7 Masalah Menjengkelkan yang Terjadi Saat Bermain Video Game

hal menjengkelkan

Bermain game memang bisa melepas lelahmu saat seharian bekerja, sekolah, atau kuliah. Berikan otakmu hiburan yang fresh sekaligus mengasah kemampuan berpikirmu dengan cara yang menyenangkan. Namun sayang, ngga semua game yang dimainkan miliki fitur yang mempermudahmu. Terkadang ia malah mempersulitmu dan memberikan masalah.

Bukan, bukan masalah bug, namun lebih pada mekanik gamenya yang menjengkelkan. Bukan malah buatmu senang, tapi terasa buang-buang waktu atau mengecewakanmu karena tidak berhasil memberi makan rasa penasaranmu. Lalu, apa saja masalahnya? Simak melalui daftar kami di bawah.

7. Gabisa Skip Cutscene


Cutscene menjadi tolak ukur bermain video game khususnya yang fokus pada cerita. Ngga jarang, ia bisa representasikan dunia yang sebenarnya ingin developer hadirkan namun tidak bisa karena keterbatasan teknologi atau sekedar memberikan efek sinematik di dalamnya. Sayangnya, hal ini menjadi masalah saat cutscene super panjang tak bisa diskip. Terlebih kalo kamu udah selesai cutscene, terus lupa ngesave mendadak mati listrik. Bisa nangis darah.

6.Basa-Basi Gajelas

Apakah ini dialog yang benar saat basa-basi?

Sebagai icebreaker dalam beberapa obrolan diperlukan basa-basi. Hal ini juga terjadi di game RPG untuk mendinginkan suasana agar tak terlalu serius. Tak jarang, basa-basi tersebut direpresentasikan dengan fanservice. Namun bagaimana jika basa-basi tersebut justru ngga nyambung dan sangat melenceng dari tujuan yang akan dituju? Kamu tentu akan bosan dan jengkel. Alih-alih melanjutkan cerita menyelamatkan dunia dengan sedikit icebreaking agar tidak kaku, kamu malah diarahkan ke topik gimana cara memasak telur dan masalah keperawanan. Terus kapan mau lanjut ceritanya? 3x lebaran lagi?

5. Batas Eksplorasi di Game Open-World


Genre open world merupakan genre yang mungkinkanmu untuk mengeksplorasi dunianya tanpa batas. Namun sayang, tanpa batas di sini terkadang tak diimplementasikan dengan baik oleh sebagian developer. Mereka memberikan batas tertentu untuk eksplorasimu, entah dengan lahan kosong, atau lautan. Jadi, ngga sepenuhnya semua game open-world itu tanpa batas. Pengen main game yang bisa eksplorasi tanpa batas beneran? Cobain Star Citizen atau No Man’s Sky. Atau kamu pengen nungguin Beyond Good and Evil 2 dirilis?

4. Musuh Mendadak Super Cepat di Game Balap


Meraih posisi pertama di game balap memang menjadi kepuasan tersendiri bagi banyak gamer. Dengan begitu mereka bisa melanjutkan misi seperti yang terjadi di Need for Speed. Namun, pernah ngga kamu merhatiin dan sadar bahwa kayaknya musuh yang ada di posisi satu atau dua itu bisa mendadak jadi cepet atau tau-tau ada di posisi pertama saat kamu salip dan jatuh atau kecelakaan sementara posisi paling belakang akan tetap paling belakang? Ini yang bikin jengkel, bahkan kalo udah kamu tinggal cukup jauh sekalipun, seolah mereka bisa ngejar kamu sejauh apapun itu. Kamu udah posisi satu tapi celaka? Selamat tinggal posisi satu.

3. NPC Jalan Lambat Tapi Karaktermu Jalan Lebih Cepat

https://www.youtube.com/watch?v=6bIC3OKb1X0


Ini terjadi di beberapa game first person yang pernah saya mainkan. Kadang kamu harus nungguin NPC yang jalannya lambat kayak siput buat ke poin tertentu agar bisa lanjut cerita. Sementara di sisi lain developer bikin jalanmu itu cepet banget. Kalo kamu pake controller, iya bisa diperlambat dengan menekan analog pelan-pelan. Kalo pake keyboard? Ngga, ngga bisa kayak gitu. Kamu mau ngga mau jalannya cepet.

2. Musuh Langka EXP Tinggi yang Mudah Kabur


Dalam game JRPG, umumnya menaikkan level alias grinding adalah jalan ninja yang harus ditempuh agar bisa menyelesaikan semua tantangannya. Namun sayang, hal tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencapainya. Beruntungnya, ada beberapa trik yang bisa kamu gunakan untuk itu dan developer juga telah mempersiapkannya. Yakni dengan musuh langka yang muncul secara acak. Dalam kasus ini saya mencontohkan dengan metal monster dari seri Dragon Quest. Metal monster yang terdiri dari Metal Slime, Liquid Metal Slime, Metal Hand, dan Metal King Slime merupakan segelintir dari monster ber EXP tinggi yang keberadaannya sangat langka. Kamu harus melawan banyak monster tertentu untuk bertemu dengannya. Tiap pukulan hanya akan masuk 1 damage dari total sekitar 4 HP dan kemungkinan besar bisa miss. Yang lebih menjengkelkannnya lagi, mereka bisa kabur kapanpun. Jadi, kalo kamu nemu sekitar empat atau tiga terus kabur semua sebelum beraksi, maka mungkin kamu lagi apes.

1. Always Online

Ya, ini adalah masalah paling menjengkelkan yang ada saat kamu main game. Hal ini disebabkan kamu harus terus terkoneksi dengan internet. Parahnya lagi, beberapa publisher dan developer akan paksamu menggunakan fitur tersebut di game singleplayer. Bayangkan, kamu main game singleplayer, lagi misi, tapi tiba-tiba keluar karena kamu lupa bayar tagihan internet. Memang, tujuannya baik karena biar ngga ada yang bajak. Tapi kalo harus dipaksa online juga kan repot. Apalagi kalo temenmu lagi download file super gede yang bakal bisa nyedot semua kecepatan internetmu. Ngga stabil dikit aja bisa ga terkoneksi ke server lho.


Itulah 7 masalah menjengkelkan yang terjadi saat bermain video game. Apakah kamu punya masalah teknis yang sama? Ceritakan pengalamanmu melalui kolom komentar di bawah. Sementara bagi kamu yang ingin menikmati artikel seperti ini lagi bisa membaca semuanya hanya di G|List.

Exit mobile version