7 Merk Laptop Terbaik untuk Pilihan Gamingmu di 2021

Merk Laptop

Sulitnya ketersediaan GPU karena banyaknya permintaan membuat banyak orang dirugikan atas kebutuhan teknologinya (pengen ngatain miner dan scalper tapi dosa). Hal ini membuat mereka yang benar-benar ingin memenuhi kebutuhan tak hanya pekerjaan biasa namun juga gaming berpindah haluan ke laptop yang justru lebih terjangkau.

Meskipun tak bisa disejajarkan dengan PC yang tentu saja lebih kuat dari hal performa, namun laptop gaming bisa dikatakan sangat kuat untuk ukuran dan tentu saja portabilitasnya.

Mereka yang memilih tentu saja akan membutuhkan banyak referensi tak hanya daleman komponennya saja, namun juga merknya. Ya, merk menentukan bagaimana kualitas produk, aftersale, ketersediaan yang merata, hingga servisnya.

Melalui daftar berikut, kami telah mengumpulkan sekitar 7 merk laptop terbaik untuk pilihan gamingmu di 2021. Apa saja merknya? Simak daftar berikut.

Note:

Urutan tidak menunjukkan terbaik ke terburuk atau sebaliknya.

7. Asus

Selain sebagai salah satu manufaktur komponen terbesar di dunia, Asus memiliki laptop yang sangat solid. Tak hanya dari brand ROG untuk gamer hardcore saja dan TUF Gaming untuk mereka yang berkantong cekak. Mereka juga memiliki laptop gaming biasa tanpa embel-embel ROG atau TUF Gaming yang bisa disandingkan dengan brand gamingnya tersebut. Meskipun miliki service center yang merata di Indonesia, sayangnya masalah baterai masih menjadi dilema yang harus dihadapi penggunanya.

6. Dell

Dell adalah merk laptop terbaik selanjutnya yang miliki servis after sales atau purna jual yang sangat baik di seluruh dunia. Inovasinya yang terus digenjot karena perusahaan ini hanya fokus pada beberapa produk tertentu saja membuat Dell menjadi salah satu merk yang tidak bisa diganggu gugat untuk masalah kualitas. Mereka juga miliki divisi gaming/workstation bernama Alienware yang sangat terkenal dengan desain unik yang terinspirasi dari pesawat alien fiksi. Sayangnya tak semua servis Dell bisa dinikmati secara merata di seluruh Indonesia.

5. Lenovo

Salah satu merk laptop mahal dan premium yang dikenal berbagai masyarakat adalah Lenovo. Merk ini miliki ciri khas harganya yang beragam, awet dan tahan lama, dan ketersediaan maupun supportnya yang merata di Indonesia. Mereka juga miliki divisi gaming dengan brand LEGION yang tak hanya cakup laptop saja, namun juga PC desktop dengan desain minimalis namun juga tangguh di kelasnya.

4. MSI

MSI adalah perusahaan besar yang tak hanya memproduksi GPU, namun juga laptop. Fokus mereka pada gaming langsung menjadikannya salah satu merk yang diunggulkan gamer di seluruh dunia. Sayangnya karena target pasar mereka kebanyakan memang hanya untuk gaming, hal ini membuat harga laptopnya cukup mahal dan sulit dijangkau mereka yang punya kantong cekak. Namun tak bisa dipungkiri bahwa kualitas gamingnya bisa dikatakan top markotop. Saat ini mereka juga miliki laptop untuk produksi dan tak hanya gaming saja, namun agaknya tak begitu terkenal dibanding brand yang pertamakali mereka kenalkan.

3. Acer

Terkenal di Indonesia hanyalah salah satu yang mungkin bisa mendeskripsikan Acer dalam dunia per-laptop-an. Perusahaan ini fokus pada penyebaran produk yang merata dengan harga yang terjangkau, dan tingkat keawetan yang standar. Meskipun demikian, mereka miliki fokus pasar lain seperti monitor hingga tentu saja gaming dengan brand Predator miliknya. Sayang, namanya masih kalah terkenal dengan Asus atau MSI.

2. Hewlett Packard / HP

Hewlett Packard atau biasa kita kenal dengan HP miliki cukup banyak produk yang tak hanya memegang nama HP saja, namun juga COMPAQ yang akhirnya tak lagi diproduksi, hingga divisi gaming mereka yakni Omen. Meskipun miliki garansi, pelayanan, dan harga yang terjangkau, namun produk ini miliki kualitas yang tidak konsisten khususnya di beberapa model laptop tertentu.

1. Razer

“Gimik gaming doang” mungkin itulah yang tersirat pada beberapa orang tentang produk Razer khususnya laptop. Ini karena kualitas produk awalnya yang bisa dikatakan kurang tahan lama meskipun miliki kualitas performa yang sangat baik. Razer fokus pada produk gaming tak hanya laptop, namun juga peripheral seperti mouse, keyboard, dan headset. Produk asal Singapura tersebut miliki ciri khas harga yang bisa dikatakan mahal dan performa yang sangat memanjakan pemiliknya. Membuat para pemiliknya tidak mau pindah ke merk lain. Saking terkenalnya, produk ini paling banyak bootleg alias KW-nya jika dibandingkan merk lain. Sayangnya, Razer hanya akan menunjukkan kualitas terbaiknya di lini atas alias produk termahalnya saja.


Dari 7 merk di atas, mana saja yang menjadi pilihanmu? Atau kamu telah memiliki salah satunya? Atau mungkin kami melewatkan merk underdog lain yang tak masuk dalam daftar? Bisa dong diceritain di kolom komentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version