan muscle memory. Bahwa secara sadar atau tak sadar kamu akan langsung melakukan hal tertentu saat berada dalam situasi tertentu dengan ketangkasanmu. Ketangkasan ini juga akan diaplikasikan di dunia nyata di pekerjaan yang membutuhkan fisik. Pernah liat streamer atau pro player game FPS yang tiba-tiba menembak bagian tertentu dan langsung headshot atau flick-nya bisa 100% akurat? Itulah salah satu pengaplikasiannya di dunia nyata selain pekerjaan fisik.

1. Belajar Mengatur Keuangan

Oke ini sebenernya balik ke individunya masing-masing, namun dalam video game kamu diajari untuk memanfaatkan resource yang terbatas yakni uang dengan sangat baik. Kamu ngga bisa asal hajar untuk upgrade unit atau membeli equipment sementara kamu bisa mencari cara alternatif tersebut. Kamu bisa mencari item dan secara tak langsung memperkecil pengeluaran keuanganmu. Dengan manajemen keuangan yang baik, tentu saja hal ini akan diaplikasikan di dunia nyata dan sangat membantu dalam kehidupanmu.


Itulah beberapa manfaat main game yang mungkin belum pernah kamu ketahui. Manfaat ini tentu saja bukan jadi dalih bahwa kamu harus bermain game terus-menerus karena kehidupanmu harus seimbang antara bermain, belajar, beraktivitas, dan bekerja.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version