7 Marketplace NFT Lokal dan Internasional, Tertarik untuk Mencobanya?

Marketplace Nft

Ketenaran dari non-fungible token atau NFT semakin hari makin meroket. Terlebih makin banyaknya orang yang ingin mencoba peruntungan dengan menjual sesuatu yang dirasa miliki nilai seni.

Di antaranya adalah Ghozali, seorang pemuda tanah air yang berhasil jual selfie dirinya sendiri melalui NFT. Hal itu seolah mengundang massa untuk coba peruntungan demi ketiban durian runtuh layaknya Ghozali. Kami mendapati ada banyak sekali orang yang mencari marketplace yang ideal untuk mentransaksikan NFT.

Buat kalian yang penasaran, inilah 7 marketplace NFT lokal dan internasional, yang mungkin buatmu tertarik untuk mencobanya.

1. OpenSea

Ghozali memperjualbelikan NFT miliknya melalui marketplace satu ini. Meski bukan pasar lokalan, namun OpenSea telah memiliki nama yang cukup besar dan kerap di referensikan. Menurut pengamatan penulis, marketplace bernama OpenSea ini menunjukkan perkembangan yang benar-benar oke, setidaknya untuk saat ini.

2. Rarible

Belum lama ini kami mendapati informasi bahwa Rarible yang berhasil kembangkan fitur keamanan terbarunya demi minimalisir transaksi mencurigakan. Meski bukanlah marketplace NFT lokal, namun marketplace ini memiliki nama yang tak kalah besar dari kompetitor membuatnya patut dipertimbangkan.

3. Axie Infinity Market

Beralih ke marketplace yang lebih dikhususkan untuk gamers, di mana mereka bisa melakukan aktivitas jual beli di Axie Infinity Market. Meski bukanlah pasar biasa, namun siapa sangka bahwa ternyata marketplace internasional ini termasuk salah satu yang termahal di antara kompetitor.

4. Decentraland

Pasar terbesar dalam skala internasional lainnya adalah Decentraland. Konsep yang ditawarkan sebenarnya masih sama, namun memiliki pasar dan prestige tersendiri. Tidak hanya item remeh-temeh, namun kamu bisa memperjualbelikan tanah virtual ke orang-orang yang berminat.

5. Nifty Giveaway

Selain empat di atas, kami mendapati Nifty Giveaway, sebuah marketplace yang lebih mengkhususkan dirinya untuk lakukan mint pada sebuah NFT. Tidak hanya itu, marketplace internasional ini bahkan berhasil menjual bermacam NFT yang memiliki nilai cukup fantastis.

6. Enevti

Beralih ke marketplace yang menjual NFT, kami mendapati Enevti ternyata adalah pasar tanah air. Meski belum miliki nama sebesar platform internasional, namun tak menutup kemungkinan bahwa Enevti bisa mendorong marketplace lokal lainnya untuk berkembang.

7. TokoMall

TokoMall mengklaim dirinya sendiri sebagai marketplace pertama yang memperjualbelikan NFT di Indonesia. Konsepnya kurang lebih sama dengan marketplace lainnya, namun lebih dengan sentuhan lokal, buatnya lebih bisa dikenal. Ada banyak sekali content creator lokal yang semua karyanya bisa kamu beli melalui marketplace satu ini.

Kesimpulan

Memilih marketplace tentu harus dipertimbangkan baik-baik, karena tiap pasar tawarkan niche-nya masing-masing. Entah itu kelas lokal maupun internasional, semua marketplace tentu dibuat untuk fokus yang sama, yaitu transaksi jual beli.

Melihat ada banyak sekali marketplace khusus NFT, tentu kita harus menyesuaikannya dengan preferensi kita. Selain itu, tentu dukungan pembayaran bisa saja berbeda, tergantung pasar mana yang kita gunakan.

Indonesia, meski miliki pasarnya sendiri, nampaknya belum benar-benar serius untuk berkompetisi dengan marketplace internasional. Karena Ghozali sendiri menjual swafoto miliknya sendiri baru-baru ini melalui OpenSea, yang memiliki nama.

Namun, semua kembali ke preferensi masing-masing, karena semua tentu tawarkan kemudahannya sendiri.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version